Memiliki website untuk bisnis menjadi sebuah keharusan saat ini. Bagaimana tidak, promosi dan juga pemasaran kerap menggunakan website. Tidak heran, jika hampir semua pemilik usaha mengutamakan pembuatan website agar menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia .

 Bahkan, keberadaan website ini menjadi representasi dari bisnis itu sendiri di tengah persaingan era digital. Sehingga, untuk bisa bersaing dengan kompetitor diperlukan kreativitas tidak hanya dari tampilan websitenya saja, namun kemudahan penggunaan.

Sebagai inspirasi sebelum Anda membangun website untuk bisnis atau perusahaan, berikut ini beberapa contoh website dari perusahaan ternama terkait bagaimana mereka men design, memberikan kemudahan penggunaan, dan lain sebagainya.

1. Website Pertamina

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan Pertamina? Salah satu BUMN ini memang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Tapi pernahkah Anda membuka website mereka? Ya, website Pertamina didesain sangat menarik menggunakan kombinasi warna yang hampir sama dengan logo mereka.

Penggunaan warna yang didominasi oleh biru dan merah menjadi ciri khas tersendiri dari website Pertamina. Perpaduan warna merah dan biru menghasilkan kontras warna yang memberikan kesan energi dan penuh semangat.

Selain itu, website Pertamina menampilkan berbagai foto kegiatan perusahaan sehingga memberikan informasi kepada pembaca terkait kegiatan yang sudah dijalankan. Selain itu, website mereka juga memaparkan visi dan misi Pertamina yakni “ menyediakan energi untuk seluruh penjuru negeri“.

Tidak hanya tampilan websitenya yang secara keseluruhan sangatlah menarik, penggunaan melalui panel yang disediakan pada website Pertamina juga sangat praktis di aplikasikan. Di mana, setiap pengunjung yang ingin mencari beberapa informasi bisa dengan mudah mendapatkannya melalui menu-menu tersebut.

2. Website Semen Indonesia

Masih membahas terkait perusahaan besar di Indonesia, website Semen Indonesia juga cukup menarik perhatian.Mereka menerapkan konsep yang sangat simple namun terlihat profesional, dengan barisan menu yang terletak di bagian header.

Website ini juga menampilkan foto besar yang menggambarkan pembangunan konstruksi disertai dengan tulisan copywriting yang menarik perhatian pengunjung. Website semen Indonesia menggunakan slogan “Go Beyond Next”. 

Tidak hanya tampilan website yang terlihat rapi, Semen Indonesia Juga menampilkan produk produk unggulan mereka, beserta informasi perusahaan di bagian footer.

Terdapat tombol CTA berupa kolom email dan icon subcribe untuk berlangganan. Konsep semacam ini memiliki daya tarik tersendiri ya, di mana pelanggan bisa melakukan transaksi pada saat itu juga.

3. Website Apple

Siapa yang tidak kenal dengan Apple? Perusahaan IT tidak diragukan lagi jam terbangnya. Ternyata tak hanya produk saja yang menarik dan banyak diminati oleh masyarakat, ternyata Apple memiliki tampilan website dengan design simple namun modern. 

Website Apple memadukan warna hitam dan putih sebagai latar utama. Di mana pada website ini memamerkan produk terbaru setiap tahunnya.

Jika Anda mengunjungi website Apple, maka di bagian bawah halaman web ditampilkan berbagai produk unggulan yang secara konsisten menampilkan desain simplicity. menggunakan kata yang simple namun menarik perhatian, dan menggambarkan keseluruhan produk.

Seperti pada produk Apple yakni iPhone 14, dimana menggunakan sebaris kalimat yang sangat singkat namun padat makna, “iphone 14 penuh keajaiban”.

4. Nestlé 

Website yang memiliki tampilan menarik dan bisa menjadi inspirasi untuk bisnis Anda yaitu dari perusahaan Nestle. Siapa yang tidak kenal brand satu ini? Mereka sudah ada di Indonesia sejak tahun 1873.

Tampilan webnya juga sangat sederhana, yakni menggunakan latar hitam.  Desain minimalis yang tidak menggunakan banyak warna. Konsep demikian menjadikan pengunjung sangat mudah menemukan informasi yang dibutuhkan.

Di halaman utama website terdapat berbagai menu yang letaknya di bagian header. Pada bagian ini juga, terdapat berbagai berita serta aktivitas terbaru yang dilakukan oleh perusahaan Nestlé.

Sama seperti website perusahaan pada umumnya, terdapat menu yang menunjukkan pengunjung untuk menemukan konten tertentu, seperti karir dan produk.  Di bagian footer Website juga terdapat informasi terkait perusahaan.

5. Website Minimal

Berikutnya inspirasi website sederhana dengan tampilan menarik hadir dari brand Indonesia yang bergerak di bidang fashion. Website Minimal, mengusung konsep yang rapi dengan desain minimalis. Di halaman utama web terdapat foto koleksi yang disertai tombol CTA.

Menu ini tentu saja memudahkan pengunjung yang ingin mendapatkan koleksi tersebut. Selain itu, website minimal juga menampilkan berbagai kategori yang disertai pula dengan tombol pembelian.

Kombinasi warna yang digunakan pun sangat earth tone Sehingga enak dipandang mata. Font yang digunakan pun kekinian dan memudahkan pengunjung untuk membaca informasi yang dibutuhkan.

6. Website Adobe

Perusahaan terkenal yang juga memiliki tampilan website sederhana yakni Adobe. Sudah banyak sekali keluaran dari perusahaan Adobe yang bergerak di bidang perangkat lunak seperti Adobe Reader, Adobe Photoshop, dan banyak lagi jenis lainnya.

Perusahaan ini memiliki website dengan tampilan sederhana dengan konsep situs yang secara konsisten menampilkan reputasi perusahaan dengan berbagai macam produk unggulan mereka.

Perpaduan warna pelangi membuat website adobe terlihat begitu menarik. Meskipun terlihat sangat cerah, namun disisi line menampilkan sisi kreatif dari perusahaan terkenal satu ini.

Tidak hanya menonjolkan warna yang cukup terang, informasi yang disajikan website adobe sangat informatif dengan tampilan rapi. Setiap pengunjung bisa dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkannya di bagian header.

Nah, itulah beberapa inspirasi desain website perusahaan terkenal yang bisa Anda contoh guna kepentingan desain situs Anda.  Semoga informasinya bermanfaat, ya!