Prosesor menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan pengguna perangkat laptop atau komputer seperti Sobat Maxcloud sebelum membelinya. Saat ini, tersedia banyak model prosesor yang tersemat di dalam laptop atau komputer. Salah satu di antara model prosesor unggulan adalah Intel Celeron N3060. Tak heran jika banyak orang yang bertanya apakah prosesor Intel Celeron N3060 bagus tidak?

Tergolong salah satu di antara jajaran prosesor keluaran Intel, tentu banyak keunggulan dan kelebihan yang ditawarkan oleh prosesor Intel Celeron N3060. Karena itu, sejumlah pengguna komputer atau laptop banyak yang menawarkan untuk menggunakan prosesor Intel Celeron N3060. Bagi Sobat Maxcloud yang masih merasa bingung maka tidak perlu khawatir, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Prosesor Intel Celeron N3060 Bagus Tidak untuk Komputer atau Laptop?

Sebelum membahas prosesor Intel Celeron N3060 bagus tidak, tak ada salahnya bagi Sobat Maxcloud mengetahui sejarah kemunculan dapur pacu tersebut. Intel Celeron muncul pertama kali pada tahun 1998 silam yang merupakan hasil dari perang dagang dengan produk prosesor keluaran AMD yang sudah merilis prosesor murah dengan kinerja sangat baik, bahkan tergolong jauh lebih unggul daripada seri Pentium kala itu.

Kemudian, perusahaan Intel pun meluncurkan prosesor Celeron yang sering disebut mirip seperti Pentium II lantaran merupakan hasil pengembangan dari prosesor Platinum I. Di dalamnya terdapat penyesuaian Cartridge dengan slot 1 yang aktif dengan sistem sebesar 66 MHz dan clock internal 266 sampai 300 MHz. Bukan itu saja, Intel juga merancang perbaikan untuk seri prosesor Intel Celeron.

Berbicara tentang prosesor Intel Celeron N3060 bagus tidak, Sobat Maxcloud perlu mengetahui spesifikasi dapur pacu tersebut. Sebagai informasi, Intel Celeron N3060 adalah salah satu prosesor unggulan yang begitu populer terutama di kalangan pengguna komputer. Prosesor Intel Celeron N3060 mempunyai performa yang tergolong handal dan bisa membantu mengerjakan semua jenis tugas di perangkat komputer ataupun laptop.

Bahkan prosesor Intel Celeron N3060 kerap kali disebut setara dengan seri prosesor Intel Core i3. Hal itu karena, kemampuan prosesor tersebut dalam menjalankan berbagai aplikasi yang tergolong berat sekalipun. Tentu saja hal ini akan menjadi kabar baik bagi Sobat Maxcloud yang tengah mencari laptop atau komputer dengan harga cukup terjangkau namun tetap berkualitas tinggi ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Bukan itu saja, prosesor Intel Celeron N3060 juga mempunyai teknologi yang bernama Intel Turbo Boost. Teknologi tersebut mampu meningkatkan performanya sampai 2.48 GHz. Dengan adanya teknologi satu ini, maka proses multitasking yang dijalankan pada laptop atau komputer dengan prosesor Intel Celeron N3060 akan terasa jauh lebih cepat dan responsif. Tentu ini menjawab pertanyaan Sobat Maxcloud tentang Intel Celeron N3060 bagus tidak.

Jadi, apabila Sobat Maxcloud tengah mencari prosesor yang berkualitas namun harganya terjangkau, maka Intel Celeron N3060 menjadi pilihan yang paling tepat. Tak hanya menjanjikan kinerja yang tergolong handal, prosesor satu ini juga mampu meminimalisir biaya yang akan Sobat Maxcloud keluarkan. Walaupun murah, tetap saja prosesor Intel Celeron N3060 menghadirkan kualitas unggulan di kelasnya.

Spesifikasi Prosesor Intel Celeron N3060

Untuk semakin mempertegas Intel Celeron N3060 bagus tidak, ada baiknya Sobat Maxcloud juga mengetahui spesifikasi dari prosesor tersebut. Sebagai informasi, prosesor Intel Celeron N3060 hadir dengan frekuensi yang mumpuni yaitu 1.6 GHz. Untuk jumlah core, prosesor tersebut mempunyai dua core dengan 2 thread. Cache yang diusung oleh Intel Celeron N3060 yakni 2MB dengan TDP 6 Watt.

Secara keseluruhan, prosesor Intel Celeron N3060 menjadi pilihan yang bagus untuk pemakaian sehari-hari seperti melakukan tugas-tugas kantor, browsing web, serta multimedia yang ringan. Sobat Maxcloud juga bisa mempertimbangkan alternatif lain seperti prosesor AMD A6 ataupun Intel Pentium apabila keduanya lebih cocok dan mampu memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Walaupun bisa dibilang jawaban atas Intel Celeron N3060 bagus tidak adalah bagus, namun prosesor tersebut kurang cocok untuk aktivitas gaming. Memang Intel Celeron N3060 setara dengan seri prosesor Intel Pentium N3710.2 dan AMD A6 9220 e. Namun prosesor tersebut kurang cocok untuk gaming lantaran kecepatannya relatif rendah yakni 1.6 GHz dan mampu meningkat sampai 2.48 GHz.

Bukan itu saja, prosesor Intel Celeron N3060 juga mempunyai performa yang relatif kurang cepat jika dibandingkan dengan prosesor lain dan biasanya dipakai pada perangkat laptop entry level 5. Kendati demikian, perangkat komputer atau laptop yang dibekali dengan prosesor Intel Celeron N3060 bisa digunakan untuk kerja kantoran yang hanya memerlukan pemakaian aplikasi ringan seperti browsing internet atau Microsoft Office.

Untuk memperjelas apakah Intel Celeron N3060 bagus tidak, Sobat Maxcloud juga bisa membaca beberapa kelebihan dari prosesor Intel Celeron N3060. Adapun beberapa kelebihan dari prosesor tersebut, di antaranya:

1. Tidak Cepat Mengalami Kerusakan

Intel Celeron tergolong lebih dingin jika dibandingkan dengan versi Intel lainnya yakni sekitar 90 derajat celcius. Hal itulah yang membuat komputer dengan Intel Celeron tak akan mudah mengalami kerusakan.

2. Irit Listrik

Siapa sangka jika prosesor yang kerap dikira gagal satu ini ternyata cukup menguntungkan dari sisi pemakaian listrik. Karena itu, prosesor Intel Celeron akan lebih hemat daya yang menguntungkan para pengguna.

Itulah pembahasan topik tentang Intel Celeron N3060 bagus tidak untuk digunakan perangkat komputer atau laptop. Sobat Maxcloud bisa mempertimbangkan pemakaian prosesor Intel Celeron N3060 untuk kebutuhan setiap hari.