Ketika ingin membeli perangkat laptop atau komputer, tentu saja calon pengguna akan membandingkan spesifikasi laptop detail dari sejumlah produk yang dilihat di pasaran. Sebab banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya memperhitungkan prosesor di dalamnya. Sampai saat ini, ada dua brand yang merajai pasar yakni Intel dan AMD. Apakah Sobat Maxcloud sudah tahu perbedaan prosesor Intel dan AMD?

Menjadi dua brand prosesor yang merajai pasar perangkat laptop di seluruh dunia, prosesor Intel dan AMD tentu mempunyai perbedaannya masing-masing. Keduanya juga terdapat kekurangan dan kelebihan yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Bagi Sobat Maxcloud yang penasaran dengan perbedaan antara prosesor Intel dan AMD tak perlu khawatir, sebab bisa simak pembahasannya sebagai berikut.

Apa Saja Perbedaan Prosesor Intel dan AMD?

Sobat Maxcloud perlu mempelajari antara prosesor Intel dan AMD sebelum membahas lebih jauh tentang apa yang menjadi perbedaan prosesor Intel dan AMD. Sebagai informasi, prosesor AMD diproduksi pada tahun 1980-an dan tergolong lebih baru jika dibandingkan dengan Intel. Bisa dibilang, Intel sudah mempunyai nama terlebih dahulu daripada prosesor AMD di pasaran.

Dalam penggunaannya, AMD tergolong lebih cepat panas. Walaupun begitu, masih ada beberapa kelebihan dari AMD. Di sisi lain, Intel mulai diproduksi di pasaran pada tahun 1971 silam dan secara langsung mengepakkan sayapnya semakin tinggi. Prosesor tersebut pun menjadi salah satu prosesor yang diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Nama Intel pun semakin dikenal usai peluncuran prosesor Pentium di tahun 1995 silam.

Sebagai prosesor yang terkenal sampai di seluruh dunia, tentu terdapat perbedaan prosesor Intel dan AMD yang membuat keduanya lebih unggul di bidang tertentu. Lalu apa saja perbedaan antara prosesor AMD dan Intel? Sobat Maxcloud bisa simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

1. Grafis

Perbedaan prosesor Intel dan AMD dari segi grafis memang cukup unik. Sebab Intel sudah berusaha mengalahkan grafis prosesor AMD dengan cara meluncurkan prosesor Iris Pro. Walaupun begitu, tetap saja grafis Intel mampu dikalahkan oleh prosesor Radeon keluaran AMD. Karena itulah, prosesor AMD bisa dibilang lebih unggul daripada prosesor Intel dari segi grafis keduanya.

Perlu diketahui, kualitas grafis yang dimiliki oleh prosesor Intel dan AMD bisa dibilang sangat mencolok. Perbedaan antara AMD dan Intel untuk game pun dapat dilihat dengan jelas dari sisi tersebut. Pasalnya grafis yang ditampilkan oleh prosesor AMD begitu apik, walaupun harus menantang dengan prosesor yang tergolong cepat panas. Hal inilah yang patut menjadi pertimbangan kalangan pengguna.

2. Biaya

Perbedaan prosesor Intel dan AMD berikutnya terletak pada biaya yang dimenangkan oleh AMD secara telak. Untuk orang yang budget minim sangat dianjurkan memilih AMD dibandingkan intel. Sebab di dalam pemakaiannya, saat harus service, Intel akan menguras dompet Sobat Maxcloud. Walaupun begitu, tentu saja ada kelebihan yang ditawarkan oleh prosesor Intel dengan harga lebih mahal.

3. Manajemen Suhu

Dari awal mula perilisannya, prosesor AMD sudah kerap dicap sebagai salah satu prosesor yang cepat mengeluarkan suhu panas. Jelas saja, dalam segi manajemen suhu, prosesor Intel mempunyai keunggulan yang begitu jauh. Suhu prosesor yang kerap dikenal dengan istilah TDP atau Thermal Design Point memang telah lama menjadi kebanggaan prosesor Intel yang ditawarkan untuk pengguna setia.

Walaupun begitu, sejak prosesor AMD merilis seri Ryzen, cap prosesor cepat panas rupanya mulai memudar. Walaupun seri Ryzen AMD memang belum sebaik prosesor Intel dengan core i3, i5, i7, sampai i9 yang masih menjadi primadona di kalangan pengguna sampai sekarang. Namun hal itulah yang membuat perbedaan prosesor Intel dan AMD lebih mencolok di kalangan pengguna laptop atau komputer.

4. Kecepatan

Hal yang menjadi perbedaan antara prosesor AMD dan Intel berikutnya terletak pada kecepatan. Namun dalam segi kecepatan, perbedaan antara prosesor Intel dan AMD tak begitu signifikan. Apalagi dalam keluaran terbaru prosesor AMD, Intel harus waspada lantaran mulai semakin tersaingi. Walaupun begitu, faktanya prosesor intel lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor AMD.

Perbedaan prosesor Intel dan AMD untuk pemakaian gaming di sini juga berperan sangat penting. Sebab saat pengguna bermain game, Sobat Maxcloud juga tentu ingin bermain dengan cepat agar memenangkan pertandingan. Untuk itulah, para pengguna laptop atau komputer yang merupakan seorang gamers akan mencari prosesor dengan kelebihan berupa kecepatan tinggi demi menunjang aktivitas gamingnya sehari-hari.

5. Sensitivitas Virus

Hal lainnya yang termasuk dalam perbedaan prosesor Intel dan AMD terletak pada segi sensitivitas virus. Dalam hal mendeteksi virus, rupanya AMD mampu mendeteksi virus terlebih dulu daripada Intel. Sebab AMD menciptakan suatu program yang bernama Enhanced Virus Protection alias EVP. Program tersebut bisa dibilang sebuah langkah cerdik dari AMD agar mampu mengalahkan prosesor Intel.

Dengan adanya virus di perangkat laptop Sobat Maxcloud tentu akan sangat merugikan. Dengan adanya program EVP, bisa dibilang prosesor Intel belum mampu menciptakan teknologi mutakhir yang bisa mendeteksi virus lebih awal seperti AMD.

6. Pemakaian Multimedia

Perbedaan prosesor Intel dan AMD terakhir bisa dilihat dari sisi multimedia. Walaupun unggul dari segi grafis, rupanya prosesor AMD masih kalah dari Intel dari sisi multimedia. Hasil gambar yang tampak dalam Intel selalu mempunyai hasil lebih tajam dan jelas dibandingkan AMD.

Itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan prosesor Intel dan AMD di perangkat laptop atau komputer. Sobat maxcloud bisa mempertimbangkan beberapa hal di atas sebelum memilih antara prosesor Intel dan AMD.