Cloud storage merupakan pilihan yang paling tepat bagi sobat maxcloud yang ingin menyimpan file dengan aman secara online. Namun dengan banyaknya pilihan aplikasi cloud storage, sobat maxcloud pasti bingung harus memilih yang mana.

Jangan khawatir, karena di bawah ini sudah dirangkum 10 aplikasi cloud storage. Daripada yang penasaran, langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

3 Aplikasi Cloud Storage Terbaik

Sebagai berikut daftar aplikasi cloud storage yang bisa sobat maxcloud pilih dan gunakan :

1. Google Drive

Google Drive merupakan aplikasi cloud storage yang dikelola oleh Google. Selain itu, aplikasi penyimpanan cloud gratis ini juga memungkinkan sobat maxcloud untuk menyimpan berbagai jenis file secara online dan mengaksesnya dari mana saja.

Pada saat sobat maxcloud menggunakan Google Drive akan diberikan fitur kolaboratif agar bisa berbagi dokumen dan melakukan kolaborasi secara real time. Itu karena Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lain, seperti Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Drive, yaitu :

●      Fitur kolaboratif untuk berbagi dan mengedit dokumen secara bersamaan.

●      Integrasi dengan Google Docs, Google Sheets dan Google Slides.

●      Integrasi dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Microsoft Office, Adobe Creative dan lain-lain.

●      Opsi keamanan yang diberikan sudah canggih dengan verifikasi dua arah dan enkripsi data.

●      Kemampuan untuk melakukan sinkronisasi di antar perangkat.

●      Fitur pencarian, sehingga proses pencarian file bisa lebih mudah dan cepat.

●  Tersedia mode offline untuk mengakses file tanpa tersambung dengan koneksi internet.

Tidak hanya sekedar paham dengan fitur dari Google Drive saja. Ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus sobat maxcloud ketahui, ketika menggunakan Google Drive yaitu :

KelebihanKekurangan
Mudah digunakan dan diakses oleh beberapa platform.Ada batasan ukuran file yang bisa diupload.
Menawarkan fitur penyimpanan secara gratis sampai dengan 15GB.Membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk penggunaan optimal.
Bisa membagikan file kepada pengguna lain tanpa akun Google dengan membuat link dan akses tamu.Membutuhkan akun Google untuk bisa mengakses semua fitur di dalamnya.
Bisa mengontrol izin akses pengguna terhadap file yang dibagikan. Contohnya, melihat, mengedit dan download. 

Google Drive adalah aplikasi penyimpanan terbaik dan populer saat ini. Selain itu, layanan ini cocok digunakan jika sobat maxcloud telah menggunakan produk dari Google lainnya.

2. DropBox

DropBox adalah layanan penyimpanan berkas untuk menempatkan, mengakses dan membagikan secara online. Sobat maxcloud cukup unggah file ke server Dropbox, lalu membukanya dari website maupun aplikasi yang sudah kompatibel.

DropBox memberikan fitur kolaborasi dan versioning yang memungkinkan sobat maxcloud berbagi file. Selain itu, ada juga fitur sinkronisasi secara otomatis supaya versi terbaru file tersedia di semua perangkat. Ada beberapa fitur lain yang bisa digunakan oleh sobat maxcloud, yaitu :

●      Fitur versioning untuk merekam semua perubahan file.

●      Keamanan tingkat tinggi dengan enkripsi SSL atau TLS untuk proses transfer file.

●      Fitur paper untuk membuat dokumen dan catatan guna melakukan kolaborasi.

●      Integrasi dengan aplikasi Microsoft Office Online untuk edit dokumen langsung dari aplikasi DropBox.

●  Dukungan khusus untuk beberapa bisnis dan organisasi dengan fitur admin dan opsi kolaborasi tambahan.

Belum cukup, ketika sobat maxcloud hanya paham dengan beberapa fiturnya saja. Ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari DropBox yang harus sobat maxcloud ketahui, yaitu :

KelebihanKekurangan
Bisa melakukan transfer file sampai dengan ukuran 100GB.Fitur kolaborasi yang tidak selengkap aplikasi penyimpanan online lainnya.
Dapat mengatur penyimpanan lokal yang digunakan oleh perangkat.Opsi penyimpanan gratis hanya mempunyai ruang penyimpanan sebesar 2GB.
Memberikan dukungan terhadap berbagai ekstensi file, termasuk format RAW yang biasanya digunakan pada kamera.Harga yang relatif mahal dibandingkan dengan layanan cloud storage lain dengan kapasitas serupa.
Mendukung sampai dengan 300 ribu integrasi aplikasi dan layanan pihak ketiga.Reputasi sedikit tercoreng akibat kasus kebocoran data pelanggan.

3. OneDrive

OneDrive adalah aplikasi cloud storage yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan OneDrive, sobat maxcloud bisa mengakses dan mengelola file kapan dan dimana saja.

Sebagai produk dari Microsoft, OneDrive mempunyai integrasi yang kuat dengan layanan perusahaan tersebut. Hal ini memungkinkan sobat maxcloud untuk membuat, mengedit dan upload berkas dari platform yang sama. Ada beberapa fitur dari OneDrive, yaitu :

●      Fitur keamanan berlapis dari enkripsi dan kontrol akses yang ketat.

●      Kemampuan untuk mencadangkan file foto maupun video secara otomatis dari smartphone ke cloud

●      Opsi pengelolaan file yang lengkap, seperti memberikan label dan menandai file.

●      Integrasi dengan semua produk Microsoft, seperti Office, Windows, Outlook dan Skype.

●  Pilihan upgrade paket dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

KelebihanKekurangan
Bisa membantu di dalam memulihkan file yang hilang atau terhapus oleh cloud.Tidak bisa menentukan folder mana yang ingin di sinkronisasikan di dalam Onedrive versi desktop. 
Harga paket yang lebih murah dibandingkan beberapa layanan penyimpanan cloud lainnya.Integrasi yang jelek terhadap beberapa aplikasi, khususnya di lingkungan Apple.
Dapat menyimpan sekaligus memutar video dengan resolusi 4K secara online.Fitur kolaborasi masih kurang berkembang, terutama ketika dibandingkan dengan Google Drive. 
Tersedia pilihan untuk melakukan sinkronisasi file maupun folder secara spesifik ke perangkat yang terkoneksi.Terkadang agak lambat di dalam sinkronisasi atau upload file.

Itulah dia 3 aplikasi cloud storage yang bisa sobat maxcloud pilih dan gunakan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!