Ketika memilih perangkat laptop atau komputer baru, banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan. Oleh sebab itu, proses pengambilan keputusan tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu keputusan utama yang perlu Sobat Maxcloud ambil adalah prosesor yang tersemat di dalam perangkat tersebut. Adapun pilihan tentang prosesor kerap kali jatuh pada prosesor Intel Celeron vs Core i5 di komputer atau laptop.

Sebagai informasi, Intel Celeron maupun Intel Core i5 sendiri menjadi prosesor yang rilis di bawah perusahaan teknologi raksasa yakni Intel. Perusahaan tersebut sudah dikenal melalang buana di dunia prosesor yang terbukti telah merilis banyak sekali seri prosesor terbaik di kelasnya. Bagi Sobat Maxcloud yang penasaran lebih baik mana antara prosesor Intel Celeron dan prosesor Intel Core i5, bisa simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Perbandingan Antara Prosesor Intel Celeron vs Core i5

Sebelum membahas apa saja perbedaan antara prosesor Intel Celeron vs Core i5, Sobat Maxcloud perlu memahami tentang masing-masing prosesor tersebut. Sebagai informasi, prosesor Intel Celeron adalah rangkaian prosesor Intel yang harganya relatif terjangkau dan tidak dimaksudkan untuk pemakaian beban kerja yang tinggi, apalagi video game maupun program yang menuntut komputer.

Dari segi struktur, prosesor Intel Celeron merupakan chip dual core yang tidak mempunyai fitur boost clock atau hyper threading dan harganya relatif murah. Penting juga untuk diketahui bahwa seri prosesor Intel Celeron sudah ada sejak tahun 1998 silam yang menunjukkan kepopuleran dan permintaannya, lantaran menjadi pilihan relatif terjangkau.

Sebagai perbandingan Intel Celeron vs Core i5, prosesor Intel Core i5 atau yang juga dikenal sebagai Intel i5 tersedia dalam versi dual core dan quad core. Prosesor tersebut menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk penggunanya. Prosesor satu ini juga tersedia untuk perangkat laptop dan komputer desktop yang rilis pertama kali pada tahun 2009 lalu. Ini menjadikannya sebagai prosesor generasi lebih baru daripada lini Intel Celeron.

Sobat Maxcloud bisa juga menemukan versi CPU Intel Core i5 yang berbeda tergantung pada memori cache termasuk 3MB, 4MB, serta 6MB. Sedangkan untuk kecepatannya, kecepatan prosesor satu ini bervariasi mulai dari 1.90 sampai 3.80 Hz. Semua hal itu tentu menawarkan multitasking yang luar biasa. Walaupun sebagian besar prosesor Core i5 mempunyai fitur quad core, Sobat Maxcloud juga bisa menemukan versi terbaik dengan 6 inti.

Perbedaan Antara Prosesor Intel Celeron dan Intel Core i5

Tak diragukan lagi dalam Intel Celeron vs Core i5 jika terdapat perbedaan yang drastis antara kedua prosesor tersebut. Apabila Sobat Maxcloud kurang yakin antara Intel Celeron maupun Intel Core i5, berikut ini ada pertandingan kedua prosesor tersebut dalam berbagai aspek yang memungkinkan Sobat Maxcloud bisa membuat keputusan akhir apakah ingin memiliki Intel Celeron atau Intel Core i5.

1. Harga

Dalam perbandingan Intel Celeron vs Core i5 dari segi harga, bisa dibilang bahwa Intel Celeron menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Selain itu, prosesor tersebut juga lebih cocok untuk pengguna biasa yang tak akan memakai perangkat komputer atau laptop mereka untuk lebih dari aktivitas dasar seperti browsing web. Di samping itu, seri prosesor Intel Core cenderung lebih mahal.

Namun dalam hal tersebut, apa yang dibayarkan pengguna tentu sebanding dengan kualitas lebih tinggi. Pasalnya Intel Core i5 menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan kekuatan. Ini tak perlu diragukan lagi apabila Sobat Maxcloud memerlukan CPU untuk menangani beban kerja yang tergolong lebih berat. Ini tentu menjadi pertimbangan sendiri bagi pengguna sebelum memilih salah satu di antaranya.

2. Penggunaan Prosesor

Perbandingan antara Intel Celeron vs Core i5 juga terletak pada peruntukan atau penggunaan kedua prosesor tersebut. Walaupun prosesor Intel Celeron sebagian besar merupakan CPU laptop lantaran kurangnya daya, Sobat Maxcloud akan melihat bahwa prosesor Intel Core i5 umumnya merupakan bagian CPU desktop. Namun Sobat Maxcloud juga bisa menemukan prosesor Intel Celeron versi desktop.

Tetapi penggunaan Intel Celeron untuk perangkat desktop biasanya banyak ditemukan di PC mini. Seri Intel Core i5 lebih umum dipakai pada PC desktop. Kendati demikian, beberapa model perangkat laptop yang cukup kuat mempunyai fitur CPU tersebut.

3. Aktivitas Gaming

Perbandingan berikutnya yang terdapat dalam Intel Celeron vs Core i5 juga bisa diukur untuk penggunaannya bermain game. Apabila kapasitas gaming menjadi faktor utama dalam proses pengambilan keputusan Sobat Maxcloud, maka tak banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya prosesor Intel Celeron bukan pilihan terbaik untuk para gamers terutama game yang berat.

Di sisi lain, Intel Core i5 adalah pilihan prosesor yang tak akan mengecewakan, bahkan saat menyangkut video game kelas atas dan menuntut. Tetapi apabila Sobat Maxcloud adalah seorang gamers yang bersemangat, harap ingat bahwa banyak gamers yang merekomendasikan prosesor Intel Core i7 daripada Intel Core i5. Ini karena prosesor tersebut jauh lebih bertenaga, dan perbedaannya juga mencolok.

4. Inti CPU

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Intel Celeron adalah CPU dual core yang artinya tak akan bisa menangani video game apapun apalagi jika membutuhkan empat core. Di samping itu, Intel Core i5 tersedia dalam sejumlah versi termasuk empat core atau enam core tergantung versinya. Itu artinya, prosesor tersebut jauh lebih cocok untuk bermain game serta menawarkan tingkat performa lebih tinggi.

Itulah pembahasan lengkap perbandingan antara prosesor Intel Celeron vs Core i5 untuk perangkat komputer atau laptop. Dengan pembahasan di atas, Sobat Maxcloud bisa lebih mudah menentukan apakah akan memilih Intel Celeron atau Intel Core i5.