Prosesor Intel core i5 gen 10 ini sering dikenal dengan kode “comet lake”. Intel core i5 gen 10 merupakan serangkaian CPU yang resmi dirilis oleh Intel pada tahun 2019 lalu. Di dalam prosesor ini mempunyai desain untuk beberapa macam komputer, laptop dan desktop.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai fitur Intel core i5 gen 10 dan hal penting lainnya. Bagi sobat maxcloud yang ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai prosesor satu ini, maka bisa langsung simak dibawah ini. 

 Alasan Membeli Intel Core i5 Gen 10

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Intel core i5 gen 10 mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya. Ada beberapa alasan, kenapa sobat maxcloud harus membeli Intel core i5 gen 10 :

1. Prosesor 10nm Pertama

Intel core i5 gen 10 mendapatkan lebih banyak sorotan dibandingkan sebelumnya. Untuk salah satu alasannya, karena Intel core i5 gen 10 mempunyai prosesor 10nm pertama yang diproduksi resmi oleh Intel.

Meski Intel core i5 gen 10 mempunyai komponen yang lebih kecil, tapi banyak transistor di dalamnya. Artinya, untuk kinerja prosesor juga bisa akan meningkat. Dengan prosesor yang lebih kecil, maka produsen laptop juga tetap bisa membuat perangkat tersebut lebih tipis dan ringan tanpa mengorbankan daya kinerja.

2. Mendukung Memori yang Lebih Cepat

Perubahan yang berhasil mendapatkan respon positif dari Intel core i5 gen 10 adalah mempunyai dukungan RAM LPDDR4X. Dengan hal terbaru ini, maka memori bandwidth dari Intel core i5 gen 10 berkurang sampai 50% dan dapat meningkatkan kinerja aplikasi.

Keuntungan lain yang akan didapatkan pada saat menggunakan Intel core i5 gen 10 adalah jumlah memori. Pada LPDDR3, untuk maksimum RAM yang dapat digunakan adalah 16GB. Sedangkan, LPDDR4X jumlahnya bisa bertambah lebih banyak.

3. Mesin Grafis yang Terintegrasi

Khusus untuk seri Intel core i5 gen 10, prosesor satu ini sudah dibekali dengan CPU dengan tujuan baterai menjadi lebih irit. Mesin grafis yang terintegrasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja gaming.

Bahkan, sobat maxcloud juga bisa bermain game Fortnite tanpa harus membeli GPU tambahan. Selain gaming, Intel core i5 gen 10 juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan penyuntingan video 4K sampai pemrosesan dengan resolusi tinggi.

4. Performa Lebih Cerdas

Intel core i5 gen 10 tidak hanya dapat digunakan untuk meningkatkan performa menjadi lebih kencang. Akan tetapi, prosesor satu ini sudah menggunakan teknologi AI yang membuat prosesor bekerja lebih cerdas dan efisien.

Ketika sobat maxcloud menggunakan Intel core i5 gen 10, maka akan diberikan fitur Intel Deep Learning Boost yang akan mempercepat jaringan saraf pada komponen CPU. Dengan fitur ini, maka prosesor ini akan memaksimalkan responnya terhadap beberapa tugas intensif.

Misalnya, peningkatan gambar otomatis, pengindeksan foto dan efek photorealistic. Intel core i5 gen 10 mengklaim, bahwa fitur diatas bisa memberikan peningkatan kerja sampai dengan 8 kali lebih kencang dibandingkan kompetitor.

Ada juga fitur Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA) di dalam Intel core i5 gen 10. Fitur ini adalah mesin khusus untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang dan bisa mengurangi dalam konsumsi baterai.

5. Konektivitas Terbaru

Konektivitas yang luas ini menjadi daya tarik dari Intel core i5 gen 10. Bahkan, Intel core i5 gen 10 bisa membaca sampai dengan empat port thunderbolt 3. Artinya, untuk para pengguna bisa menghubungkan lebih banyak eksternal.

Untuk Thunderbolt 3 ini bisa empat kali lebih kencang dibandingkan dengan USB 3.1. Intel core i5 gen 10 juga bisa terintegrasi dengan Wi-FI 6 yang menjanjikan kecepatan internet yang lebih ngebut lagi.

Fitur Pada Intel Core i5 Gen 10

Di saat sobat maxcloud memilih menggunakan prosesor Intel core i5 gen 10, maka ada beberapa fitur yang bisa digunakan pada saat ingin menjalankan suatu aktivitas. Berikut adalah 10 fitur yang dimiliki oleh Intel core i5 gen 10 :

1. Arsitektur : Prosesor Intel core i5 gen 10 ini menggunakan arsitektur yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu Coffee Lake. Akan tetapi, ada perbaikan di dalam perihal kinerja dan efisiensi daya.

2. Jumlah Inti : Prosesor Intel core i5 gen 10 biasanya mempunyai 4-6 inti (cores) atau bergantung dengan modelnya. Hal ini memungkinkan untuk kinerja multitugas menjadi lebih baik lagi.

3. Kecepatan Clock : Kecepatan clock dasar dan kecepatan turbo ini tidak sama atau berbeda-beda Biasanya tergantung dengan model prosesor yang digunakan. Di dalam prosesor Intel core i5 gen 10, sobat maxcloud mempunyai kemampuan Turbo Boost untuk meningkatkan kecepatan clock di saat sedang dibutuhkan.

4. Daya TDP : Prosesor satu ini mempunyai beberapa tingkat daya termal yang tidak sama. Selain itu, komponen satu ini memberikan pengaruh terhadap seberapa panas dan banyak daya yang dikonsumsi oleh prosesor.

5. Grafis Terpadu : Bagian besar dari Intel core i5 gen 10 ini sudah dilengkapi dengan teknologi UHD. Maka dari itu, di saat sobat maxcloud menggunakan Intel core i5 gen 10 ini bisa dibantu di dalam menyelesaikan beberapa tugas grafis.

6. Dukungan Memori : Prosesor Intel core i5 gen 10 mendapatkan dukungan DDR4 RAM dengan beberapa kecepatan dan bergantung di dalam chipset motherboard yang digunakan.

7. Socket : Prosesor Intel core i5 gen 10 sudah menggunakan soket LGA 1200 yang membutuhkan motherboard.

Prosesor Intel core i5 gen 10 memberikan penawaran kinerja yang baik di dalam menyelesaikan beberapa tugas sehari-hari. Misalnya, pemrosesan data, produktivitas kantor dan hiburan multimedia.

Namun, pastikan untuk sobat maxcloud memilih model sesuai dengan kebutuhan komputasi dan kompatibel dengan motherboard yang digunakan. Semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi sobat maxcloud, khususnya yang masih awam.