Email merupakan salah satu sarana komunikasi digital paling umum digunakan saat ini. Sayangnya, keamanan email kerap menjadi target empuk bagi para hacker yang berusaha mencuri informasi pribadi atau merusak privasi pengguna. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengamankan email kita dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk melindungi email dari serangan hacker:

Tips Mengamankan Email dari Hacker

Email merupakan hal pribadi yang tentunya wajib dijaga. Semua kegiatan handphone bahkan untuk mengaksesnya membutuhkan alamat e—mail. Maka dari itu, penting untuk menjaga e-mail agar tidak di hack orang.  Berikut beberapa cara untuk mengamankan email:

1. Password Kuat dan Teratur

Gunakan kombinasi huruf (huruf besar dan kecil), angka, dan karakter khusus. Hindari menggunakan informasi pribadi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama depan. Ubah password secara berkala untuk mencegah akses tidak sah.

2. Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Aktifkan 2FA untuk menambah lapisan keamanan. Selain password, 2FA membutuhkan verifikasi tambahan, seperti kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikator.

3. Pembaruan Keamanan Regular

Pastikan sistem operasi, perangkat lunak email, dan aplikasi terkait selalu diperbarui dengan versi terbaru untuk mengatasi kerentanan keamanan yang mungkin ada. Jika keamanan terus diperbarui, maka kemungkinan potensi terkena hack juga kecil.

4. Perhatikan Email Phishing

Waspadai email yang mencurigakan atau meminta informasi pribadi. Hindari mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari email yang tidak dikenali. Hal ini untuk berjaga—jaga agar e-mail tidak terkena serangan hacker.

5. Enkripsi Email

Aktifkan enkripsi untuk email Anda, terutama jika Anda sering mengirim informasi rahasia atau penting. Enskripsi berfungsi untuk melindungi pesan yang Anda kirim. Enskripsi memberikan pelindungan ganda untuk menjaga pesan e-mail.

6. Kelola Izin Aplikasi dan Perangkat

Secara berkala tinjau izin aplikasi dan perangkat yang terhubung dengan akun email Anda. Pastikan hanya aplikasi dan perangkat yang benar-benar diperlukan yang memiliki akses.

7. Pantau Aktivitas Akun

Aktifkan notifikasi atau pemberitahuan jika ada aktivitas yang mencurigakan pada akun email Anda, seperti login dari lokasi yang tidak biasa. Biasanya para hacker akan membajak akun dengan lokasi yang berbeda dengan lokasi Anda.

8. Pentingnya Edukasi Pengguna

Berikan edukasi kepada pengguna email, terutama mengenai praktik keamanan yang baik, seperti tidak membagikan password dan menjaga kerahasiaan informasi pribadi.

9. Penanganan Email Sensitif dengan Hati-hati

Berhati-hatilah dalam menanggapi atau mengirim email yang berisi informasi sensitif. Pastikan untuk mengonfirmasi identitas penerima sebelum berbagi informasi penting.

Ciri- Ciri Email Yang Kena Hack

Mendeteksi apakah akun email Anda telah diretas (hack) bisa sulit, tetapi beberapa ciri-ciri yang mencurigakan mungkin muncul. Berikut adalah beberapa ciri-ciri email yang mungkin telah diretas:

1. Aktivitas Login yang Mencurigakan

Melihat aktivitas login dari lokasi yang tidak biasa atau perangkat yang tidak dikenali.

2. Perubahan Password Tanpa Pemberitahuan

Jika Anda menerima notifikasi perubahan password tetapi Anda tidak melakukan perubahan tersebut.

3. Email Terkirim Tanpa Seijin

Orang-orang melaporkan menerima email dari akun Anda yang tidak diinginkan atau mencurigakan.

4. Notifikasi Keamanan yang Tidak Biasa

Menerima notifikasi keamanan yang tidak biasa atau peringatan aktivitas yang mencurigakan dari penyedia layanan email.

5. Perubahan Pengaturan Akun\

Perubahan pengaturan akun, seperti pengaturan filter email atau tanda tangan, tanpa sepengetahuan Anda.

6. Pesan Undangan untuk Aplikasi atau Situs Tertentu

Mendapatkan undangan atau notifikasi untuk mengaktifkan aplikasi atau situs tertentu yang tidak Anda kenali.

7. Aktivitas Keuangan yang Mencurigakan

Jika akun email Anda terkait dengan informasi keuangan, Anda mungkin melihat aktivitas atau perubahan yang mencurigakan.

8. Penurunan Kinerja Akun atau Keluhan dari Kontak

Penggunaan yang aneh atau pesan yang mencurigakan mungkin menyebabkan penurunan kinerja akun atau keluhan dari kontak Anda.

Pentingnya Melindungi Email Dari Hacker

Melindungi email dari serangan hacker sangat penting karena email adalah salah satu aset digital yang paling berharga dan sering menjadi target utama bagi pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa alasan mengapa melindungi email Anda dari hacker sangat krusial:

1. Kunci Akses ke Informasi Pribadi

Email sering menyimpan informasi pribadi seperti identitas, tanggal lahir, alamat, dan informasi keuangan. Jika email diretas, informasi ini dapat jatuh ke tangan yang salah.

2. Pintu Masuk ke Akun Lain

Banyak layanan online menggunakan email sebagai pintu masuk utama untuk mereset kata sandi atau mendapatkan akses ke akun lain. Jika email diretas, hacker dapat dengan mudah mengendalikan akun-akun lain yang terkait.

3. Risiko Identitas Palsu

Hacker dapat menggunakan akses ke email Anda untuk melakukan tindakan identitas palsu atau penipuan, merugikan Anda secara finansial.

4. Penggunaan Email dalam Autentikasi Ganda (2FA)

Banyak layanan menggunakan email sebagai metode 2FA. Jika hacker mengendalikan email Anda, lapisan keamanan ini menjadi sangat rentan.

5. Akses ke Komunikasi Pribadi dan Profesional

Email sering digunakan untuk komunikasi pribadi dan profesional. Hacker dapat mengakses percakapan, lampiran, dan informasi lainnya yang dapat digunakan.

6. Pengaruh pada Keamanan Keuangan

Jika email Anda terkait dengan informasi keuangan atau akun bank, hacker dapat mencuri informasi ini dan merugikan Anda secara finansial.

7. Penyebaran Malware dan Phishing

Hacker dapat menggunakan akun email Anda untuk menyebarkan malware atau mengirimkan pesan phishing kepada kontak Anda.

Itu dia beberapa cara untuk melindungi e-mail dari serangan hacker. Perlu diingat bahwa e-mail bersifat sangat personal. Sehingga jika diretas, maka semua data bisa bocor. Maka dari itu sangat penting untuk melindungi e-mail mulai sekarang.