Ibarat manusia, konten artikel menjadi jantung sebuah website. Jadi, bagi Anda yang memiliki sebuah situs santai itu digunakan untuk personal, perusahaan, hingga bisnis online pasti menginginkan web-nya dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Nah bagaimana caranya agar banyak pembaca yang berkunjung? Tentu saja dengan menyediakan konten berkualitas untuk mereka.

Ada berbagai keuntungan lain jika Anda mengoptimalkan konten di website. nah, di artikel kali ini akan di bahas beberapa keuntungan konten artikel guna mengembangkan website Anda. Jadi jangan lewatkan informasi penting berikut, ya!

Sekilas Tentang Konten Artikel

Artikel sendiri merupakan sebuah tulisan yang berisi informasi yang dipublikasikan baik di media online maupun media cetak. Gunanya untuk mengedukasi ataupun menghibur pembacanya agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentu saja, fakta yang diberikan bersifat valid dan bukan sesuatu yang didasari pada mitos atau hoax.

Website tidak hanya berguna untuk memasang produk maupun layanan yang ditawarkan ataupun profil perusahaan saja. Fungsinya sudah lebih dari itu, salah satunya menyajikan informasi yang penting kepada setiap pembaca. Karena konten artikel mendatangkan banyak manfaat,  Ada banyak pemilik website yang berusaha mengoptimalkan konten mereka.

Bahkan beberapa diantara mereka tidak berpikir dua kali untuk mempekerjakan seorang content writer untuk mengisi situs dengan artikel artikel yang berkualitas serta sesuai dengan kaidah yang ditetapkan mesin pencari Google.

Apa Saja Jenis Artikel di Website?

Sedangkan berbicara jenis jenis artikel sebenarnya terbagi atas beberapa macam. Ini bisa menjadi inspirasi atau acuan Anda saat akan membuatnya. Beberapa diantara jenis tersebut yakni:

  • Berdasarkan format

Artikel yang berdasarkan format terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya, short form (terdiri dari 500-1000 kata). Kedua adalah long-form (Dengan jumlah kata berkisar dari 1.500-3000 kata). Selain itu ada jenis listicle ( Yang memiliki bentuk konten berupa list atau poin-poin). 

  • Berdasarkan isi

Selain format, artikel dibedakan berdasarkan isinya. Beberapa contohnya di antaranya: artikel news, artikel feature, artikel how-to, lifestyle, kesehatan, soft-hard Selling, profil tokoh, opini maupun perspektif.

Mengapa Artikel Sangat Penting Bagi Sebuah Website?

Setelah mengetahui pengertian serta beberapa jenis konten artikel, selanjutnya Anda harus membaca beberapa alasan pentingnya artikel untuk kemajuan website Anda:

1. Menjadi sumber informasi yang valid 

Konten artikel belakangan memang menjadi salah satu acuan atau referensi ketika seseorang ingin mengetahui sesuatu. Apalagi tema yang ditulis sesuai dan relevan dengan yang dicari oleh pembaca. Biasanya, setiap website menulis artikel sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang Business to Business, pastilah memuat konten betapa banyak manfaat jika bekerja sama atau memberlakukan pembelian produk terhadap perusahaan tersebut. Tak ayal, mereka juga kerap dibagikan informasi terkait tips yang relevan dengan bisnis mereka.

Membuat konten artikel secara kontinu bisa mendatangkan banyak sekali manfaat bagi pemiliknya. Apalagi informasi yang disajikan valid dan berdasarkan fakta serta mampu menjawab ketidaktahuan pembaca. Tidak menutup kemungkinan, situs Anda menjadi referensi utama yang dicari ketika mereka membutuhkan informasi selanjutnya.

2. Website menjadi up to date

Manfaat selanjutnya memaksimalkan konten pada website Anda yakni membuat tampilan situs menjadi lebih update dari pesaingnya. Ini tentu saja sangat penting untuk meyakinkan calon konsumen jika perusahaan Anda memiliki konsistensi dan dapat dipercaya. Selain itu, mesin pencari Google juga menyukai website yang secara aktif membagikan konten artikel kepada pembaca.

Secara tidak langsung, rajin menuliskan konten artikel di website bisa memperluas peluang untuk saling terhubung antar halaman. Apalagi jika ada yang menautkan link sehingga memudahkan pembaca untuk langsung berkunjung ke situs Anda.

3. Promosi produk menjadi lebih mudah

Website menjadi salah satu toko online paling difavoritkan karena mampu menjangkau banyak pelanggan hampir di seluruh Indonesia bahkan belahan dunia. Apalagi jika perusahaan Anda bergerak di bidang bisnis online, ini merupakan strategi penting untuk meningkatkan penjualan.

Jika Anda rutin mengisi website dengan konten berkualitas terkait produk dan layanan, secara tidak langsung itu meningkatkan brand awareness perusahaan atau bisnis online Anda. Belum lagi jika informasi yang diberikan itu berupa tips atau tutorial, maka semakin disukai dan peluang dikunjungi pun semakin besar.

4. Traffic website meningkat 

Manfaat konten artikel di website selanjutnya yakni mampu menang kan traffic atau ranking di halaman pencarian Google. Siapa yang tidak menginginkan situs mereka muncul di halaman pertama Google? Ini merupakan impian semua blogger ataupun perusahaan yang terus mengoptimasi situs mereka.

Seperti yang kita ketahui, web  yang muncul pertama di laman Google adalah yang pertama diklik. Dengan begitu, jumlah kunjungan pun semakin meningkat dan mendatangkan  banyak sekali manfaat, Bukan hanya untuk website semata tapi bagi perkembangan perusahaan kedepannya.

5. Peluang mendapatkan pelanggan baru

Manfaat paling besar dari konten website berupa artikel ini yakni peluang mendapatkan pelanggan baru lebih besar dari biasanya. Kenapa? Karena jika Anda memasukkan konten artikel berkualitas serta informatif atas apa yang mereka butuhkan tentu saja membuat pengunjung tidak ragu untuk melakukan pembelian.

Semakin banyak informasi yang didapatkan juga mampu kepercayaan pelanggan terhadap produk dan bisnis Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat konten artikel berkualitas setiap harinya dengan mempertimbangkan meta description, teknik SEO Dan lain sebagainya sesuai dengan kaidah yang ditetapkan Google.

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait pentingnya konten artikel bagi sebuah website. Jadi guna mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan atau calon konsumen baru, jangan ragu untuk membuat konten artikel yang bermanfaat serta informatif.