Terkadang sobat maxcloud butuh untuk restart pada sebuah hosting. Biasanya, hal ini perlu sobat maxcloud lakukan ketika ada perubahan konfigurasi besar atau penginstalan pada web. Lantas, bagaimana cara me-restart VPS Windows yang aman? Simak terus penjelasan lengkapnya dibawah ini. 

Kenapa Harus Melakukan Restart Server VPS Windows 

Sebelum membahas mengenai cara melakukan restart VPS di Windows, sobat maxcloud harus tahu beberapa manfaatnya terlebih dahulu yaitu : 

1. Menjaga Server Supaya Tetap Prima 

Seperti yang sobat maxcloud ketahui, VPS merupakan server virtual. Meski begitu, VPS tetap dibekali CPU, RAM dan SSD seperti server fisik. Nah, untuk beberapa komponen tersebut pastinya akan bekerja secara terus menerus di semua aktivitas server. 

Otomatis, performa server akan menurun seiring berjalannya waktu. Cara restart VPS ini bisa menghentikan aktivitas yang membebani CPU dan RAM server secara sementara. Sehingga, kinerja VPS sobat maxcloud akan kembali prima dan segar seperti sedia kala. 

2. Mengaktifkan Konfigurasi Baru 

Mengelola VPS tidak lepas dari melakukan konfigurasi dasar pada VPS atau hal lain yang lebih kompleks. Akan tetapi tidak jarang, ada beberapa perubahan settingan membutuhkan restart supaya server bisa mengaktifkan konfigurasi yang baru. 

Misalnya, ketika sobat maxcloud mencoba mengganti password VPS. Setelah mengubah password, sobat maxcloud diwajibkan untuk melakukan restart VPS. Tanpanya, perintah merubah password sobat maxcloud tidak akan diterjemahkan dengan baik oleh server. 

3. Mengatasi Error VPS

Mengingat VPS bisa membebaskan sobat maxcloud melakukan konfigurasi semuanya sendiri. Artinya, bisa jadi sobat maxcloud menemukan banyak sekali error. Baik itu, karena kurang teliti ketika menjalankan perintah atau servernya sendiri yang sedang bermasalah. 

Nah, restart VPS ternyata dapat menyelesaikan beberapa kendala di server VPS. Salah satu contohnya adalah muncul tulisan “network error (tcp_error) VPS. Dari beberapa solusi yang ada, melakukan restart VPS ini menjadi salah satu solusi bisa sobat maxcloud lakukan. 

Itu dia beberapa kegunaan dan manfaat melakukan restart VPS. Setelah ini, sobat maxcloud akan langsung belajar cara restart VPS Windows secara lengkap dan jelas. 

Cara Me-Restart VPS Windows Menggunakan KVM 

Ada dua model virtualisasi yang bisa sobat maxcloud pilih disaat akan menjadikan VPS sebagai model hosting, yaitu Legacy VPS (Openvz) dan KVM VPS.  Virtuozzo (VZ) berbasis di platform Linux, sedangkan KVM VPS menyediakan pilihan  pada platform Windows. Ada 3 cara me-restart VPS Windows yang bisa sobat maxcloud pilih san gunakan : 

1. Restart VPS Menggunakan WHM 

WHM adalah metode yang paling umum sobat maxcloud gunakan dengan mudah untuk mengakses restart server. Selain itu, WHM juga berfungsi sebagai control dashboard agar pengguna mudah untuk mengelola situsnya yang berbasis cPanel. Untuk cara me-restart VPS Windows, silahkan ikuti beberapa langkah sebagai berikut : 

●   Silahkan login WHM menggunakan akses root terlebih dahulu. 

●   Selanjutnya di bagian sidebar sebelah kiri, sobat maxcloud visa memilih menu “system reboot”. 

●   Lalu, klik “graceful server reboot”. 

●   Kemudian akan muncul peringatan “warning : this will reboot your system!” dan klik menu “proceed”. 

●   Setelah sobat maxcloud eksekusi, maka servernya akan di restart dan harus login ulang menggunakan WHM. 

●   Tunggu sejenak dan server sudah siap untuk digunakan lagi.

2. Restart VPS Menggunakan Command Line (SSH) 

Secure Shell atau SSH adalah protokol administrasi remot terenkripsi yang memungkinkan para penggunanya untuk mengontrol serta memodifikasi saver. Maka dari itu, secara remote sobat maxcloud bis membedakan jaringan mana yang lebih aman dan berbasis command line. Sebagai berikut cara me-restart VPS Windows menggunakan SSH command line : 

●   Login ke SSH dengan akses root terlebih dahulu. 

●   Setelah muncul tampilan “command line”, sobat maxcloud bisa memasukkan perintah “reboot”. 

●   Perintah tersebut akan menghasilkan sistem untuk melakukan restart. 

●   Apabila sistem melakukan restart server, sobat maxcloud juga akan terputus dari server. Jika sobat maxcloud ingin melakukan tindakan tambahan seperti konfigurasi atau instalasi, maka bisa melakukan login ulang setelah proses reboot selesai dilakukan. 

 3. Restart VPS Melalui Customer Portal 

Cara me-restart VPS Windows yang paling akhir adalah menggunakan customer portal. Selain itu, cara ini paling mudah dilakukan oleh para pengguna VPS. Alasannya, karena sobat maxcloud hanya perlu “meminta server” untuk di restart oleh pihak penyedia hosting di tempat berlangganan. Sebagai berikut cara yang harus sobat maxcloud lakukan : 

●   Login ke customer portal sobat maxcloud. 

●   Klik menu “hosting” yang terletak di menu sidebar sebelah kiri. 

●   Pilih menu “manage” di paket VPS yang ingin sobat maxcloud restart. 

●   Kemudian klik menu “request server reboot”. 

●   Setelah sobat maxcloud klik tombolnya, maka akan mendapatkan konfirmasi bahwa server akan segera di restart. 

●   Tunggu sejenak sampai dengan proses restart server VPS sudah selesai dilakukan.

Pada cara yang terakhir ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Artinya, sobat maxcloud harus memperhatikan control panel hosting di layar perangkat yang akan dilakukan restart. 

Tiga cara yang sudah disebutkan diatas adalah paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Apalagi, di setiap cara diatas sangat mudah sekali digunakan dan tidak ribet sama sekali. 

Apabila sobat maxcloud masih bingung dengan cara restart diatas, maka bisa melihat tutorial video di beberapa halaman internet. Lakukan semua langkah-langkah restart di atas supaya bisa berjalan dengan lancar. 

Jadi, manakah cara me-restart VPS Windows yang akan sobat maxcloud gunakan? Silahkan sesuai dengan kebutuhan dan layanan penyedia hosting yang sobat maxcloud gunakan.