Sudah membuat email domain sendiri dan ingin menggunakan Gmail sebagai platform pengelolaan email utamanya? Sobat maxcloud sudah membaca di artikel yang tepat. Di dalam artikel kali ini akan membahas mengenai cara login email domain di Gmail.
Langkah-langkah yang akan dibahas di kesempatan kali ini mencakup cara integrasikan email domain dengan Gmail, baik menggunakan POP3 atau Forwarder. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
Apa Itu Domain Email ?
Domain email merupakan email yang dimiliki oleh entitas tertentu. Dimana, email dari entitas ini sangat mudah sekali untuk diingat karena ada kemiripan dengan alamat email fisik atau di nama domain entitas tersebut. Sebenarnya, domain email ini bukan hanya mirip. Tapi, setelah tsobat maxcloud @ di alamat email akan sama persis dengan alamat setelah “www” yang tertera di dalam nama domain.
Untuk lebih mudah dipahami, domain email merupakan sebuah alamat email yang mempunyai ekstensi nama domain. Nama domain yang tertera di dalam alamat email pada domain email ini mempunyai tujuan seperti layaknya sebuah alamat rumah secara virtual yang mana akan mengirimkan pesan email alamat yang dituju.
Kebanyakan domain email ini dipergunakan untuk sebuah entitas besar seperti sebuah perusahaan, universitas dan pemerintahan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika entitas kecil seperti perorangan akan mempunyai domain emailnya sendiri dengan catatan individu tersebut harus mempunyai situs milik pribadi yang sudah disesuaikan dan domain emailnya akan disamakan dengan nama domain dari situs tersebut.
Domain email sendiri mempunyai jumlah alamat email yang bisa dibuat secara tidak terbatas. Contohnya, yang dipergunakan di dalam alamat email universitas. Pada dasarnya, di setiap domain email ini berkaitan dengan suatu server tertentu.
Alasan Menggunakan Email Domain Sendiri Menggunakan Gmail
Pada saat membeli hosting, Sobat maxcloud langsung mendapatkan email bisnis secara gratis. Akan tetapi, Sobat maxcloud mungkin membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan cara penggunaanya karena antarmuka yang berbeda dari Gmail.
Meski bisa membeli lewat akun Google Workspace sebagai pilihan alternatif, Sobat maxcloud harus mengeluarkan biaya lagi. Untuk harga paket termurahnya adalah Rp89.000,00 perbulan untuk satu user, sedangkan layanan email dimulai dari Rp14.129,00 perbulan.
Untungnya, Sobat maxcloud bisa menggunakan Gmail untuk email domain sendiri secara gratis. Sobat maxcloud juga bisa memanfaatkan fitur terbaik dari keduanya, yaitu email domain tapi dengan antarmuka Gmail yang sudah familiar. Sobat maxcloud juga tidak perlu melakukan login ke platform lain untuk bisa mengelola email pribadi dan bisnis Sobat maxcloud.
Cara Login Email Domain di Gmail
Melakukan integrasi Gmail dengan domain secara kustom ini akan mempermudah Sobat maxcloud di dalam berbagai hal. Sebagai berikut cara login email domain di Gmail :
1. Menemukan Detail POP3 dan SMTP
Sebelum memulai setup di dalam Gmail dengan domain custom, Sobat maxcloud harus membuat email berbasis domain terlebih dahulu. Setelah membuat email, Sobat maxcloud juga harus menemukan detail POP3 dan SMTP alamat email Sobat maxcloud. Berikut cara menemukan detail POP3 dan SMTP :
● Membuka “akun email” dibagian “email” terlebih dahulu.
● Pilih “pengaturan konfigurasi”.
● Pilih “konfigurasi manual”, Sobat maxcloud akan membutuhkan informasi tersebut nanti.
2. Forward Email ke Akun Gmail
Sekarang, setelah mempunyai data yang dibutuhkan, saatnya mengatur Gmail supaya bisa menerima pesan yang sudah dikirim ke email domain. Sebagai berikut caranya :
● Login menggunakan akun Gmail, lalu klik pada ikon roda gigi dan pilih “setelan – akun dan impor”.
● Pilih “tambahkan akun email” di bagian “periksa email dari akun lain”.
● Setelah memasukkan email domain, klik “berikutnya – import email dari akun saya lainnya (POP3) – berikutnya”.
● Isi semua informasi server yang tadi sudah Sobat maxcloud dapatkan.
● Berikan centang di kotak lainnya sesuai dengan kebutuhan, tapi disarankan untuk memberikan centang pada tiga kotak pertama supaya Sobat maxcloud bisa menyimpan dua salinan pesan yang sama di dalam platform berbeda.
● Klik opsi “tambah akun” untuk menyelesaikan pengaturan”.
● Sobat maxcloud akan melihat opsi untuk mengirim email dari alamat secara khusus. Apabila hanya akan menggunakan Gmail untuk menerima email dan memilih “tidak”, Sobat maxcloud sudah siap. Namun, kalau ingin menggunakan Gmail untuk menerima dan mengirim pesan, pilih “ya” dan lanjutkan ke bagian berikutnya.
3. Mengatur Gmail untuk Mengirim Email dari Domain
● Masukkan nama dan alamat email Sobat maxcloud, lalu biarkan kotak centang “perlakukan sebagai alias” dipilih. Dengan begini, Sobat maxcloud bisa mengelola pesan masuk dan keluar dari inbox yang sama menggunakan alamat Gmail saat ini. Klik “berikutnya”.
● Masukkan SMTP untuk port. Gunakan juga TLS menggunakan koneksi.
● Membuka inbox Sobat maxcloud, lalu buka email verifikasi. Gunakan juga link atau kode di dalam email tersebut untuk melakukan konfirmasi permintaan.
● Setelah selesai, Sobat maxcloud sekarang bisa menggunakan email domain sendiri dengan Gmail untuk mengirimkan pesan.
Sobat maxcloud yangs duah familiar dengan antarmuka Gmail mungkin akan lebih memilih untuk menggunakannya daripada harus beralih ke platform lainnya. Nah, apabila Sobat maxcloud mempunyai alamat email dengan domain sendiri maka bisa menggunakan Gmail untuk mengelolanya.
Di dalam cara login email domain di Gmail ini sudah mempelajari integrasikan email domain sendiri menggunakan Gmail. Sobat maxcloud juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan tetap bisa memanfaatkan kemudahan Gmail untuk mengirimkan dan menerima pesan.
Demikian penjelasan secara lengkap mengenai cara login email domain di Gmail. Selamat mencoba dan semoga penjelasan diatas bisa membantu Sobat maxcloud, khususnya yang ingin login email domain menggunakan Gmail.