Apakah sobat maxcloud sering mendengar tentang istilah web hosting? Sebagai orang yang masih awam, mungkin masih bertanya – tanya mengenai pengertian dan cara kerja web hosting 

Padahal di saat akan membuat website, hosting merupakan salah satu bagian yang paling penting. Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara kerja web hosting dan hal penting lainnya. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Pengertian Web Hosting 

Web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua kebutuhan website, termasuk beberapa file data penting seperti video, gambar, script, email, aplikasi, dan database supaya website bisa diakses melalui internet Tanpa adanya layanan web hosting, maka sobat maxcloud tidak bisa membuat website. 

Inilah kenapa web hosting itu penting, terutama bagi sobat maxcloud yang mempunyai rencana untuk membangun website. Layanan web hosting pada umumnya menyediakan berbagai fitur seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dukungan teknis, email hosting, database, dan lain-lain. Ada berbagai macam jenis hosting, seperti shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting dan cloud hosting

Cara Kerja Web Hosting 

Cara kerja web hosting adalah diawali dari sebuah perusahaan layanan hosting yang menyediakan ruang server untuk menyimpan aset dan data. Lalu di saat ada salah satu user menuliskan nama domain website di browser, maka hosting tersebut akan mengirimkan file yang sobat maxcloud butuhkan untuk mengakses website tersebut.

Pada saat berlangganan web hosting, sobat maxcloud pastinya harus membayar biaya sewa untuk setiap bulannya. Apabila tidak membayar  secara tepat waktu, maka layanan sobat maxcloud tidak akan bisa di akses dan berfungsi dengan baik. 

Macam-Macam Jenis Web Hosting 

Pada saat berencana membuat website, sobat maxcloud tentu harus paham dengan mengenai definisi serta cara kerja web hosting. Tidak hanya itu saja, sobay maxcloud setidaknya juga harus mengerti tentang macam – macam jenis hosting yang disediakan oleh pihak penyedia layanan web hosting. 

Sehingga sobat maxcloud bisa menentukan jenis layanan web hosting apa yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai berikut beberapa jenis web hosting yang bisa sobat maxcloud pilih : 

1. Shared Hosting 

Shared hosting adalah jenis hosting yang cukup populer dan sering digunakan. Bagi sobat maxcloud yang baru saja membangun sebuah website, shared hosting biasanya lebih disarankan oleh pihak penyedia layanan. 

Shared hosting cukup bagus digunakan untuk website baru yang belum mempunyai banyak traffic, serta harga yang ditawarkan juga tidak akan menguras kantong. Sesuai dengan namanya, shared hosting mengharuskan sobat maxcloud berbagi server dengan orang lain. Dimana hal ini bisa membuat kinerja website sobat maxcloud kurang baik, jika traffic dari website pengguna lain sedang tinggi. 

2. VPS Hosting 

Virtual Private Server (VPS hosting) adalah jenis hosting yang menjadi primadona di antara hosting lainnya, karena mempunyai banyak kelebihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Kelebihan dari VPS hosting adalah para pengguna bisa mendapatkan space server yang dedicated. 

Di saat ada peningkatan traffic yang di tinggi di website lain, maka hal tersebut tidak akan berdampak pada website sobat maxcloud. Pada saat sobat maxcloud menggunakan VPS Hosting ada banyak fitur yang bisa dinikmati seperti docker ready, custom OS via ISO, swap configuration, support VPN, control button, firewall management dan lain-lain. 

3. Cloud Hosting 

Cloud hosting merupakan jenis hosting dengan resource seperti layaknya VPS, dan cara penggunaannya lebih mudah daripada shared hosting. Jadi, sobat maxcloud tidak perlu mempunyai keahlian secara khusus untuk mengelola server supaya bisa menggunakan cloud hosting. Kelebihan dari cloud hosting adalah : 

●  Mempunyai banyak resource. 

●  Bisa dimanage penuh oleh pihak penyedia layanan. 

●  Dapat menampung banyak traffic yang sangat tinggi dan sobat maxcloud tidak perlu membutuhkan pengetahuan secara teknis khusus. 

Namun, untuk kekurangan dari cloud hosting adalah harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan VPS dan shared hosting. 

4. WordPress Hosting 

WordPress hosting adalah jenis lain dari shared hosting yang mempunyai fungsi khusus untuk para pengguna dari WordPress. Selain itu, perihal ini akan memberikan layanan seperti memperbarui instalasi WordPress guna membantu dan melindungi website dari pihak tidak bertanggung jawab. Untuk jenis hosting yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pemula, karena harganya cukup ramah dan cara penggunaannya mudah. 

5. Managed WordPress 

Jenis managed WordPress hosting kali ini adalah hosting yang di khususkan buat sobat maxcloud yang ingin membangun website menggunakan CMS wordpress, tapi tidak ingin pusing perihal teknis. Semua pengaturan akan diatur secara otomatis oleh pihak penyedia hosting termasuk dengan optimasi website di cPanel, keamanan, kecepatan, dan bandwidth. Kelebihan dari managed WordPress hosting adalah :

●  Sobat maxcloud tidak harus melakukan pengaturan hosting dan domain. 

●  Pengelolaan website yang mudah. 

●  Kecepatan dan keamanan website sudah  terjamin. 

●  Bebas install plugin dan harganya lebih murah 

Namun untuk jenis hosting kali ini mempunyai kekurangan, yaitu sobat maxcloud tidak bisa leluasa di saat ingin merubah pengaturan hosting. Selain itu, resource-nya pun juga cukup terbatas. 

6. Dedicated Hosting 

Dedicated hosting merupakan server yang digunakan oleh satu user saja. Sehingga, sobat maxcloud tidak perlu khawatir di suatu saat website akan mengalami down. 

Dikarenakan sobat maxcloud bebas melakukan pengaturan dan pengelolaan server sesuai kebutuhan, maka  membutuhkan pengetahuan khusus terkait ini. Kelebihan dari dedicated hosting adalah : 

●  Jumlah resourcenya sangat besar. 

●  Bisa menampung traffic yang tinggi. 

●  Big data. 

●  Mempunyai akses root untuk mengatur server. 

●  Bebas memilih OS.

Dibalik beberapa kelebihan tersebut, ada kekurangan dari dedicated hosting seperti harganya yang sangat mahal. Bahkan sobat mixcloud harus merawat server sendiri dan perlu memiliki pemahaman perihal teknis

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara kerja web hosting dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu.