Layanan cloud computing sering dikenal sebagai salah satu inovasi yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Sedangkan, layanan cloud terkelola Azure merupakan salah satu contoh komputasi awan yang bisa membuat pekerjaan sobat maxcloud bisa berlangsung secara efektif dan efisien.

Sebagai layanan keluaran dari Microsoft, aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur untuk mendukung penggunaan Microsoft supaya lebih maksimal. Lalu, apa itu layanan cloud terkelola Azure? Melalui pembahasan kali ini akan dijelaskan, mulai dari pengertian, manfaat dan keuntungannya supaya lebih mudah dipahami.

Apa Itu Layanan Cloud Terkelola Azure?

Microsoft Azure menyediakan layanan komputasi yang terdiri dari virtual, machine, cloud, service dan functions. Artinya di saat sobat maxcloud ingin membuat virtual machine sistem operasi Windows atau Linux, maka bisa memanfaatkan layanan cloud terkelola Azure.

Sementara itu, jika sobat maxcloud membuat aplikasi di dalam cloud bisa memanfaatkan layanan cloud service. Bahkan, ketika sobat maxcloud mengembangan microservice menjadi lebih sederhana juga bisa memanfaatkan layanan service fabric.

Begitu pula, ketika sobat maxcloud ingin membuat aplikasi menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman. Dengan hal tersebut, maka sobat maxcloud bisa memanfaatkan layanan functions dari Microsoft Azure.

Manfaat Layanan Cloud Terkelola Azure

Selain mempunyai lebih dari 200 layanan yang bisa mendukung pengembangan aplikasi, Microsoft Azure juga mempunyai beberapa manfaat lain yang bisa mempermudah di dalam mengerjakan pekerjaan. Sebagai berikut manfaat menggunakan layanan cloud terkelola Azure :

1. Skalabilitas yang Bisa Disesuaikan

Salah satu kelebihan dari layanan satu ini adalah bisa melakukan skalabilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari fitur fleksibel yang bisa bekerja secara manual maupun auto scaling.

Azure  juga bisa memastikan sobat maxcloud menggunakan layanan komputasi yang satu ini sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, tidak perlu merasa khawatir akan solusi lokal yang kurang dimanfaatkan.

2. Biaya yang Lebih Efisien

Layanan ini bisa mengadaptasi sistem pembayaran pay as you go yang memungkinkan sobat maxcloud membayar alat sudah digunakan saja. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan sobat maxcloud mengakses lebih banyak sumber daya yang dibutuhkan secara maksimal. Sehingga selain biayanya lebih hemat, sobat maxcloud tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyediakan infrastruktur IT atau pemeliharaan.

3. Dukungan Backup dan Recovery

Adanya dukungan pencadangan dan pemulihan adalah faktor penting bagi para penyedia layanan komputasi. Azure mempunyai lebih dari 50 sertifikat kepatuhan kelas dunia dengan retensi selama 99 tahun.

Hal tersebut tentunya bisa membuat layanan ini memberikan perlindungan data dengan baik. Jika terjadi gangguan layanan maupun kehilangan data, maka layanan ini bisa memulihkan data sobat maxcloud 66% lebih cepat dibandingkan solusi IT lainnya.

4. Manajemen Akses dan Identitas yang Aman

Sobat maxcloud bisa mengurangi resiko peretasan di saat menggunakan layanan ini. Solusi ini juga bisa memberikan perlindungan sumber daya dan aplikasi sobat maxcloud dengan fitur tambahan, termasuk kebijakan multi factor, authentication dan conditional access.

5. Terintegrasi dengan Aplikasi Lainnya

Sebagian besar bisnis bergantung dengan layanan yang satu ini. Dengan menggunakan layanan ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengintegrasikan di semua software atau aplikasi lainnya dengan mudah.

Kelebihan Menggunakan Layanan Cloud Terkelola Azure

Tidak hanya sekedar paham mengenai pengertian dan manfaat saja. Akan tetapi, di saat sobat maxcloud ingin menggunakan layanan yang satu ini, maka akan diberikan beberapa kelebihan sebagai berikut :

1. Kemudahan Pada Saat Mengakses Pekerjaan

Kelebihan di saat menggunakan layanan ini adalah memudahkan di dalam mengakses pekerjaan dari mana saja, asalkan masih terhubung dengan jaringan internet. Hal ini juga sangat berguna untuk kebutuhan kerja di jarak jauh.

2. Dapat Diterapkan Pada Beberapa Perangkat

Salah satu fitur unggulan dari layanan ini adalah bisa digunakan di beberapa perangkat. Misalnya, Android, iOS, MacOS, Linux dan masih banyak yang lainnya lagi.

3. Akses Pada Windows 10

Pengguna juga bisa mendapatkan akses ke Windows 10 dan menikmati semua layanan yang handal dengan berbagai macam aplikasi. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menunjang produktivitas di dalam bekerja.

4. Data Lebih Rapi dan Terjamin Keamanannya

Pada saat menggunakan layanan Azure, masing-masing pengguna akan terhubung dengan virtual machine dan folder khusus. Maka dari itu, tidak ada data yang tumpang tindih.

Bahkan, para pengguna layanan ini juga akan mendapatkan akses ke beberapa fitur yang berfungsi untuk memberikan proteksi data. Sehingga, untuk semua data di dalamnya relatif aman.

5. Tidak Direpotkan dengan Pengelolaan Infrastruktur IT

Ketika perusahaan memutuskan untuk memanfaatkan teknologi virtual desktop dari Azure, maka tidak perlu repot lagi untuk mengurusi masalah pengelolaan infrastruktur IT. Hanya cukup di kenyamanan para karyawan di dalam penggunaan fitur.

6. Mempermudah Melakukan Beberapa Pekerjaan

Tidak sedikit orang yang  sudah terbiasa melakukan lebih dari satu pekerjaan di dalam waktu bersamaan. Sehingga, taskbar di perangkat berhimpitan karena banyaknya aplikasi yang dibuka. Layanan ini menjadi solusi bagi para pekerja yang hobi multitasking supaya bisa mengelompokkan aplikasi akan digunakan dan beberapa virtual desktop.

7. Lebih Hemat Biaya

Pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk proses instalasi infrastruktur IT atau perawatannya. Artinya, sobat maxcloud hanya perlu membayar layanan sesuai dengan banyaknya fitur yang digunakan saja.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai layanan cloud terkelola Azure. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi kepada sobat maxcloud.