Jika membicarakan tentang website, tentunya akan bersinggungan dengan server, hosting dan domain. Berkaitan dengan hosting, apakah sobat maxcloud tahu perihal uji coba server VPS? Jika belum, dibawah ini akan membahas tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan.

Apa Itu Uji Coba Server VPS ?

Uji coba server VPS merupakan hosting secara keseluruhan teknologi dan kemampuan untuk virtual. Dari penggunaan resource yang bersifat private, maka tidak akan memberikan pengaruh terhadap user lainnya.

Bisa dikatakan, menggunakan uji coba server VPS karena memang server jenis ini tidak mempunyai fisik dan bersifat maya atau virtual. Berbeda dengan hosting jenis shared hosting yang bentuk fisiknya, sebagai pengguna bisa leluasa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan.

VPS hosting ini diciptakan untuk membuat virtual server dari server fisik. Jadi, resource yang sobat maxcloud miliki tidak bercampur dengan pengguna lainnya. Dengan menggunakan ruang virtual sendiri, maka memungkinkan untuk install OS atau software sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Fungsi Uji Coba Server VPS?

Setelah cukup paham tentang uji coba server VPS, ada baiknya sobat maxcloud juga tahu fungsinya. Fungsi utamanya, yaitu untuk menampung trafik menengah sampai dengan tinggi. Selain itu, berikut adalah fungsi server VPS yang harus sobat maxcloud ketahui :

1. Untuk Menampung Trafik Menengah Sampai Tinggi

Jika sobat maxcloud ingin membangun website dengan trafik yang tinggi, maka ada baiknya memilih jenis server hosting VPN terbaik. Sebaliknya, di saat sobat maxcloud sudah mempunyai website dengan hosting (share hosting) jangan khawatir dan bisa juga berpindah ke virtual hosting (VPS).

Bagaimana cara mengetahui jika trafik sudah terlalu tingg yang tidak bisa ditangani dengan share hosting? Biasanya, penyedia layanan hosting ini akan memberikan pemberitahuan jika website sobat maxcloud sudah tidak mampu menangani trafik yang terlalu tinggi

2. Untuk Web Hosting Skala Kecil

Server VPS juga cocok digunakan untuk sobat maxcloud yang mempunyai usaha di jasa pembuatan website kecil-kecilan. Artinya, sobat maxcloud bisa membuat hosting sendiri untuk website client sesuai dengan kapasitas VPS.

3. Untuk Menyimpan File Hosting

Jika berbicara mengenai hosting, tentunya berkaitan dengan media penyimpanan file. Sebenarnya, layanan tersebut bisa saja digunakan untuk menyimpan file pribadi. Namun, hal ini tidak menjadi bijak karena hosting sendiri diperuntukkan untuk kebutuhan website saja.

Tidak ada salahnya, sobat maxcloud menggunakan VPS untuk menyimpan file karena memang hal itu sudah menjadi hak untuk menggunakannya. Layaknya, seperti Google Drive, Dropbox dan lain-lain sebagai penyimpan file.

4. VPS Hosting untuk VPS

Saat ini sudah banyak para pengguna VPS yang memanfaatkan sebagai server yang digunakan untuk VPN. VPN disini digunakan sebagai jaringan private dan biasanya perusahaan menggunakannya untuk koneksi anggotanya. Dengan VPN ini perusahaan dapat berbagai file, dat dan lain-lain hanya khusus anggota supaya lebih aman.

5. Untuk Remote Desktop

Dengan menggunakan VPS, sobat maxcloud bisa mengakses maupun mengontrol server secara penuh kapan dan dimana saja.

6. Server Percobaan

Jika sobat maxcloud sedang mengembangkan software maupun aplikasi yang membutuhkan server, maka dengan VPS ini mumungkinkan untuk melakukan uji coba. Dengan VPS ini sobat maxcloud mempunyai virtual server dengan harga yang sangat terjangkau.

7. Backup

Banyak yang sudah menggunakan VPS sebagai backup file data dan salah satunya untuk menyimpan backup website. Saat sobat maxcloud mempunyai website, tentunya tidak ingin mengalami hal tidak diinginkan seperti terkena serangan hacker. Maka dari itu, bisa menggunakan VPS sebagai server cadangan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Uji Coba Server VPS

Sampai disini, sobat maxcloud sudah tahu tentang pengertian dan fungsi server VPS. Berikutnya, mari ketahui tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan VPS Server. Sebagai berikut penjelasan lengkapnya :

1. Kelebihan Menggunakan Server VPS

●      Dibandingkan dengan dedicated server, harganya relatif lebih terjangkau.

●      Untuk masalah kustomisasi sangat mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan.

●      Control yang penuh di konfigurasi server.

●      Diberikan kemudahan akses pada layanan penyedia web hosting.

●      Self-managed, fully managed atau on demand support.

●      Dibandingkan dengan dedicated hosting, server VPS pengaturan lebih cepat.

●  Mudah di dalam melakukan upgrade.

2. Kekurangan Menggunakan Server VPS

●      Tidak setangguh dedicated hosting.

●      Membutuhkan pengetahuan teknis secara teknis untuk pengaturan VPS.

●  Tidak mempunyai kendali di hard server, karena sifatnya virtual.

Tips Memilih Uji Server VPS

Memilih layanan server VPS yang tepat ini harus berdasarkan performa, kegunaan dan lain-lain. Supaya lebih jelas, berikut 7 tips memilih server VPS sesuai dengan kebutuhan :

1. Mempunyai Jaminan Uptime

Uptime merupakan indikator yang paling penting untuk menentukan penyedia layanan VPS dapat diandalkan. Artinya, uptime disini adalah layanan VPS berjalan mendapatkan jaminan bahwa servernya tidak akan down dengan persentase sampai dengan 99,99%.

2. Kapasitas Bandwidth

Bandwidth merupakan kecepatan maksimum halaman website dan bisa mengirimkan di dalam 1 detik. Dengan demikian, semakin besar bandwidth maka semakin cepat kecepatan transmisi.

3. Kapasitas Sumber Daya CPU dan RAM

VPS mempunyai sumber daya tersendiri yang tidak berbagi dengan pengguna lain, seperti shared hosting. Hal ini, dikarenakan VPS mempunyai performa tinggi. Semakin besar website atau aplikasi yang berjalan di VPS, tentunya akan membutuhkan kapasitas sumber daya CPU dan RAM yang lebih besar.

4. Jenis Storage

Sobat maxcloud juga harus mempertimbangkan jenis penyimpanan yang digunakan. Layanan VPS yang menggunakan SSD, tentunya lebih bisa diandalkan dibandingkan layanan VPS yang menggunakan HDD. Alasannya, SSD bisa puluhan kali lebih cepat dibandingkan HDD.

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai perihal uji coba server VPS. Semoga informasi diatas bisa membantu sobat maxcloud, khususnya yang ingin membuat website untuk bisnis.