Cara membuat undangan website sudah sangat mudah dilakukan, sebab banyak aplikasi dan website yang menyediakan fitur untuk mendesain undangan secara online, seperti Canva dan Invitation Card Maker. Di dalam website tersebut, ada berbagai contoh dan template undangan yang bisa sobat maxcloud gunakan.

Kendati demikian, sobat maxcloud juga mendesain sendiri undangan website seperti apa yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa undangan website yang akan dibuat ini juga harus melewati berbagai persiapan, mulai dari menentukan konsep, mempunyai platform untuk mendesain undangan, menentukan sketsa desain dan mengecek kembali undangan digital yang sudah disusun.

Nah, supaya lebih jelas bagaimana cara membuat undangan website yang mudah. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Cara Membuat Undangan Website

Undangan merupakan surat pemberitahuan yang meminta pihak lain untuk datang di waktu, tempat dan acara yang sudah ditentukan. Karena bersifat formal, undangan harus disiapkan secara matang-matang mulai dari konsep, desain dan isi konten di dalamnya.

Dengan begitu, yang diundang akan merasa tersanjung dan kagum dengan desain undangan yang telah didapatkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa membuat undangan bisa memanfaatkan beberapa website dan aplikasi.

Website tersebut ada yang bisa didapatkan secara cuma-cuma, tapi ada juga yang harus membayar sejumlah uang untuk bisa  mengaksesnya. Lalu, bagaimana cara membuat undangan wisata dengan mudah melalui HP atau laptop? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Menentukan Konsep Undangan

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat membuat undangan website adalah menentukan konsep undangan. Konsep undangan ini juga bisa bisa dibuat dengan mengetahui terlebih dahulu jenis acara yang akan digelar, misalnya untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan kantor. Setelah mengetahui acara yang digelar, sobat maxcloud bisa menentukan detail konsep undangan lainnya seperti gambar, warna dan font tulisan.

2. Menentukan Platform Membuat Undangan

Setelah menentukan konsep undangan, sobat maxcloud bisa menentukan platform untuk membuat undangan. Di era digital seperti sekarang, ada berbagai macam aplikasi dan website yang bisa diakses melalui ponsel, komputer, hingga laptop. Beberapa website dan aplikasi yang bisa digunakan adalah Canva, Greetings Island, Birthday Invitation Maker, dan lain sebagainya.

3. Menentukan Sketsa Undangan Website

Membuat undangan bisa dimulai dengan membuat desain terlebih dahulu yang sesuai dengan selera masing-masing. Apabila sobat maxcloud bingung di saat ingin membuat sketsa desain seperti apa, tidak perlu merasa khawatir.

Sebab, ada beberapa aplikasi dan website yang sudah mempunyai template. Sehingga, sobat maxcloud hanya perlu mengganti warna, gambar dan tulisan.

4. Coba Mengisi Dengan Konten yang Tepat

Di dalam undangan pastikan untuk mengisikan semua informasi secara lengkap. Tujuannya adalah supaya tamu yang diundang bisa mendapatkan informasi, mulai dari waktu, lokasi, hingga siapa saja yang mengundangnya. Karena termasuk ke dalam informasi yang penting, maka dipastikan jangan sampai ada kesalahan pada isi konten supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5. Melakukan Pengecekan Kembali

Di saat sudah selesai membuat undangan website, sobat maxcloud bisa melakukan pengecekan akhir supaya tidak terjadi kesalahan merugikan tamu dan yang mengundang. Di saat sudah memastikannya, sobat maxcloud bisa menyimpan dan langsung menyebarkan undangan tersebut ke beberapa orang yang ingin diundang ke dalam acara tersebut.

Manfaat Membuat Undangan Website

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa undangan website ini membawa banyak manfaat. Lalu, apa saja itu? Mari simak dibawah ini mengenai kelebihan undangan website berikut :

1. Bisa Mencantumkan Informasi Tambahan

Ruang yang ada di undangan cetak ini sangat terbatas. Berbeda dengan undangan website yang memungkinkan sobat maxcloud mencantumkan berbagai informasi sedetail mungkin. Caranya tergantung dengan kreativitas, bisa dengan menambahkan popup atau link menuju halaman baru yang berisikan sebuah informasi tambahan.

2. Meminimalisasi Risiko Undangan Hilang

Insiden undangan yang hilang selama proses pengiriman ini memang jarang sekali terjadi. Namun, risiko ini masih sering terjadi. Dengan undangan online, sobat maxcloud bisa memastikan setiap tamu sudah menerima undangan Anda. 

3. Hemat Waktu dan Biaya

Pemilik acara jelas super sibuk selama proses persiapan. Nah, undangan website bisa memangkas waktu dan biaya sobat maxcloud karena tidak diperlukannya proses printing atau pengiriman.

4. Bebas Kustomisasi.

Dengan bantuan design tools dan template, sobat maxcloud juga bisa melakukan custom dari layout, skema warna, font,dan berbagai fitur lainnya. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa menambahkan foto, video dan motion effects di setiap elemen pada undangan. Sehingga, tampilan undangan website sobat maxcloud terlihat makin unik.

Macam-Macam Undangan Website

Masih baru di dalam penggunaan undangan website? Jangan khawatir, ada banyak contoh konsep undangan digital yang bisa dipilih, yaitu:

1. Modern

Undangan modern didesain dengan motif modern dan diberi warna menarik. Biasanya, untuk motifnya tidak full pada bagian depan undangan.

Untuk informasi acara bisa diletakkan pada bagian tengah undangan. Selain itu, undangan modern mempunyai beberapa pilihan warna kekinian dan elegan seperti putih, silver maupun gold.

2. Tradisional

Kalau acara sobat maxcloud berkonsep tradisional. Maka, tinggal contoh sajak undangan website dengan konsep tradisional di beberapa halaman internet

Bisa dengan menjadikan batik sebagai motifnya atau foto rumah tradisional sebagai background tema undangan website. Pilih tulisan versi kaligrafi yang akan memberi kesan tradisional lebih mendalam.

3. Minimalis

Bagi yang tak suka undangan berlebihan, bisa dengan cara mengambil contoh undangan minimalis, dengan desain geometrik mini pada bagian depan, kemudian informasi detail tapi singkat dan padat Untuk pemilihan warna tinggal di sesuaikan dengan pilihan natural yang akan memaksimalkan aura minimalis.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai 5 cara membuat undangan website. Semoga bisa membantu dan bermanfaat, ya.