Untuk para pekerja kreatif yang sehari-harinya berhadapan dengan desain grafis, menggunakan adobe creative cloud adalah sudah menjadi hal biasa saja. Apalagi kalau sobat maxcloud membutuhkan kemudahan dan fleksibilitas di dalam menyimpan dan mengirimkan file, adobe creative cloud menyediakan berbagai macam fitur yang menyederhan kebutuhan. 

Di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai adobe creative cloud. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Adobe Creative Cloud? 

Apabila sobat maxcloud bekerja di bidang desain, media, marketing dan fotografi, tentunya sudah familiar dengan berbagai produk dari Adobe. Untuk beberapa produk yang bisa sobat maxcloud gunakan adalah photoshop untuk fotografi, InDesign untuk membuat layout design, Illustrator untuk membuat gambar digital, hingga Premiere Pro untuk mengedit video. 

Namun untuk membeli semua produk original diatas seringkali memberatkan para penggunanya, bukan? Maka dari itu, Adobe meluncurkan adobe creative cloud guna mempermudah para konten kreator pemula hingga profesional dan pekerja kreatif mendapatkan software atau aplikasi yang sedang dibutuhkan di satu tempat dengan harga lebih terjangkau.

Secara singkat adobe creative cloud adalah platform yang menyediakan semua programnya di dalam tempat yang dapat dibayar secara berlangganan, baik untuk semua program atau program yang lebih spesifik. Tentunya, untuk masalah biayanya akan tergantung pada sebanyak apa aplikasi yang ingin sobat maxcloud gunakan di adobe creative cloud. Meski begitu, biayanya tetap akan lebih murah dibandingkan kamu membeli lisensi aplikasi Adobe secara terpisah per aplikasi.

Paket Di Dalam Aplikasi Adobe Creative Cloud 

Adobe Creative Cloud telah menyediakan lebih dari 20 aplikasi yang dapat sobat maxcloud gunakan, ketika berlangganan paket tertentu. Sebagai berikut adalah pilihan paket berlangganan yang disediakan oleh Adobe Creative Cloud :

1. All Apps

Jika sobat maxcloud memilih paket berlangganan All Apps atau semua aplikasi, maka bisa  menggunakan software atau aplikasi Photoshop, Illustrator, InDesign, Premiere Pro, After Effects, Audition, XD, Dreamweaver dan Acrobat DC. Sedangkan, untuk biaya berlangganan untuk paket ini adalah Rp715.100,00 per bulan.

2. Photography Plan

Sobat maxcloud juga bisa memilih paket Photography Plan yang terdiri atas Photoshop, Lightroom Plan dan Lightroom Classic yang merupakan aplikasi untuk mengedit foto. Sedangkan, untuk harga dari paket ini adalah Rp134.800,00 per bulan.

3. Single App

Untuk paket aplikasi di dalam aplikasi adobe creative cloud adalah single app. Pada saat sobat maxcloud bisa memilih  berlangganan hanya untuk satu aplikasi tertentu saja dengan harga mulai dari Rp 67.340,00 –  Rp283.300,00 per bulan.

Di dalam paket All Apps, sobat maxcloud bisa mendapatkan akses ke aplikasi Adobe terbaru, seperti Adobe Fonts, Adobe Portfolio, Adobe Premiere Rush, Adobe XD dan Adobe Spark. Sobat maxcloud juga akan mendapatkan akses ke situs untuk para kreator, seperti behance dan story plus. Satu hal penting dari All Aps adalah mempunyai penyimpanan sampai dengan 100 GB  

Keuntungan Menggunakan Adobe Creative Cloud 

Tidak hanya sampai disitu saja, tapi adobe creative cloud mempunyai beberapa keuntungan. Ada beberapa keuntungan menggunakan adobe creative cloud adalah : 

1. Mudah Dalam Instalasi dan Upgrade Versi Terbaru

Dengan menggunakan adobe creative cloud, sobat maxcloud akan lebih mudah di dalam melakukan instalasi update versi terbaru. Tentunya hal ini berbeda di dalam versi adobe creative cloud yang membuat sobat maxcloud harus melakukan proses instal berulang kali di setiap ada versi paling terbaru.

Lalu jika sobat maxcloud mendaftar sebagai tim atau bisnis, maka  bisa mengatur siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi tersebut. Setiap pengguna nantinya akan mendapatkan email verifikasi agar bisa masuk ke dalam adobe console dan bisa mengelola aplikasi apa saja yang akan mereka gunakan.

2. Lebih Hemat

Dalam hal biaya, sobat maxcloud akan lebih hemat dengan menggunakan sistem berlangganan. Apabila, sebelumnya sobat maxcloud  harus membeli lisensi adobe creative cloud seharga Rp6.000.000,00 – Rp7.000.000,00 untuk satu produk saja dan akan berbeda ketika menggunakan aplikasi tersebut. 

Apabila dikonversi dengan mata uang rupiah, sobat maxcloud hanya perlu mengeluarkan anggaran sekitar Rp135.500,00 saja per penggunanya. Sobat maxcloud juga bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa  paket yang disediakan, seperti paket untuk kebutuhan desain grafis dan multimedia, paket khusus menunjang bisnis, dan paket marketing serta analisis.

3. Mempunyai Fitur Revoke License

Masalah yang biasa terjadi dalam membeli lisensi adobe creative cloud adalah bila karyawan sudah resign dari kantor, maka lisensi yang dipegangnya tersebut masih menyatu pada komputer yang dirinya gunakan (bila menggunakan laptop pribadi).

Untuk mengatasi perihal tersebut, maka adobe creative cloud menyediakan fitur pencabutan lisensi atau revoke bila karyawan sudah resign. Sehingga, aplikasi tersebut tidak bisa lagi digunakan oleh karyawan tersebut dan data pun akan lebih aman.

Harga Adobe Creative Cloud

Satu hal penting yang harus diperhatikan di dalam menggunakan adobe creative cloud adalah harga. Berikut adalah daftar harga dari layanan adobe creative cloud : 

  • Adobe Photoshop dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan.
  • Adobe Illustrator dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan.
  • Adobe InDesign dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan.
  • Adobe XD dibandrol dengan harga $ 9,99 dolar / bulan.
  • Adobe Premiere Pro dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan.
  • Adobe Premiere Rush dibandrol dengan harga $ 9,99 dolar AS per bulan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai adobe creative cloud. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu.