Sobat maxcloud sedang bingung mempertimbangkan untuk membeli laptop maupun notebook? Bagi sebagian orang, mereka mungkin tidak paham betul mengenai perbedaan notebook dan laptop.

Meski memang keduanya sering kali dianggap sama, sebenarnya ada perbedaan yang jelas di antara keduanya. Jadi, apa sebenarnya perbedaan notebook dan laptop?

Dalam kesempatan kali ini, akan dijelaskan perbedaan notebook dan laptop dari berbagai sudut pandang. Bagi yang ingin tahu penjelasan selengkapnya, maka bisa simak di bawah ini.

Perbedaan Notebook dan Laptop

Ada beberapa perbedaan notebook dan laptop yang harus sobat maxcloud pahami dan berikut adalah penjelasan selengkapnya :

1. Pengertian atau Definisi Notebook dan Laptop

Notebook atau sering juga disebut dengan laptop kecil ini mempunyai ukuran cukup kecil. Selain itu, notebook juga tergolong ringan dan muat dimasukkan pada tas kerja.

Pada jenis Notebook modern seperti saat ini sudah mempunyai daya komputasi yang hampir setara dengan laptop. Sedangkan, untuk laptop juga menjadi komputer portabel karena bisa dibawa dan digunakan dimana saja.

Awalnya, laptop diciptakan untuk meniru fungsi dari komputer desktop. Selanjutnya, permintaan akan laptop untuk tujuan hiburan telah berkontribusi di perkembangan perangkat yang lebih kompak, seperti notebook dan tablet.

Laptop banyak digunakan sebagai pilihan alternatif untuk komputer desktop yang mempunyai daya yang sama dengan komputer desktop. Laptop terdiri dari beberapa komponen keras kecil seperti motherboard, RAM, hardisk dan lain-lain. Berbeda dengan notebook, laptop mempunyai drive DVD dan opsi peripheral lainnya.

2. Perbedaan Layar Notebook dan Laptop

Ukuran layar laptop ini sangat bervariasi mulai dari 10 sampai 18 inch. Selain itu, laptop bisa menjadi tipis atau berat tergantung dengan merek produknya.

Sedangkan, untuk notebook pada umumnya dirancang supaya lebih ramping dan kecil dengan ukuran layar 15 inci atau kurang. Sehingga, bentuknya bisa mirip dengan ukuran buku.

3. Perbedaan Berat Notebook dan Laptop

Laptop biasanya mempunyai dimensi yang lebih besar, dengan ketebalan sekitar 1,5 – 2 inci dan berat sekitar 2,3 – 2,7 kg. Sedangkan, untuk notebook umumnya lebih ringan dengan berat sekitar 1,4 kg dan ketebalannya sekitar 1,27 – 2,54 cm.

Dengan kata lain, laptop mempunyai  ukuran yang lebih besar dan berat yang lebih tinggi dibandingkan dengan notebook. Maka bisa disimpulkan bahwa notebook mudah dibawa kemana-mana atau lebih portabel.

4. Perbedaan Keyboard Notebook san Laptop

Perbedaan notebook dan laptop berikutnya terletak pada keyboard. Laptop mempunyai keyboard yang lebih besar dan nyaman untuk mengetik. Sedangkan, untuk perangkat notebook mempunyai keyboard yang lebih kecil karena ukuran perangkat yang lebih ringkas.

Untuk beberapa perangkat  notebook saat ini juga sudah dilengkapi dengan keyboard yang bisa dilepas. Keyboard yang menyatu di layar ini tidak memakan banyak ruang di tas. Terutama, jika sobat maxcloud seorang arsitek maupun desainer yang tidak membutuhkan  banyak fungsi keyboard.

Apabila sobat maxcloud mempunyai rencana untuk membeli notebook atau tablet. Sebaiknya pertimbangkan opsi keyboard yang bisa dilepas atau keyboard membran jika penggunaan utamanya adalah pengolahan kata.

5. Perbedaan Sistem Pendinginan Notebook dan Laptop

Seperti yang sobat maxcloud ketahui, ada berbagai masalah bisa terjadi di saat komputer mempunyai suhu panas yang berlebihan. Maka dari itu, memiliki sistem pendinginan yang baik di perangkat komputer ini sangat penting.

Laptop mempunyai sistem pendinginan yang sangat efektif, termasuk kipas dan sistem lainnya. Namun, notebook tidak mempunyai sistem pendinginan seperti laptop.

6. Perbedaan Kinerja Notebook dan Laptop 

Kinerja merupakan salah satu faktor terpenting yang harus sobat maxcloud pertimbangkan di saat  ingin membeli gadget. Kinerja dari perangkat komputer sepenuhnya ditentukan oleh CPU, GPU, RAM, kecepatan disk, grafik, opsi seperti sidik jari dan sistem pengenalan lainnya.

Sebagian besar komputer modern (baik notebook maupun laptop) sudah dilengkapi dengan daya pemrosesan serta tampilan cukup untuk memberikan kinerja lebih baik. Namun, semakin tinggi harga notebook atau laptop maka semakin tinggi juga kualitas fitur yang sobat maxcloud dapatkan.

Saat ini, laptop biasanya sudah dilengkapi dengan SSD 1TB dan RAM 8GB-12GB. Sedangkan, untuk notebook hadir dengan HDD 512GB dan RAM 2GB – 4GB.

Apabila sobat maxcloud menginginkan komputasi berkinerja tinggi untuk mengelola sebuah bisnis, maka bisa memilih perangkat laptop. Notebook sederhana merupakan salah satu pilihan yang ideal jika sobat maxcloud utamanya menggunakan perangkatnya untuk membuat dokumen serta menjelajah web.

Disaat sobat maxcloud ingin mendapatkan kinerja yang optimal pada perangkat notebook, maka bisa mencoba melakukan upgrade hard drive menjadi SSD. Untuk melakukan upgrade hard drive, sobat maxcloud bisa tanpa harus instal ulang sistem operasi, gunakan fitur Migrate OS to SSD/HD di MiniTool sebelum memulai operasi upgrade.

7. Perbedaan Harga Notebook dan Laptop

Karena laptop sudah dilengkapi dengan prosesor yang lebih kuat, RAM lebih besar dan ruang penyimpanan lebih besar, maka perangkat tersebut mempunyai harga lebih tinggi daripada notebook. Perbedaan harga di antara laptop dan notebook bisa berkisar dari puluhan juta sampai jutaan rupiah.

Laptop biasanya mempunyai harga yang jauh lebih mahal. Untuk harga laptop ini tergantung dengan spesifikasi.

Sedangkan, untuk notebook cenderung mempunyai harga yang lebih terjangkau. Dengan harga berkisar satu sampai beberapa juta rupiah, tergantung dengan merek dan fitur.  Jika sobat maxcloud mempunyai anggaran yang terbatas, maka notebook bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Nah, itulah dia 7 perbedaan notebook dan laptop yang harus diketahui. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.