Pada era digital seperti sekarang, materi pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah dan mudah ditemukan di berbagai aplikasi atau situs belajar online serta video YouTube. Sobat maxcloud tentu akan bisa lebih mudah untuk merangkum tulisan yang lebih mudah dari sebuah website.

Akan tetapi, saru pertanyaannya adalah bagaimana jika ingin merangkum materi dari sebuah video di YouTube? Sebenarnya sobat maxcloud bisa merangkumnya secara manual dengan mencatat di setiap suara yang keluar dari video YouTube tersebut.

Namun, ada cara yang lebih praktis untuk merangkum dari video YouTube menjadi sebuah teks. Dan, berikut sudah kami siapkan 6 website untuk merangkum video YouTube secara otomatis. Baca terus artikel ini ya sampai selesai, ya.

Rekomendasi Website Untuk Merangkum Video YouTube

Sebagai berikut adalah 6 rekomendasi website untuk merangkum video YouTube : 

1. Speech Notes 

Untuk cara yang satu ini, sobat maxcloud tidak perlu menggunakan website untuk merangkum video. Cukup dengan membuka website speech notes sudah bisa merangkum video YouTube. Sebagai berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Unduh aplikasi speechnotes .
  • Lalu, tunggu sampai dengan proses pemasangan selesai.
  • Apabila sudah selesai, maka bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Pada saat website membutuhkan persetujuan akses ke microphone atau file, maka klik izinkan.
  • Mengatur bahasa yang ingin sobat maxcloud digunakan.
  • Membuka video YouTube yang ingin sobat maxcloud rangkum.
  • Pastikan suara audio sudah  jelas dengan volume yang cukup keras.
  • Sembari menunggu, sobat maxcloud bisa memainkan video yang ada di YouTube.
  • Perhatikan di saat aplikasi tersebut mulai merekam, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya typo atau salah mengetik.

2. Audex

Salah satu website untuk merangkum video YouTube berikutnya adalah Audex. Namun, perlu diketahui bahwa alat yang satu ini pada umumnya berbayar. Untungnya lagi adalah bagi seorang pemula yang bisa mencoba uji coba terlebih dahulu secara gratis.

3. Transcribe

Website untuk merangkum video YouTube yang bisa dipilih berikutnya adalah Transcribe. Namun, penting sekali untuk sobat maxcloud ketahui bahwa alat yang satu ini hanya bisa digunakan di penggunaan iso saja.

Di mana untuk hasil transkripnya tidak jauh berbeda dan sama-sama mempunyai akurasi yang baik. Dengan keberadaan aplikasi ini, meski tanpa menggunakan web, sobat maxcloud juga tetap bisa merangkum video youtube.

Akan tetapi di saat menggunakan Transcribe, sobat maxcloud perlu melakukan pengecekan ulang. Sehingga, untuk hasil output-nya memang tidak mempunyai tanda baca.

4. Happy Scribe

Happy Scribe adalah salah satu website untuk merangkum video YouTube yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat yang ada luar negeri. Selain itu, website ini juga mempunyai tingkat akurasi mencapai 90%.

Bagi sobat maxcloud ingin menggunakan tools yang satu ini harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Website untuk merangkum video YouTube kali ini juga sangat cocok digunakan bagi orang yang bekerja di lapangan seperti layaknya jurnalis dan peneliti.

Meski untuk bisa menggunakan website Happy Scribe ini harus membayar. Akan tetapi, pengguna baru bisa mencoba free trial dengan cara melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

5. Resoomer 

Rosoomer termasuk salah satu website untuk merangkum video yang sudah terbukti mempunyai kualitas benar-benar baik. Pada umumnya, website ini digunakan untuk merangkum video oleh para pelajar, editor, jurnalis, profesor, penjaga perpustakaan, institusi dan penulis.

Salah satu website untuk merangkum video YouTube satu ini bernama Resoomer dan nantinya akan melakukan resume semua teks yang sudah sobat maxcloud input secara cepat dan tepat. Untuk hasilnya sendiri, sobat maxcloud bisa memilih model otomatis, manual, analisa atau optimal.

Dengan menggunakan website untuk merangkum video,  Rosoomer bertugas untuk merangkum video akan selesai hanya dengan satu tombol saja. Sebab, untuk website ini sudah menyediakan beberapa alat teks ringkasan yang bisa mengidentifikasi ide dan fakta penting dari dokumen. Apakah sobat maxcloud tertarik untuk mencoba website untuk merangkum video satu ini?

6. Anthiago

Sebenarnya, untuk website merangkum video yang tersedia di halaman internet ini cukup banyak. Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan website bernama Anthiago.

Hal ini lantaran penggunaannya yang terbilang sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Lalu, apa itu website Anthiago?

Anthiago biasanya digunakan untuk mentranskrip semua isi materi yang ada pada video YouTube. Di mana, hasilnya nanti akan digunakan sebagai bahan rangkuman.

Supaya bahasa yang dihasilkan benar-benar bisa dicerna dengan mudah. Maka, sobat maxcloud perlu memerlukan beberapa penyesuaian.

Salah satu website untuk merangkum video YouTube ini sudah terbukti bisa mendeteksi lebih dari 30 bahasa. Untuk beberapa di antaranya adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Cara kerjanya mempunyai kemiripan dengan Savefromnet. Dimana, Anthiago akan merubah suara yang muncul di video menjadi sebuah tulisan.

Dengan begitu sobat maxcloud hanya tinggal melakukan pengeditan artikel sedikit saja. Selain digunakan untuk melakukan konversi menjadi ringkasan, Anthiago juga juga menghasilkan tulisan mudah dipahami oleh pembaca.

Tips Membuat Rangkuman dari Video YouTube

Setelah mengetahui 6 website untuk merangkum video YouTube, ada juga beberapa tips yang bisa sobat maxcloud lakukan di dalam kegiatan merangkum video tersebut. Pertama, lebih baik jika sobat maxcloud nonton terlebih dahulu konten yang ingin dirangkum sampai dengan tuntas.

Sedangkan, untuk waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama san biasanya kurang lebih 10 sampai 20 menit. Dengan sobat maxcloud menonton videonya terlebih dahulu, maka materi tersebut membuat jadi lebih mudah untuk dicerna.

Kedua adalah membaca kembali rangkuman yang sudah berhasil sobat maxcloud dibuat. Hal ini sekaligus digunakan untuk melakukan koreksi apabila terdapat kesalahan di dalam penulisannya atau tidak.

Dengan membaca kembali rangkuman yang sudah dibuat tersebut, secara tidak langsung juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menghafal atau menguasai materi tersebut. Dari artikel diatas bisa disimpulkan, bahwa website untuk merangkum video YouTube yang bisa digunakan oleh para pelajar di era serba digital seperti sekarang adalah seperti saat ini, yaitu Speech Notes, Audex, Transcribe, Happy Scribe, Ressomer, dan Anthiago. Semoga bermanfaat.