Apakah Sobat maxcloud masih bingung mau memilih laptop atau komputer untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Sudah paham belum tentang perbedaan komputer dan laptop?

Perbedaan komputer dan laptop tidak hanya terletak dari fisiknya saja. Namun juga dari segi harga, fungsional dan cara pemakaian. Apabila dibandingkan dengan cara penggunaan laptop dan komputer, sebenarnya lebih mudah menggunakan laptop.

Tapi tenang, dibawah ini sudah merangkum  perbedaan komputer dan laptop untuk Sobat maxcloud yang masih ragu. Langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya.

Pengertian Komputer dan Laptop

Sebagai generasi yang lahir di tengah canggihnya teknologi, tentu Sobat maxcloud sudah familiar dengan laptop dan komputer. Sebagian orang beranggapan pengertian dari laptop dan komputer adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Secara singkat, laptop merupakan sebuah komputer pribadi yang memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan. Sehingga, lebih mudah untuk dipindahkan dan dibawa kemana saja.

Sedangkan komputer adalah sebuah alat teknologi yang digunakan untuk mengolah sebuah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Perangkat keras ini dibuat secara khusus memang untuk membantu dan mempermudah berbagai pekerjaan manusia.

Sampai dengan saat ini, masih banyak perusahaan yang menggunakan komputer untuk membantu di dalam menyelesaikan pekerjaan karyawannya. Tapi mereka juga menyediakan laptop sebagai penunjang fasilitas tambahan. Sehingga, karyawan masih bisa bekerja dimanapun mereka berada.

Perbedaan Komputer dan Laptop

Sejatinya, laptop merupakan bentuk minimalis dari perangkat komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Pada dasarnya, cara kerja dan sistem operasi yang dimiliki oleh kedua alat elektronik ini adalah sama.

Perbedaan komputer dan laptop yang paling signifikan adalah bentuknya. Komputer mempunyai bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan laptop. Untuk Sobat maxcloud yang masih ragu ingin pilih laptop atau komputer berikut beberapa perbedaan komputer dan laptop yang bisa menjadi bahan pertimbangan :

1. Mobilitas

Perbedaan komputer dan laptop pertama adalah mobilitas. Laptop mempunyai komponen bawaan yang sudah menyatu dengan komponen perangkat kerasnya. Hal ini tentunya membuat laptop lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan komputer.

Sedangkan, untuk komputer tidak bisa dibawa kemana-mana. Hal ini karena komputer membutuhkan terminal secara khusus untuk tetap bisa terhubung dengan perangkat keras pendukung lainnya seperti keyboard, mouse, speaker dan lain-lain.

2. Power

Perbedaan komputer dan laptop kedua adalah power atau daya. Pada dasarnya, laptop mempunyai baterai bawaannya yang bisa diisi ulang dimana dan kapanpun. Bahkan bisa tetap digunakan, meski tidak diurusi oleh listrik.

Lain halnya dengan komputer yang masih membutuhkan arus listrik untuk tetap bisa menyala dan dapat digunakan. Apabila dibandingkan dengan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi power, tentunya laptop lebih unggul.

3. Kecepatan

Kecepatan menjadi perbedaan komputer dan laptop selanjutnya. Apabila Sobat maxcloud mencari yang mempunyai kecepatan dan bisa bekerja dengan program software berat, maka sebaiknya Sobat maxcloud memilih laptop.

Bandingkan juga cara penggunaan laptop dan komputer untuk bermain game dan produksi video, pastinya komputer jauh lebih unggul dibandingkan dengan laptop. Sebenarnya, laptop juga bisa digunakan untuk bermain game atau produksi video. Hanya saja tidak terlalu cepat dan sewaktu-waktu bisa mengalami lemot.

4. Spesifikasi

Apabila berbicara mengenai perbedaan komputer dan laptop,  maka spesifikasi merupakan satu hal yang tidak boleh lewat. Pada umumnya, spesifikasi pada laptop ini lebih rendah dibandingkan dengan komputer.

Hal ini dapat dilihat dari kecepatan, ruang penyimpanan, ukuran dan portabilitas. Di saat Sobat maxcloud ingin mencari laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, maka harus bersiap-siap untuk merogoh uang yang tidak sedikit.

5. Ukuran Layar

Perbedaan komputer dan laptop berikutnya terletak di bagian ukuran layarnya. Pada umumnya, komputer mempunyai layar monitor yang lebih besar dibandingkan dengan laptop. Apabila Sobat maxcloud memilih laptop dengan layar yang lebih besar, maka juga harus bersiap dengan membawa beban yang lebih berat.

6. Ruang Penyimpanan

Untuk perbedaan komputer dan laptop berikutnya adalah ruang penyimpanan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan untuk data dan memori lainnya yang lebih besar, maka Sobat maxcloud bisa memilih komputer.

Sedangkan, untuk laptop mempunyai ruang penyimpanan yang tidak begitu banyak. Jika ingin lebih banyak, Sobat maxcloud bisa membeli drive tambahan sebagai ruang penyimpanan eksternal. Pada saat membandingkan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi ruang penyimpanan, maka komputer lebih unggul.

7. Konsumsi Listrik

Perbedaan lainnya yang bisa terlihat adalah melalui konsumsi listrik. Biasanya, konsumsi listrik yang dibutuhkan pada laptop jauh lebih hemat dibandingkan PC, yaitu sebesar 65 Watt untuk melakukan aktivitas biasa.

Di sisi lain, hanya untuk penggunaan biasa, PC membutuhkan konsumsi listrik sebesar 65 hingga 250 Watt. Apabila digunakan untuk bermain game, daya yang dihabiskan jauh lebih tinggi dan sekitar 600 Watt. Selain itu, perbedaan konsumsi listrik PC dan laptop lainnya adalah desktop memerlukan penghubung seperti power supply.

8. Harga

Perbedaan komputer dan laptop yang terakhir adalah dari segi harga. Faktanya, rata-rata harga komputer lebih mahal dibandingkan dengan laptop.

Namun, harga laptop juga bisa menyamai atau bahkan lebih tinggi daripada komputer jika spesifikasinya sangat tinggi. Jika bekerja di dalam bidang non-teknologi atau tidak membutuhkan instal aplikasi berat, maka membeli laptop seharga Rp3.000.000,00 – Rp7.000.0000,00 sudah cukup kok.

Itulah penjelasan terkait perbedaan komputer dan laptop. Sobat maxcloud bisa membandingkan cara penggunaan laptop dan komputer tergantung dengan kebutuhan.

Jika Sobat maxcloud ingin mempunyai perangkat yang lebih mudah dibawa kemana-mana, maka laptop menjadi jawabannya. Namun jika Sobat maxcloud menginginkan perangkat yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi, maka komputer adalah pilihannya.