Sejak terjadinya situasi pandemi yang melanda seluruh dunia, tren WFH (Work From Home) menjadi populer di dalam dunia pekerjaan. meskipun sebenarnya, sebelum terjadinya pandemi pekerjaan WFH sudah diterapkan di beberapa perusahaan.
Situasi pandemi membuat orang-orang perlu untuk beradaptasi agar mereka tetap produktif meskipun melakukan pekerjaan dari rumah. Bagi Anda yang baru pertama kali bekerja dari rumah atau work from home pasti merasa kesulitan membangun kebiasaan atau work flow. Mulai dari miskomunikasi karena rekan setim atau rekan kerja lambat dalam membaca e-mail yang dikirimkan hingga distraksi yang tak kunjung berhenti.
Apa Itu WFH?
Working from home atau yang sering kita kenal dengan istilah WFH adalah sebuah sistem yang memungkinkan para pekerja dapat melakukan pekerjaan mereka dari rumah tanpa perlu lagi untuk datang ke kantor.
Berbicara mengenai WFH, mereka cenderung menggunakan media online sebagai sarana yang mereka gunakan untuk bekerja. Mereka mengandalkan beberapa tools yang dapat mereka gunakan untuk menunjang aktivitas kerja secara efektif dan efisien.
Tools digital itu sendiri merupakan sebuah alat bantu yang berupa software, situs, bahkan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengatur, memantau, serta mengolah berbagai dokumen atau data yang diperlukan dalam pekerjaan jarak jauh Anda. Selain itu, tools digital ini yang memiliki peran agar teamwork yang sudah terjalin dengan baik dapat dipertahankan.
Dengan berbagai tools yang tersedia sangat diharapkan agar Anda dapat mengorganisir berbagai aspek penting dalam sebuah teamwork misalnya komunikasi, kolaborasi, planning, dan penyampaian yang Anda perlukan ketika menjalankan pekerjaan tim yang menerapkan sistem WFH.
8 Tools yang Wajib Anda Miliki Saat WFH
Berikut beberapa rekomendasi daftar tools digital yang wajib Anda miliki untuk diimplementasikan guna mendukung kinerja Anda saat WFH berlangsung:
1. Canva
Canva merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengerjakan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan desain grafis. Di dalam aplikasi ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam template gratis yang dapat Anda gunakan untuk diolah kembali untuk keperluan Anda.
Selain itu, fitur yang disediakan di dalam aplikasi ini adalah Anda dapat menggunakannya secara real-time serta dapat juga Anda menyimpan template desain yang sudah Anda bentuk agar dapat diakses oleh anggota tim Anda yang lainnya di perusahaan Anda.
2. Slack
Slack merupakan sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh berbagai perangkat apapun. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah memberikan akses komunikasi yang lebih komprehensif dibandingkan dengan aplikasi lainnya diluar sana yang memiliki fungsi yang sama.
Slack dapat membantu Anda agar dapat berkomunikasi dengan berbagai orang sekaligus di dalam sebuah grup. tak hanya itu, slack juga menawarkan fitur voice call maupun video call dan fitur berbagi file serta integritas dengan aplikasi lain.
3. Google Chat
Tools selanjutnya yang wajib Anda miliki saat Wfh yaitu google Chat. salah satu fitur terkenal dari google ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan, gambar, maupun video.
Selain itu, fitur ini tidak hanya menyediakan Google Chat secara individu saja, namun dapat juga Anda gunakan dalam grup dan bisnis agar Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain secara online. Inilah mengapa aplikasi atau tool ini sangat cocok Anda gunakan sebagai alat komunikasi dalam tim saat WFH.
4. Zoom
Nah, untuk tools ini wajib banget buat Anda miliki karena zoom ini merupakan aplikasi video conference yang dapat Membantu Anda agar dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui video. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengadakan rapat, kelas pembelajaran, maupun sesi interview secara online.
Di dalam aplikasi ini juga, telah disediakan beberapa fitur seperti kualitas audio & video HD, screen sharing, whiteboard, virtual background, record meeting, breakout room, schedule meeting, serta masih banyak fitur lainnya.
Zoom dapat pula Anda gunakan secara gratis dengan membuat rapat total maksimal 100 partisipan dan dikenai limit waktu rapat selama 40 menit. Namun jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu serta kapasitas partisipan yang lebih banyak maka Anda dapat menggunakan zoom berbayar yang dapat menampung 100-1000 orang tanpa dikenai waktu pertemuan.
5. Google Meet
Tak hanya zoom, kami juga menawarkan aplikasi yang serupa dengan zoom yaitu Google Meet. Aplikasi ini adalah merupakan sebuah aplikasi video conference milik Google. Setiap orang yang memiliki akun Google tentu dapat menggunakan aplikasi ini.
Fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini tak kalah jauh berbeda dengan zoom, yang menjadi pembedanya hanyalah Google Meet yang terintegrasi dengan Google Calendar. Dengan begini, Anda dapat mengatur jadwal meeting dengan mudah. tak hanya itu, jumlah partisipan di dalam aplikasi ini sampai 250 orang tanpa batasan waktu.
6. Google Drive
Selanjutnya ada tools yang dapat Anda jadikan solusi jika Anda memiliki banyak file penting namun tidak mempunyai penyimpanan yang memadai. Google Drive sendiri merupakan aplikasi penyimpanan file dari Google. Di dalam aplikasi ini, file-file Anda akan tersimpan di sebuah cloud storage (media penyimpanan virtual).
Untuk kapasitas penyimpanan Google Drive ini cukup beragam, Mulai dari yang gratis, kapasitas penyimpanannya bisa sampai 15 GB. sedangkan yang berbayar, kapasitas penyimpanannya mulai dari 100 GB hingga 2 TB.
7. Trello
Nah, untuk yang terakhir ini ada aplikasi Trello yang dapat Anda gunakan untuk mengelola tugas maupun proyek yang Anda dan tim Anda lakukan. Di dalam aplikasi ini, Anda dapat menyatukan semua tugas dalam satu antarmuka pengguna. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui proyek apa yang dikerjakan dan siapa yang mengerjakannya.
Itulah tadi, beberapa penjelasan mengenai beberapa tools yang wajib Anda punya saat WHF. Beberapa tools tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk itu, gunakanlah sesuai kebutuhan yang Anda perlukan dalam bekerja.