Control panel hosting merupakan salah satu tools penting untuk mempermudah sobat maxcloud di dalam mengelola sebuah web server dari hosting yang sedang digunakan. Menurut Cloud Panel, pengelolaan server dari sebuah website adalah hal yang sangat kompleks karena membutuhkan pengetahuan teknis yang sangat tinggi. Namun sayangnya, tidak semua para pemilik website mempunyai pengetahuan teknis yang cukup.

Apalagi, jika skill teknis tidak mumpuni tapi tetap memaksakan diri mengelola web server, maka bisa saja menyebabkan website down. Sebab, sedikit saja kesalahan pada saat mengelola web server, maka bisa dapat berpengaruh besar terhadap website.

Concrete CMS bahkan jika menyebutkan human error menjadi salah satu alasan utama suatu situs menjadi down. Untuk mempermudah sobat maxcloud di dalam mengelola web server, maka hadirlah control panel hosting.

Dengan tools ini, sobat maxcloud yang minim atau tanpa pengetahuan teknis sekalipun masih tetap bisa mengelola server website miliknya karena mempunyai tampilannya yang sangat  user-friendly.

Di dalam kesempatan  kali ini akan menjelaskan mengenai cara kerja control panel hosting dan beberapa hal penting lainnya. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Control Panel Hosting

Control panel hosting merupakan sebuah tools untuk mengelola semua data website mulai dari pengaturan sumber daya, penyimpanan, Domain Name System, File Transfer Protocol (FTP), database dan masih banyak yang lainnya lagi. Apabila diibaratkan, control panel hosting ini sama seperti control panel pada PC milik siba maxcloud, dimana bisa mengatur aplikasi apa yang ingin di hapus, bagaimana tampilan PC dan lain-lain.

Adanya control panel hosting ini juga sangat mempermudah para pemilik website yang minim akan pengetahuan teknis tapi ingin mengatur website miliknya. Tanpa bantuan dari tools ini, pengelolaan hosting hanya bisa  dilakukan menggunakan command line interface.

Penggunaan CLI ini juga harus paham dengan beberapa bahasa pemrograman. Sangat rumit, bukan?

Untungnya, untuk tampilan antarmuka yang user friendly dan fitur yang canggih di dalam control panel hosting ini membuat siapa saja, bahkan untuk pemula sekalipun bisa mengelola sumber daya website mereka secara mandiri. Ditambah lagi, semua fiturnya juga sudah ready to use.

Jadi, sobat maxcloud cukup membaca dokumentasi yang sudah disediakan secara lengkap oleh pihak penyedia hosting. Adapun untuk jenisnya, control panel hosting terbagi menjadi dua, yaitu versi open-source (gratis) dan versi enterprise (berbayar).

Ada beberapa control panel versi gratis seperti Webmin, VestaCP, ISPConfig, CyberPanel, Ajenti, Froxlor, ZPanel dan HestiaCP. Sedangkan,  untuk versi yang berbayar atau langganan adalah cPanel, Plesk, Directadmin, Cloud Panel, Interworx, Run Cloud, ServerPilot dan GridPane.

Cara Kerja Kontrol Panel Hosting

Pada dasarnya, prinsip dan cara kerja control panel hosting inisangat mudah dipahami. Selain itu, untuk control panel hosting ini juga menghadirkan tampilan antar muka yang lebih sederhana dan teratur dari berbagai fasilitas web hosting. Dengan begitu, sobat maxcloud juga bisa lebih mudah menggunakannya.

Tanpa control panel hosting,maka  manajemen dan monitoring website sobat maxcloud akan jadi lebih rumit. Cara kerja control panel hosting adalah :

1. Masuk ke Control Panel Hosting

Setelah membeli layanan Hosting, sobat maxcloud akan dapat mengakses control panel hosting. Setelah masuk, pada bagian opsi “Layanan Anda”, kamu bisa memilih tab menu “Hosting”.

Kemudian, klik tombol “Kelola Layanan” pada akun hosting aktif sobat maxcloud. Di halaman berikutnya, klik opsi menu “Lihat Semua Fitur cPanel” untuk masuk ke control panel hosting.

Selain itu, sobat maxcloud juga bisa mengaksesnya menggunakan URL dengan cara  klik pada kolom “Nama DomainAnda/cpanel”.  Contohnya adalah  tokosportjakarta.com/cpanel.

2. Install Aplikasi

Sebelum membangun website, sobat maxcloud juga bisa install platform seperti WordPress. Dengan CMS, sobat maxcloud juga bisa membuat website tanpa melakukan coding. Caranya, adalah masuk melalui opsi menu “Aplikasi/Software”.

3. Kelola File Website

Salah satu cara mengelola website adalah mengelola file atau folder website. Hal itu bisa sobat maxcloud lakukan melalui menu “File Manager”.

Bahkan, untuk pengelolaan file manager bisa dilakukan secara umum seperti copy, delete dan lain-lain. Di dalam cara kerja control panel hosting kali ini sudah mendukung modifikasi kode menggunakan text editor. Sobat maxcloud juga bisa mengelola file dengan cara mentransfer file dari komputer ke file manager hosting dengan bantuan File Transfer Protocol (FTP).

4. Kelola Database dari Control Panel Hosting

Cara kerja control panel hosting juga termasuk di dalam pengelolaan database website sobat maxcloud. Khususnya yang dibutuhkan pada website yang mempunyai berbagai jenis data, seperti toko online. Dengan menggunakan control panel, sobat maxcloud juga bisa membuat atau mengupload database, menambahkan akun pengguna, mengatur hak akses para pengguna dan lain-lain.

5. Mengelola Email dengan Domain Sendiri

Berlangganan hosting juga memungkinkan sobat maxcloud untuk membuat dan mengelola email sendiri. Salah satu contohnya adalah admin@namadomainanda.com. Dari control panel hosting tersebut, sobat maxcloud juga bisa melakukan pengecekan status pengiriman dan penerimaan email, mengelola spam filter, atau whitelist, blacklist dan beberapa akun email sekaligus.

6. Membuat Backup

Cara kerja control panel hosting juga memungkinkan sobat maxcloud melakukan backup atau menyalin data. Dengan begitu, website tetap bisa digunakan kembali apabila data tersebut hilang maupun rusak. Pada umumnya, sobat maxcloud bisa melakukan backup file, email, database dan DNS domain pada control panel hosting.

7. Monitoring Penggunaan Resource

Control panel juga bisa dijadikan sebagai indikator resource hosting. Misalnya, disk Space, RA, dan Inode hosting. Dengan adanya indikator resource hosting, sobat maxcloud bisa memastikan resource berada dibawah batas maksimal supaya performa website menjadi stabil.

8. Mengelola Domain dan Subdomain

Dengan control panel, sobat maxcloud juga bisa mengelola domain dan subdomain. Untuk melakukannya, sobat maxcloud bisa masuk ke menu “All Features – Domains”.

Nah, sobat maxcloud juga bisa menambahkan domain pada satu akun hosting yang sama di dalam opsi menu “Domains”. Inilah yang disebut dengan Addon Domain.

Misalnya, sobat maxcloud sudah mempunyai domain kuyhosting.com. Lalu, sobat maxcloud ingin membuat halaman website baru yaitu domainmurah.com.

Selain itu, di menu ini sobat maxcloud  juga bisa menambahkan Subdomain. Misalnya, yang semula kuyhosting.com, menjadi course.kuyhosting.com. Sangat menarik, bukan?

9. Meningkatkan Keamanan Website

Sobat maxcloud juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan website melalui control panel. Sebagai contohnya adalah mencegah adanya serangan malware.

Maka dari itu, sobat maxcloud perlu mengaktifkan Imunify360.  Tak hanya itu, sobat maxcloud juga bisa mencegah pencurian bandwidth dengan menu hotlink protection. Satu hal yang paling utama adalah pastikan menu SSL Encrypt berada di dalam keadaan aktif untuk menjamin keamanan proses transfer data.

Itulah prinsip dan cara kerja control panel hosting yang perlu sobat maxcloud ketahui. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.