Cloud computing adalah solusi modern yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan terkait komputasi data. Keuntungan cloud computing pun juga bisa dirasakan dan tidak perlu lagi diragukan. Tidak perlu merasa heran lagi, bahwa saat ini banyak perusahaan yang mulai beralih dari cara komputasi konvensional ke metode berbasis internet. 

Kendati mempunyai banyak keuntungan, cloud computing juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai tantangan di dalam penggunaanya. Melalui artikel kali ini, sobat maxcloud akan mendapatkan pembahasan lengkap mengenai beberapa keuntungan cloud computing yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Keuntungan Cloud Computing? 

Cloud computing atau komputasi awan adalah inovasi di dalam dunia teknologi informasi atau (IT), tepatnya di dalam bidang pengelolaan data. Sebelum cloud computing ramai digunakan, ada beberapa orang yang menyimpan data secara konvensional yaitu menggunakan harddisk komputer. 

Kini cloud computing hadir sebagai salah satu metode komputasi yang berbasis internet. Layaknya produk inovatif lainnu, cloud computing mempunyai lebih banyak keuntungan daripada sebelum-sebelumnya. Sebagai berikut beberapa keuntungan cloud computing yang bisa sobat maxcloud rasakan : 

1. Kemudahan Di Dalam Manajemen

Keuntungan cloud computing yang pertama ini berkaitan dengan manajemen atau pengelolaan tugas di dalam sebuah bisnis. Karena berbasis internet, maka sistem cloud computing imi bisa membantu para penggunanya di dalam mengelola data seperti dokumen, gambar, software dan lain-lain. 

Teknologi cloud storage bisa membantu perusahaan sobat maxcloud untuk melakukan kolaborasi, baik itu secara internal maupun eksternal. Selain itu, layanan cloud storage oni juga memungkinkan sobat maxcloud untuk berbagi data secara cepat dan aman. Keuntungan di saat menggunakan cloud storage adalah sobat maxcloud bisa berbagi data dengan ukuran yang besar sekalipun juga bisa dilakukan. 

Sobat maxcloud juga bisa memanfaatkan server cloud sebagai media penyimpanan data yang bisa diandalkan. Dengan adanya server cloud, sobat maxcloud dan seluruh orang di perusahaan tersebut bisa mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat. 

2. Menghemat Biaya 

Menyimpan data di dalam cloud computing ini bisa dilakukan secara virtual dan kemudian tersambung ke dalam jaringan internet. Alhasil, sobat maxcloud tidak perlu merogoh kantong yang lebih dalam lagi pada saat menggunakan software satu ini. 

Rata-rata pengelola atau vendor dari cloud computing ini akan mematok biaya software berdasarkan dengan kapasitas dan masa berlangganannya. Tidak ada biaya tambahan, kecuali Pajak Pertambahan nilai yang dibebankan di dalamnya. 

Sobat maxcloud juga bisa menghemat biaya sekalipun meningkatkan manajemen bisnis disaat perusahaan dengan menggunakan cloud computing. Cloud computing juga tidak hanya sekedar menghemat biaya di depan saja, tapi penggunaanya juga. 

Ketika ingin menghemat biaya, sobat maxcloud biwa melakukan downgrade atau memilih layanan cloud computing yang sedang digunakan. Dengan begitu, sobat maxcloud bisa lebih menghemat biaya sambil tetap menikmati layanan cloud computing yang sudah dipilih.

3. Terdapat Fitur Backup dan Recovery Data 

Layanan penyimpanan berbasis cloud computing ini mempunyai dua fitur yang tidak boleh dilewatkan, yaitu backup dan recovery. Fitur backup jya bisa diaktifkan secara otomatis, sehingga data di dalam komputer akan bekerja secara otomatis untuk menyimpan di dalam cloud storage. Sedangkan, recovery data berguna untuk mengakses kembali data yang sebelumnya hilang atau tidak sengaja dihapus. 

4. Kapasitas Penyimpanan yang Tidak Terbatas 

Tentunya, tidak ada cloud storage yang mempunyai tempat penyimpanan tidak terbatas. Akan tetapi, salah satu kelebihan dari cloud storage  adalah memberikan penawaran kapasitas yang sangat besar. 

Pekerjaan operasional perusahan yang tidak sedikit ini membutuhkan banyak kapasitas penyimpanan. Cloud computing juga menawarkan keuntungan tersebut, sehingga layanan ini menjadi salah satu solusi andalan bagi perusahaan.  

Kapasitas cloud computing bisa sampai ukuran Gigabytes (GB) sqn Terabytes (TB). Ukuran raksasa ini sangat bermanfaat untuk beberapa kegiatan operasional bisnis di dalam jangka waktu yang panjang. 

5. Integritas Secara Otomatis 

Data di dalam penyimpanan internal komputer atau smartphone, sobat maxcloud akan terintegrasi dan visa tersimpan secara otomatis di dalam cloud. Otomatisasi tersebut tentunya bisa meringankan pekerjaan sobat maupun di dalam melakukan backup data secara online. 

Selain itu, integrasi secara otomatis ini juga mempermudah sobat maxcloud di dalam mengelola data. Sehingga, dengan hal tersebut sobat maxcloud bisa melakukan kolaborasi bersama dengan karyawan di dalam waktu yang sama. 

6. Instan

Setiap software, termasuk cloud computing pasti membutuhkan update secara berkala supaya para pengguna bisa mendapatkan tidur yang lebih unggul. Selain itu, cloud computing bisa di update secara instan sehingga bisa digunakan saat itu juga. Keuntungan cloud computing kali ini tentu tidak akan menghambat pekerjaan, apalagi ketika dikejar tenggat waktu di saat bekerja. 

7. Kolaborasi dan Kerja Sama Sistem Menjadi Lebih Baik 

Sifat dari cloud computing yang instan ini memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan kolaborasi di dalam menyelesaikan sebuah proyek. Tidak hanya karyawan, klien, partner dan konsumen bisa bekerja sama dengan nyaman menggunakan cloud computing. Pada keuntungan terakhir ini bisa menciptakan kerjasama dan koordinasi yang baik secara internal atau eksternal suatu perusahaan. 

Intinya, cloud computing ini sangat membantu bagi suatu perusahaan. Apalagi, di era seperti sekarang ini hampir semua perusahaan sudah menggunakan teknologi cloud computing supaya bisa mengerjakan suatu pekerjaan secara efisien. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai beberapa keuntungan cloud computing di dalam sebuah bisnis. Semoga informasi diatas bisa membantu dan memberikan manfaat.