Prosesor di dalam perangkat laptop atau komputer adalah komponen inti yang menentukan kinerja perangkat tersebut. Selain itu, prosesor ini juga menjadi salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan di saat akan membeli laptop karena menyangkut kebutuhan penggunanya.

Salah satu contoh prosesor yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat adalah Intel Pentium G4560. Intel Pentium G4560 mempunyai beberapa kelebihan yang membuat para penggunanya merasa nyaman.

Pada kesempatan kali ini akan membahas lengkap dan jelas perihal Intel Pentium G4560. Bagi sobat maxcloud yang penasaran dengan Intel Pentium G4560, yuk simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu Intel Pentium?

Pentium merupakan generasi kelima dari arsitektur prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation yang desainnya dibuat oleh Vinod Dham. Pentium adalah penerus dari jajaran prosesor 486 dan mulai dijual ke pasaran pertama kali di tanggal 22 Maret 1993. Nama asli dari Pentium adalah 80585 atau i586 untuk mengikuti penamaan generasi yang sebelumnya.

Pentium adalah prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, sehingga meski Pentium adalah prosesor yang bersifat CISC. Akan tetapi, Pentium bisa bekerja seperti layaknya prosesor RISC. Meski di saat itu belum ada aplikasi yang mampu melakukan utilisasi.

Intel beberapa kali melakukan revisi prosesor Pentium miliknya, dikarenakan ada kesalahan di dalam operasi pembagian terhadap bilangan floating point yang tenar dengan sebutan Floating Point Division Bug. Selain karena kesalahan tersebut, Intel juga sudah pernah melakukan revisi Pentium karena ada masalah di panas, penurunan tegangan dan pengubahan proses manufaktur.

Kelebihan Menggunakan Intel Pentium G4560

Setelah paham akan pengertian dari Intel Pentium, sobat maxcloud juga harus paham dengan kelebihan dari jenis prosesor yang satu ini. Ada beberapa kelebihan dari Intel Pentium G4560 yang harus sobat maxcloud ketahui, yaitu :

1. Dapat Dipasangkan dengan VGA Card Terbaik

Processor Intel Pentium bisa dipasangkan dengan VGA card terbaik yang ada di pasaran. Hal ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa pada saat bermain game dan menampilkan grafik yang lebih baik.

2. Menghasilkan Output yang Lebih Baik

Processor Intel Pentium G4560 bisa menghasilkan output yang lebih baik saat digunakan untuk bermain game. Hal ini terjadi, karena processor Intel Pentium G4560 dapat memproses, menghasilkan output lebih detail, cepat dan nyata.

3. Tersedia Banyak Pilihan Kecepatan

Intel Pentium G4560 menyediakan banyak sekali pilihan kecepatan di dalam processor mereka. Sobat maxcloud dapat memilih processor Intel dengan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

4. Tidak Membutuhkan Kipas Pendingin yang Mahal

Processor Intel Pentium G4560 tidak membutuhkan kipas pendingin yang mahal, karena suhunya cenderung lebih stabil dan tidak terlalu panas saat digunakan. Hal ini juga bisa lebih menghemat biaya dan waktu disaat sobat maxcloud memilih kipas pendingin yang tepat.

5. Menghasilkan Tampilan yang Lebih Realistis

Processor Intel Pentium G4560 bisa menghasilkan tampilan yang lebih realistis di saat bermain game. Hal ini bisa terjadi, karena processor Intel Pentium G4560 dapat memproses data lebih cepat dan akurat. Sobat maxcloud juga bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih nyata dan mendalam dengan processor satu ini.

6. Tersedia Fitur Turbo Boost

Fitur Turbo Boost di dalam processor Intel Pentium G4560 bisa digunakan untuk meningkatkan performa secara otomatis pada saat dibutuhkan. Perihal ini juga dapat membuat game tersebut berjalan dengan lebih lancar dan tanpa masalah.

7. Mendukung Multi-Threaded Applications

Processor Intel Pentium G4560 sudah mendukung aplikasi multi-threaded yang membutuhkan banyak sumber daya. Dengan hal tersebut membuat permainan game berjalan lebih cepat dan lancar. Bahkan, dengan menggunakan processor Intel Pentium G4560 bisa mempercepat waktu rendering pada aplikasi pengolah gambar atau video.

8. Dapat Menghemat Energi

Meski memiliki performa yang handal, processor Intel Pentium G4560 dapat menghemat energi pada saat digunakan. Hal ini dapat membuat sobat maxcold tidak perlu khawatir tentang tagihan listrik yang tinggi, ketika menggunakan komputer untuk bermain game.

9. Tidak Perlu Dipasangkan dengan VGA Card Mahal

Pada saat menggunakan processor Intel Pentium G4560, maka kinerja yang didapatkan bisa lebih baik meskipun tidak dipasangkan dengan VGA card mahal. Sobat maxcloud juga bisa menggunakan VGA card dengan harga lebih terjangkau tanpa mengurangi performa di saat bermain game.

10. Mudah Dipasang dan Digunakan

Processor Intel Pentium G4560 mudah dipasang dan digunakan. Sobat maxcloud juga tidak perlu memahami teknologi tinggi atau mempunyai pengetahuan secara khusus untuk menggunakan processor Intel.

11. Bisa Dijalankan dengan Sistem Operasi yang Berbeda

Processor Intel Pentium G4560 dapat dijalankan dengan sistem operasi yang berbeda seperti Windows, MacOS dan Linux. Hal ini membuat sobat maxcloud bisa memilih sistem operasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

12. Tidak Membutuhkan Perawatan yang Sulit

Untuk processor Intel Pentium G4560 tidak membutuhkan perawatan yang sulit atau rumit. Sobat maxcloud hanya perlu membersihkan debu dan kotoran dari processor secara berkala guna menjaga suhu dan kinerja.

13. Tidak Membutuhkan Memori yang Mahal

Processor Intel Pentium G4560 tidak membutuhkan memori yang mahal untuk berfungsi dengan baik. Sobat maxcloud bisa menggunakan memori dengan harga yang lebih terjangkau tanpa mengurangi performa di saat bermain game.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai kelebihan Intel Pentium G4560 dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa membantu sobat maxcloud di saat ingin membeli laptop,ya!