Tahukah Sobat maxcloud kalau saat ini banyak pilihan server yang dapat dipilih di luar sana? Dan salah satu opsi pilihan yang paling populer adalah terpopuler dedicated server. 

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara kerja dedicated server  dan hal penting lainnya. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Dedicated Server? 

Dedicated Server merupakan salah satu tipe hosting yang memberikan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada satu buah akun penyewa. Artinya, jika Sobat maxcloud memutuskan untuk membeli sebuah layanan hosting dedicated server maka akan mendapatkan akses penuh terhadap  sebuah server. 

Sobat maxcloud juga bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin digunakan sendiri dan menginstal software aplikasi. Semua hal tersebut digunakan untuk menunjang kegiatan dedicated server sendiri. 

Cara Kerja Dedicated Server 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa dedicated server bisa dikustomisasi dengan bebas oleh para pemilik atau pengguna karena mereka tidak perlu berbagi dengan pengguna lain seperti shared hosting. Dedicated server dan colocation server ini mempunyai keterhubungan, dimana komponen hardwarenya sama-sama menyewa milik data center.

Sedangkan, untuk colocation center semua server fisik dan komponen miliknya dibeli sendiri seperti hardware, software, firewall dan komponen lainnya. Lalu, diletakkan di dalam data center untuk dikelola sekaligus dirawat.

Pengguna mempunyai pengetahuan secara khusus mengenai server dan wewenang penuh untuk mengatur servernya. Analogi dari dedicated server dan colocation server adalah ibarat seperti gedung, gedung ini terletak di sebuah kompleks yang disebut dengan data center atau colocation server.

Gedung yang Sobat maxcloud tempat sendiri ini bebas untuk digunakan sekaligus mengatur semua fasilitas yang ada didalamnya. Sekalipun bebas, jika terjadi sesuatu dengan data center maka gedung atau server yang Sobat maxcloud miliki bisa terkena dampaknya. Contohnya, mati listrik, atau bencana alam. Sudah paham kan mengenai cara kerja dedicated server?

Fungsi Dedicated Server

Dedicated server mempunyai beberapa fungsi diantaranya bisa meningkatkan traffic SEO, bebas melakukan kustomisasi dan keamanan penyimpanan yang terjaga. Selain itu, ada beberapa fungsi yang bisa Sobat maxcloud dapatkan jika menggunakan server jenis yang satu ini, yaitu :

●  Mempunyai kendali penuh atas data yang disimpan.

●  Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan hosting.

●  Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi dengan pengguna lain.

●  Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, Sobat maxcloud juga dapat memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).

Meski mempunyai fungsi yang sangat berguna dan menarik untuk dicoba, namun jenis server kali ini kurang cocok digunakan untuk website. Misalnya, blog pribadi atau portfolio.

Siapa yang Cocok Menggunakan Dedicated Server?

Tipe hosting Dedicated Server kali ini sangat cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource besar dan  mempunyai traffic website tinggi. Beberapa website yang tepat untuk menggunakan dedicated server adalah :

●  Website Toko Online / Online Shop.

●  Website Pemerintahan.

●  Website Perusahaan.

●  Website Berita (News Portal).

●  Website Bisnis.

Kelebihan Dedicated Server

Setelah paham dengan cara kerja dedicated server, Sobat maxcloud juga harus mengerti kelebihan dari layanan satu ini. Sebagai berikut adalah beberapa kelebihan dari dedicated server :

1. Mempunyai Akses dan Kontrol Penuh

Dedicated server memberikan pengguna untuk memberikan akses penuh sampai dengan 100%. Satu hal yang paling menariknya adalah server ini juga akan mempermudah dan membebaskan para pengguna nya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang sedang dibutuhkan.

2. Lebih Aman

Kelebihan di saat menggunakan Dedicated Server selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada server, Sobat maxcloud tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga, terbilang sangat aman bagi para pengguna yang mengoperasikan server tersebut.

3. Efektif dan Mudah

Pengguna hosting dedicated juga bisa melakukan kontrol server secara remote saja. Sobat maxcloud tidak perlu melakukan pengawasan terhadap fisik server secara langsung sehingga tidak akan merepotkan atau membebani selama mengelola website.

4. Tidak Terganggu dengan Aktivitas Lain

Pada saat menggunakan server jenis yang satu ini, Sobat maxcloud tidak harus terganggu dengan klien yang lain. Pasalnya paket yang satu ini digunakan secara pribadi atau satu orang saja.

Jadi secara tidak langsung, kondisi tersebut tidak akan mengganggu kinerja sebuah website di saat terjadi sesuatu pada saat jumlah pengunjung meningkat. Hosting kali ini juga memungkinkan para penggunanya untuk mengelola banyak domain di dalam satu server yang dimiliki. Dimana manajemen website ini akan semakin maksimal, karena Sobat maxcloud yang mempunyai kontrol dan kuasa penuh terhadap server tersebut.

Kekurangan Dedicated Server

Meski mempunyai beberapa kelebihan, tapi dedicated server tetap memiliki kekurangan yang harus diketahui. Sebagai berikut adalah kekurangan dari dedicated server :

1. Harganya yang Mahal

Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan termasuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan oleh pengguna. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan Sobat maxcloud untuk membayar sewa secara bersama dengan pengguna lainnya.

2. Harus Mempunyai Pengetahuan Soal Server

Kekurangan lainnya adalah penyewa harus paham betul dengan kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut juga sangat penting supaya Sobat maxcloud dapat mengelola dedicated server dengan maksimal.

Apalagi, saat ini ada cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga, Sobat maxcloud harus benar-benar mempelajari soal pengolahan data menggunakan server sebelum menyewa server tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara kerja dedicated server dan hal penting lainnya. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi, khususnya yang ingin membangun sebuah website.