Ketika membuat website maupun aplikasi, pastinya sobat maxcloud sering bertanya dimana sebaiknya website atau aplikasi tersebut berjalan. Dengan banyaknya pilihan provider, seperti shared hosting, dedicated hosting dan virtual server. Tentu sobat maxcloud minimal masing-masing harus tahu perbedaanya.

Bagi sobat maxcloud yang merupakan pendatang baru di dalam dunia cloud computing, tentunya masing asing dengan kepanjangan VPS. Melalui kesempatan kali ini akan dibahas secara mendalam mengenai kepanjangan VPS dan beberapa hal penting lainnya.

Apa Itu Kepanjangan VPS?

Kepanjangan VPS adalah Virtual Private Server.  Selain itu, VPS merupakan layanan server virtual yang mempunyai sumber daya yang terdedikasi khusus untuk satu pengguna.

Berbeda dengan shared hosting, dimana sumber daya komputasi yang sama digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan website yang berjalan diatas shared hosting bisa terganggu, ketika seandainya pengguna di dalam sumber daya sama menggunakan sumber daya secara besar.

Namun, shared hosting sangat cocok digunakan untuk mulai go-digital dan membuat website. Jika seandainya sobat maxcloud sudah mulai merasakan sumber daya di dalam shared hosting tidak lagi cukup untuk akomodasi traffic website atau aplikasi, maka bisa beralih menggunakan layanan dengan sumber daya dedicated hosting yang terpisah dengan pengguna lainnya seperti VPS.

Dengan VPS, sumber daya di semua server virtual tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya. Sehingga, menyebabkan website maupun aplikasi ini akan minim dari gangguan.

Sesuai dengan kepanjangan VPS di atas, bahwa VPS ini akan bertindak di lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi pada server. Private berarti, bahwa server sudah diisolasikan sumber dayanya adalah milik pribadi.

Terakhir server adalah komputer tempat dimana data hosting tersimpan dengan aman. Sehingga, menyebabkan VPS adalah sumber entitas server yang sudah terisolasi sumber dayanya dari server fisik dan menyebabkan sumber daya tersebut hanya bisa digunakan oleh satu pengguna dengan teknologi yang disebut dengan virtualisasi.

Cara Kerja VPS

VPS bekerja dengan cara melakukan virtualisasi di sebuah server fisik, dimana virtualisasi ini akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual. Sebagai contoh, misalnya sebuah server fisik dengan sumber daya  8 core CPU dan 8GB RAm akan di virtualisasi menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 core CPU dan 1GB RAM. Pada intinya, sobat maxcloud akan berbagi satu server yang sama tapi dengan sumber daya yang terisolasi yang hanya bisa sobat maxcloud gunakan sendiri.

Kelebihan VPS

VPS mempunyai sumber daya dedicated yang menyebabkan komputasi bisa berjalan lebih optimal, ketika dibandingkan dengan shared hosting. Akan tetapi, bukan cuman itu kelihan dari VPS. Sebagai berikut 4 kelebihan lain dari VPS :

1. Lebih Handal dan Aman

Dikarenakan terisolasi secara sumber daya dari pengguna lainnya, maka menyebabkan website atau aplikasi yang berjalan di VPS lebih handal. Apalagi, dengan fitur yang lebih banyak dan kemampuan untuk mengelola server hingga root ini menyebabkan VPS bisa fleksibel.

2. Lebih Siap Menampung Traffic

Dengan sumber daya dedicated juga menyebabkan website lebih aman, ketika menerima lonjakan traffic di dalam website maupun aplikasi. Seandainya terjadi lonjakan trafik, website tidak down karena sumber daya yang tersedia tidak dibagi dengan pihak lain.

Tentu saja, hal ini bukan satu-satunya faktor lainnya misalkan kapasita bandwidth yang diberikan. Jika bandwidth diberikan dengan kapasitas besar dan tanpa kuota, maka website atau aplikasi semakin siap menerima lonjakan trafik yang tinggi.

3. Kustomisasi Tinggi

Berbeda dengan shared hosting yang cukup terbatas dan hanya bisa digunakan untuk mengelola website, misalnya WordPress. Jika sobat maxcloud mencapai suatu keadaan dimana harus install software pihak ketiga pada server menggunakan konfigurasi khusus atau printilan tingkat lanjut lainnya terhadap server, maka harus menggunakan konfigurasi khusus.

Hal ini sangat menguntungkan, khusus sobat maxcloud yang ingin menjalankan website atau aplikasi yang lebih kompleks dimana mempunyai kebebasan untuk install software tambahan dari pihak ketiga. Seperti contohnya, kalau sobat maxcloud ingin mempunyai toko online baik berupa aplikasi atau website tentu harus memikirkan bagaimana cara pelacakan.

4. Lebih Hemat dan Lebih Efisien

Jika dibandingkan dengan server sendiri tentu saja biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih tinggi, tapi dengan VPS sobat maxcloud mempunyai kapabilitas dari sebuah server fisik dengan biaya lebih terjangkau. Apalagi, sumber daya pada VPS ini bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini juga akan menyebabkan efisiensi sumber daya, karena sobat maxcloud tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan server dengan semua kemampuannya. Apalagi, biasanya jika sobat maxcloud menggunakan VPS belum tentu akan menggunakan semua sumber daya di server tersebut secara maksimal. Jadi, intinya, sobat maxcloud hanya akan membayar mahal untuk sesuatu yang sebenarnya belum dibutuhkan.

Kelebihan Menggunakan VPS

Ada beberapa kelebihan di saat menggunakan VPS, sebagai berikut :

●      Lebih cepat dan handal daripada server shared hosting.

●   Jaminan resource server, seperti memori atau processing power. Sehingga, fluktuasi di resource yang tersedia berkurang bahkan tidak ada.

●  Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak memberikan pengaruh terhadap situs.

●      Sobat maxcloud akan mendapatkan akses superuser (root) ke server.

●  Privasi lebih terjamin, sebagaimana file dan database tersimpan serta tersembunyi dari user server lainnya.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai kepanjangan VPS dan perihal penting lainnya. Semoga informasi diatas mengenai kepanjangan VPS ini bisa membantu sobat maxcloud yang masih awam dengan layanan hosting tersebut.