Perkembangan teknologi kian pesat setiap harinya, mempengaruhi banyak aspek kehidupan diantaranya dari segi industri. Seperti yang populer kita kenal yakni era industri 4.0. Jika dulunya semua memanfaatkan tenaga manusia, kini perlahan sudah lebih modern dan memakai sistem otomatisasi.

Berbicara soal otomatisasi, pada artikel kali ini secara khusus akan dibahas  terkait teknologi cloud computing yang memiliki peranan besar dalam sebuah bisnis.

Apa itu Teknologi Cloud Computing?

Teknologi cloud computing sendiri dalam bahasa indonesia diartikan sebagai komputasi awan. Dalam prosesnya, teknologi ini menggunakan jaringan internet untuk mengakses cloud (awan) sebagai perantara dengan komputer penggunanya. 

Fungsinya untuk menyimpan, membuat data maupun program yang bisa diakses secara flexibel dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan data tanpa perlu lagi melakukan instalasi pada perangkat komputer.

Sistem ini sudah sangat bermanfaat untuk keperluan bisnis dan usaha, bahan individu sekalipun. Lebih efektif, flexible, dan mudah dijangkau.

Apa saja Manfaat Teknologi Cloud Computing untuk Bisnis?

Karena kemudahan yang ditawarkannya, cloud computing menjadi pilihan banyak orang termasuk para pebisnis. Pasalnya, dengan teknologi ini akan mempermudah untuk mengembangkan bisnis secara maksimal. Apalagi cloud computing tidak memerlukan modal besar untuk pemeliharaan sistem.

Penggunaan cloud computing untuk pengembangan bisnis mampu mengurangi anggaran. Modal ditujukan untuk menyewa provider cloud terpercaya.

Lalu apa saja manfaat menggunakan teknologi cloud computing? Lebih jelasnya akan dibahas berikut ini:

1. Lebih Hemat Anggaran

Keuntungan pertama menggunakan teknologi cloud computing yakni lebih hemat anggaran dibandingkan penyimpanan biasa yang membutuhkan budget lebih besar. apalagi teknologi cloud ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan alias bayar sesuai pemakaian. Pihak perusahaan tidak memerlukan lagi biaya maintenance serta menghemat penggunaan listrik.

2. Lebih real-Time

Untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain dalam dunia bisnis, pengusaha harus bisa cepat dan tanggap dalam segala hal. Tak terkecuali dalam memanfaatkan teknologi cloud computing.

Penyimpanan awan memungkinkan Anda untuk scale-down secara lebih real time. Pengaturan terkait penyimpanan, RAM, ruang hard drive, dan lainnya bisa diatur dengan mudah.

Semua bisa dibicarakan dengan provider terkait kebutuhan penyimpanan awan yang diinginkan. Upgrade sangat mudah dilakukan begitupun pengembaliannya ke bentuk semula.

3. Kemudahan Mengakses Data

keuntungan berikutnya menggunakan teknologi cloud computing dari segi kemudahan akses yang didapatkan. Semua bisa dilakukan asalkan tersambung pada jaringan internet.  Selain itu, semua data terpusat pada server sehingga bisa diakses dengan perangkat apapun dan bisa dibawa kemana saja.

Cloud computing sangat flexibel dari segi manapun sehingga rugi jika Anda belum menerapkannya untuk keperluan bisnis. Mengingat keperluan data perusahaan sangatlah besar, teknologi ini adalah solusi terbaik untuk mengatasinya.

4. Tingkat Keamanan Lebih Terjamin

Selanjutnya manfaat yang Anda dapatkan saat menggunakan komputasi awan adalah tingkat keamanan yang lebih baik lagi. Kerahasian data perusahaan lebih terjaga dari oknum tak bertanggung jawab. Ini adalah solusi terbaik dibandingkan penyimpanan pada perangkat komputer biasanya.

5. Kontrol Penuh PAda Akses Cloud

memutuskan menggunakan cloud computing berarti Anda siap untuk memiliki akses penuh terhadap sistem tersebut. Berbeda dengan server on-premise, cloud computing lebih efektif digunakan. Jika dulunya setiap pengguna harus hadir langsung apabila ingin mengakses data, kini mereka bisa membukanya dimana saja serta melakukan pengelolaan terhadap data yang ada didalamnya.

Operasional bisnis menjadi lebih mudah bulkan? Ini adalah langkah besar ybtyj emmeproleh keuntungan dan bekembang lebih pesat lagi ditengah ketatnya persaingan usaha.

6. Kapasitas lebih Besar

kebutuhan penyimpanan perusahan biasanya lebih besar dari penggunaan pribadi, sehingga penggunaan cloud computing dinilai sebagai solusi terbaik. apalagi hampir semua provider memberikan layanan cloud dengan kapasitas besar bahkan ruangnya mencapai Terabytes (TB). Penggunaanya tentu saja dalam jangka panjang, sehingga lebih hemat.

Meskipun memiliki ruang penyimpanan besar, anda tak perlu khawatir jika mencari sesuatu. Sudah tersedia menu pencarian untuk mendapatkan serta makeses data lebih mudah dan praktis.

 7. Kolaborasi Tim Lebih Efektif

Manfaat selanjutnya yang tak kalah menguntungkan adalah kolaborasi tim menjadi lebih solid. Data yang tersimpan di cloud bisa diakses dimana saja dan oleh beberapa pengguna. Sehingga pengelolanya menjadi lebih efisien dan kolaborasi antar tim menjadi lebih solid.

Berinteraksi dengan klien pun bisa memanfaatkan teknologi cloud computing. Secara tidak langsung juga mampu menjadi patokan untuk menilai kinerja serta keterlibatan karyawan disebuah perusahaan bukan?

8. Data Mudah untuk Dipulihkan

ada banyak fitur yang disediakan provider cloud computing, salah satunya backup serta recovery data. Jika data Anda hilang atau terhapus, bisa lebih mudah mengembalikannya menggunakan fitur tersebut. Jika komputer rusak di kantor, tidak perlu lagi khawatir berlebihan karena provider biasanya menawarkan solusi terbaik untuk kliennya.

Untuk bergerak maju di industri yang digeluti, setiap perusahaan memang harus melek teknologi dan mengikuti trend bisnis. Apalagi perusahaan yang memanfaatkan cloud computing memiliki nilai tersendiri bahkan dianggap unggul karena bisa ikut andil dalam memanfaatkan teknologi terbaru. 

Jika Anda seorang pengusaha yang sampai hari ini belum memanfaatkan cloud computing untuk kepentingan bisnis makan bisa dikategorikan sebagai orang merugi. Segera dapatkan dan terapkan komputasi awan ini perusahaan Anda untuk pekerjaan yang lebih mudah dan berkembang.

Salah satu provider terpercaya yang mampu memberikan solusi adalah Maxcloud. pelayanan terbaik dengan penawaran untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif. Saatnya menjadi pebisnis yang turut memanfaatkan teknologi.