Hosting adalah salah satu pondasi utama berdirinya suatu website. Tanpa adanya hosting, tentu saja website tidak akan bisa berdiri. 

Ibarat sebagai perumahan, hosting merupakan kavling maupun lahan tempat rumah didirikan dan rumah tersebut bisa diibaratkan sebagai website. Nah, untuk masa aktif dari hosting web tergantung dari masing-masing siklus yang dipilih pada saat pertama kali order. 

Sobat maxcloud bisa memilih siklus 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan 2 tahun. Setelah habis masa aktif hosting web, sobat maxcloud harus melakukan perpanjang. Kenapa harus dilakukan perpanjang web hosting? Bagaimana cara perpanjang web hosting tanpa ribet? Yuk simak penjelasan sebagai berikut. 

Alasan Kenapa Harus Perpanjang Hosting Web 

Ketika web hosting expired (sudah melewati batas waktu), maka segera lakukan perpanjangan. Apabila H+7 setelah jatuh tempo belum dilakukan perpanjangan, maka status web hosting berubah menjadi suspended. 

Otomatis, web hosting sobat maxcloud tidak bisa digunakan dan website akan error. Ketika status web hosting sudah berubah menjadi suspended, segera lakukan perpanjangan sebelum hosting berubah menjadi terminated 

Di saat status hosting sudah terminated, ada beberapa kerugian yang akan sobat maxcloud dapatkan. Seperti tidak bisa perpanjang lagi, hosting web tidak dapat digunakan dan terindikasi hilangnya data di dalam website. Minimal di saat ada notifikasi masa aktif web hosting habis, maka segera lakukan perpanjangan. 

Cara Perpanjang Hosting Web

Setelah paham mengenai kenapa sobat maxcloud harus perpanjang hosting web, maka pembahasan berikutnya adalah cara perpanjang hosting web. Ada beberapa langkah di cara perpanjang hosting web yang harus sobat maxcloud lakukan : 

●      Akses halaman website dari layanan hosting web yang digunakan dan login ke akun sobat maxcloud. 

●      Setelah berhasil login, silahkan akses menu “tagihan – langganan”. 

●      Klik tombol “perpanjang sekarang”. 

●      Jika sobat maxcloud ingin mengubah siklus atau durasi tagihan web hosting, maka bisa lakukan perubahan sebelum membayar di menu “mengganti siklus atau durasi tagihan”. Biasanya semakin lama durasinya, maka semakin murah biaya bulanannya. 

●      Berikutnya, jendela pop-up akan terbuka untuk memilih durasi paket dan metode pembayaran. Klik menu “Selesaikan Pembayaran” untuk melakukan perpanjang layanan web hosting. 

●      Setelah pembayaran dilakukan, sobat maxcloud bisa menunggu beberapa saat (paling lama 1×24 jam setelah pembayaran dilakukan) atau sampai dengan status tagihan akan menjadi paid atau Terbayar. 

●      Selamat! hosting sobat maxcloud sudah telah berhasil diperpanjang. Untuk mempermudah perpanjangan layanan, sobat maxcloud bisa mengaktifkan menu “perpanjangan otomatis”.  

Kelebihan Menggunakan Hosting Web 

Meski harganya murah, layanan web hosting ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut : 

1. Modal Tidak Terlalu Besar 

Salah satu kelebihan dari hosting web adalah mempunyai biaya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan opsi hosting lain, seperti dedicated hosting atau VPS hosting. Dengan hosting web, sobat maxcloud bisa memilih jenis paket sesuai kebutuhan dan hanya membayar untuk sumber daya yang sedang digunakan, seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan lain-lain. 

Hal ini membuat hosting web menjadi pilihan terbaik untuk bisnis kecil maupun situs web pribadi yang ingin memulai dengan modal terbatas. Selain itu, hosting web juga menawarkan kemudahan penggunaan dan manajemen. 

Sebagian besar penyedia layanan hosting web menyediakan antarmuka yang mudah digunakan. Bahkan, hosting web sudah mendukung teknis handal untuk membantu sobat maxcloud menyelesaikan beberapa masalah atau pertanyaan yang mungkin saja muncul. 

Ada beberapa penyedia yang menawarkan fitur otomatisasi dan memungkinkan sobat maxcloud mengelola situs web dengan lebih efisien. Hosting web juga mempunyai skala yang mudah dipahami. 

Disaat situs web  berkembang dan membutuhkan lebih banyak sumber daya, maka sobat maxcloud bisa dengan mudah melakukan upgrade paket hosting web. Selain itu, sobat maxcloud bisa beralih ke opsi menu hosting yang lebih kuat seperti VPS hosting atau dedicated hosting. Perihal ini memberikan sobat maxcloud fleksibilitas untuk menyesuaikan sumber daya hosting dengan pertumbuhan bisnis. 

2. Kapasitas Penyimpanan Lumayan 

Kapasitas penyimpanan yang sudah disediakan oleh layanan hosting web bisa bervariasi. Biasanya, kapasitas layanan ini bergantung  pada jenis dan paket hosting yang sobat maxcloud  pilih.

Namun, sebagian besar penyedia layanan hosting web ini menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk kebutuhan umum. Paket shared hosting adalah pilihan hosting yang paling terjangkau dan menyediakan kapasitas penyimpanan mulai dari ratusan MB hingga berapa GB.

Jika situs web sobat maxcloud terdiri dari beberapa halaman atau  file, maka untuk kapasitas penyimpanan ini mungkin sudah cukup. Namun untuk situs web yang lebih besar dan memiliki banyak konten, paket VPS hosting atau dedicated hosting mungkin lebih sesuai karena memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Paket VPS hosting menyediakan kapasitas penyimpanan mulai dari beberapa GB hingga ratusan GB. Sedangkan, untuk dedicated hosting dapat menyediakan kapasitas penyimpanan sampai dengan.

Kekurangan Hosting Web

Tidak hanya kelebihan, dengan harga yang sangat murah hosting web juga mempunyai kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sobat maxcloud si dalam memutuskan penggunaan layanan web hosting murah. Sebagai berikut kekurangan dari hosting web :

1. Berbagi Server

Salah satu kekurangan dari layanan hosting web adalah sobat maxcloud harus berbagi sumber daya server dengan pengguna lain di dalam server yang sama. Di dalam paket shared hosting, server tersebut akan ditempatkan dengan ratusan bahkan ribuan pengguna lainnya. Sehingga, akibatnya server mempunyai kinerja yang tidak stabil.

Apabila salah satu pengguna berasal dari server yang sama mengalami lonjakan lalu lintas atau menggunakan terlalu banyak sumber daya server, maka bisa memberikan pengaruh terhadap  kinerja server secara keseluruhan dan termasuk mempengaruhi situs web sobat maxcloud. Karena sobat maxcloud berbagi server dengan pengguna lain, maka resiko keamanan juga meningkat.

Jika salah satu pengguna di dalam server tersebut mengalami serangan atau malware, maka bisa mempengaruhi seluruh server dan termasuk situs web. Sobat maxcloud juga tidak bisa merubah pengaturan server atau melakukan instalasi software yang tidak diizinkan oleh pihak penyedia hosting web, karena hal tersebut bisa memberikan pengaruh pada situs web pengguna lain di dalam server yang sama.

Nah, itu dia penjelasan secara lengkap mengenai cara perpanjang hosting web dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa membantu sobat maxcloud, ya.