Apa yang dimaksud dengan konsep cloud computing? Pertanyaan satu ini mungkin terlintas dipikiran sobat maxcloud, ketika mendengar istilah sedang populer di dalam dunia komputer.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan konsep cloud computing sebagai salah satu manajemen datanya. Alasannya terletak di dalam kelebihan yang dimiliki oleh cloud computing, yaitu kapasitas penyimpanan cukup besar tapi harganya terjangkau.

Lantas, apakah sebenarnya konsep cloud computing? Untuk penjelasan lebih lengkap dan jenisnya, maka sobat maxcloud bisa simak dibawah ini.

Pengertian Konsep Cloud Computing

Konsep cloud computing adalah kombinasi dari dari teknologi komputer dan internet yang memberikan layanan melalui internet. Sedangkan, untuk istilah lain cloud di dalam cloud computing adalah layanan komputasi berbasis internet.

Cloud computing berbeda dari server konvensional yang perlahan sudah mulai ditinggalkan oleh perusahaan. Perbedaanya terletak pada jumlah dana yang sudah dikeluarkan. Server konvensional mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan dana besar agar bisa membeli server, router dan lain-lain.

Macam-Macam Konsep Cloud Computing

Ada tiga konsep cloud computing yang bisa dipilih oleh sobat maxcloud, yaitu :

1. Software-as-as-Service (SaaS)

Software-as-a-Service (SaaS) adalah konsep cloud computing yang menggunakan lisensi dari penyedia layanan tersebut. Untuk lisensi ini harus didapatkan dari metode langganan agar bisa menggunakan semua fitur.

2. Platform-as-a-Service (PaaS)

Platform-as-a-Service (PaaS) hampir terlihat sama dengan SaaS, karena menggunakan metode lisensi. Perbedaanya adalah pengguna PaaS mendapatkan lisensi melalui perangkat lunak maupun aplikasi platform yang digunakan.

3. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

Infrastructure-as-a-Service (IaaS) adalah server fisik atau virtual dari cloud. Jenis layanan yang satu ini lebih praktis, karena semua kebutuhan pengguna sudah ada di dalam sistem cloud computing tersebut.

Tipe Cloud Computing

Tipe cloud computing dibagi menjadi empat kategori yang berdasarkan dengan privasinya. Ada 4 tipe cloud computing yang bisa dipilih oleh sobat maxcloud, sebagai berikut :

1. Public Cloud

Tipe public cloud kali ini bersifat publik dan mempunyai infrastruktur jaringan yang tersebar secara global. Artinya, semua orang bisa mengakses public cloud selama masih terhubung dengan jaringan internet. Bagi sobat maxcloud yang ingin menggunakan public cloud ini tidak akan dikenakan biaya atau gratis, akan tetapi ada juga yang berbayar ingin menikmati semua fitur tambahannya.

2. Private Cloud

Private Cloud adalah tipe cloud computing yang bersifat pribadi dan hanya bisa diakses oleh pihak administrator. Selain itu, private cloud juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintah. Sobat maxcloud harus membeli dari penyedia layanan cloud computing, ketika ingin menggunakan tipe satu ini.

3. Hybrid Cloud

Hybrid Cloud adalah kombinasi dari tipe public cloud dan private cloud. Di dalam kombinasi tersebut, private cloud mempunyai peran sebagai infrastruktur utama dan public cloud berperan sebagai cadangan saja. Hybrid Cloud banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi sehari-hari dan salah satunya adalah penyimpanan data.

4. Community Cloud

Layanan cloud yang satu ini hanya didedikasikan untuk satu komunitas, organisasi maupun institusi saja. Pihak internal organisasi pada umumnya akan menjadi administrator community cloud, akan tetapi ada juga pihak ketiga yang turun tangan untuk mengelolanya.

Fungsi Menggunakan Konsep Cloud Computing

Cloud computing mempunyai banyak fungsi di dalam mengolah data perusahaan. Sebagai berikut beberapa fungsi menggunakan konsep cloud computing :

1. Meningkatkan Keamanan Data

Cloud computing mempunyai tingkat keamanan data yang lebih terjamin dan diantisipasi langsung oleh cloud sistem. Sistem keamanan seperti enkripsi data ini berguna untuk memastikan keamanan agar tidak mudah dibaca oleh pihak tidak diinginkan. Sistem yang kuat juga bisa memberikan jaminan agar para peretas tidak kesulitan di dalam menembus keamanan database cloud.

2. Mempermudah Akses Data

Sobat maxcloud bisa lebih fleksibel di dalam mengakses data yang tersimpan di dalam cloud computing. Bahkan, di saat menggunakan konsep cloud computing ini sobat maxcloud tidak perlu melihat lokasi dan waktu.

Akses datanya juga bisa dilakukan dari perangkat portabel, seperti smartphone dan laptop selama masih terhubung dengan jaringan internet. Kapasitas penyimpanan yang berbentuk virtual ini akan mempermudah pengguna di dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Menyediakan Penyimpanan Tidak Terbatas

Kapasitas penyimpanan yang relatif besar ini menjadi salah satu solusi bagi perusahaan dengan jumlah data pasif. Sobat maxcloud juga tidak harus mempunyai perangkat keras yang banyak hanya untuk melakukan penyimpanan data. Penyimpanan yang tidak terbatas ini juga membuat cloud computing cocok untuk dipilih oleh sistem akademik.

4. Mempermudah Kolaborasi

Kerjasama atau kolaborasi bersama tim ini lebih mudah menggunakan konsep cloud computing. Setiap anggota maupun tim bisa melihat berbagi informasi platform berbasis cloud. Sistem yang lebih dan canggih juga mempermudah setiap anggota untuk bertukar data ke cloud dengan mudah.

Komponen Di Dalam Cloud Computing

Ada lima komponen yang harus ada di dalam operasional cloud computing, yaitu perangkat keras, jaringan perangkat, penyimpanan server dan alat virtualisasi. Berikut penjelasan mengenai kelima komponen tersebut :

●      Perangkat keras  adalah dasar atau fondasi infrastruktur cloud. Fungsinya, yaitu untuk menyimpan kode dan fungsi di dalam sistem yang akan sobat maxcloud bangun.

●      Jaringan perangkat adalah komponen penting di dalam membangun sistem cloud computing. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai alat transmisi dan komunikasi untuk melakukan koordinasi dari beberapa perangkat yang terhubung.

●      Penyimpanan berfungsi supaya sistem cloud computing bisa menyimpan data secara online. Selain itu, pengguna juga bisa menambah atau menghapus data tanpa harus menambah perangkat keras di saat menggunakan cloud computing.

●      Server berfungsi untuk menyediakan layanan tertentu bagi perangkat dan menjadi pusat informasi dari sistem cloud computing yang digunakan. Sobat maxcloud juga bisa mengatur semua aktivitas di dalam server tersebut.

●  Alat Virtualisasi adalah komponen cloud computing yang mencakup virtualisasi, desktop dan penyimpanan aplikasi. Di dalam konsep ini juga menggunakan sumber data online agar proses cloud computing bisa berjalan dengan cepat.

Sekian penjelasan mengenai konsep cloud computing dan beberapa hal penting lainnya. besar harapan bisa membantu sobat maxcloud, khususnya para developer pemula.