Intel uhd graphics 620 merupakan salah satu teknologi grafis terintegrasi yang ditemukan oleh proses Intel. Di dalam kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan dari intel uhd graphics 620. Sedangkan, untuk sobat maxcloud yang ingin tahu mengenai tiga hal penting tersebut bisa simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu Intel UHD Graphics 620

Intel uhd graphics 620 adalah solusi grafis saling terintegrasi yang memberikan performa baik terhadap tampilan komputer atau laptop. Selain itu, teknologi satu ini dirancang untuk memberikan pengalaman visual yang lebih baik terhadap beberapa aplikasi. Misalnya, game, video dan beberapa tugas multimedia yang lainnya.

Dengan adanya teknologi ini, sobat maxcloud bisa menikmati konten multimedia dengan resolusi tinggi, yaitu 4K. Sedangkan, untuk kecepatan refresh rate nya mencapai 60 Hz.

Pada saat menggunakan intel uhd graphics 620, sobat maxcloud juga akan diberikan dukungan oleh DirectX 12 dan Opengl 4.4. Sehingga, sobat maxcloud bisa menjalankan berbagai aplikasi grafis modern tanpa adanya masalah sama.

Kelebihan Menggunakan Intel uhd graphics 620

Setelah paham mengenai pengertian, maka untuk pembahasan lain dilanjutkan dengan kelebihannya. Ada beberapa kelebihan di saat menggunakan intel uhd graphics 620, yaitu :

●    Mempunyai performa grafis yang baik : Intel uhd graphics 620 memberikan penawaran performa yang baik di beberapa tugas multimedia, seperti pemutaran video dan game.

●  Dukungan resolusi tinggi : Teknologi ini mendukung atau memberikan resolusi sampai 4K pada refresh rate 60 Hz. Sehingga, sobat maxcloud bisa menikmati konten dengan kualitas gambar yang sangat baik.

●  Kompatibilitas : Intel uhd graphics 620 sudah kompatibel dengan berbagai aplikasi dan sistem. Maka dari itu, sobat maxcloud bisa menggunakan teknologi satu ini tanpa adanya masalah.

Kekurangan Menggunakan Intel Graphics 620

Meski sudah ada beberapa kelebihan saat menggunakan intel uhd graphics 620, akan tetapi masih mempunyai beberapa kekurangan. Sebagai berikut kekurangan di saat sobat maxcloud menggunakan Intel uhd graphics 620 :

●   Performa Terbatas untuk Game Berat : Meskipun Intel uhd graphics 620 setara dengan mampu menjalankan beberapa game ringan dengan baik. Namun, performanya terbatas untuk beberapa game berat atau grafis yang intensif.

●  Tidak mendukung VR : Teknologi yang satu ini tidak mendapatkan dukungan virtual reality. Sehingga, sobat maxcloud tidak bisa menggunakan headset VR dengan laptop atau komputer di saat menggunakan teknologi satu ini.

Perbandingan Antara Intel uhd graphics 620 dan Intel Iris Plus Graphics 640

Intel uhd graphics 620 dan intel iris plus graphics 640 merupakan dua pilihan grafis terintegrasi lainnya yang ditemukan oleh prosesor Intel. Sebagai berikut merupakan perbandingan diantara dua teknologi tersebut :

●  Frekuensi Dasar : Kedua teknologi tersebut mempunyai grafis dengan frekuensi dasar 300 MHz.

●    Frekuensi Dinamis Maksimum : Untuk Intel uhd graphics 620 mempunyai frekuensi dinamis maksimumnya berada sekitar 1.00 – 1.15 Ghz. Sedangkan, untuk Intel Iris Plus Graphics 640 memiliki frekuensi dinamis maksimum berkisar antara 950 MHz-1.10 GHz.

●   Memori Video Maksimum : Kedua grafis tersebut mempunyai memori video maksimum sebesar 32GB.

● Output :  Intel uhd graphics 620 mendukung pada output eDP/DP/HDMI/DVI. Sedangkan, untuk intel iris plus graphics 640 juga sama-sama mempunyai dukungan output yang sama.

●     Dukungan Resolusi 4K : Kedua grafis ini mendapatkan dukungan resolusi 4K di dalam refresh rate 60Hz.

● Resolusi Maksimum HDMI 1.4 dan DP : Untuk HDMI 1.4, resolusi maksimumnya adalah 4096 x 2304 @24HZ. Sedangkan, untuk DP resolusi maksimumnya adalah 4096 x 2304 @60HZ.

● Dukungan DirectX 12 dan OpenGL 4.4 : Keduanya sama-sama mendapatkan dukungan DirectX12 dan OpenGL 4.4.

●  Fitur Tambahan : Keduanya mendapatkan dukungan fitur, seperti Intel Quick Sync Video, Intel in Tru 3D, Intel Clear Video HD Technology dan Intel Clear Video Technology.

●  Jumlah tampilan yang Didukung “ Kedua teknologi tersebut sama-sama mendapatkan dukungan sampai dengan 3 tampilan.

Fitur Unggulan Pada Intel UHD 620

Selain mempunyai kelebihan dan kekurangan, Intel uhd graphics 620 tetap mempunyai beberapa fitur unggulan. Berikut adalah beberapa fitur unggulan di saat menggunakan Intel uhd graphics 620 :

● High Dynamic Range (HDR) yang digunakan untuk memberikan pengalaman tampilan lebih realistis lagi.

●   Intel Quick Sync Video digunakan untuk melakukan encoding dan decoding video agar bisa berlangsung dengan cepat.

●   HDMI 2.0a dengan HDCP 2.2 digunakan untuk memberikan tampilan 4K menjadi lebih baik

●  Intel Flex Memory Access untuk melakukan alokasi memori agar lebih fleksibel.

Sesuai dengan informasi yang sudah dijelaskan diatas, Intel uhd graphics 620 merupakan kartu grafis mumpuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak membutuhkan kinerja grafis terlalu tinggi. Akan tetapi, ketika sobat maxcloud membutuhkan grafis yang lebih tinggi seperti gaming atau rendering grafis yang berat sebaiknya memilih kartu grafis lainnya. Maka dari itu, di dalam pemilihan kartu grafis yang tepat ini harus disesuaikan lagi dengan kebutuhan.

Adanya informasi dari pembahasan diatas, maka dapat diketahui bahwa Intel uhd graphics 620 setara dengan teknologi baru yang diciptakan guna memenuhi kebutuhan para pengguna akan kualitas gambar lebih baik dan respon cepat. Sekian penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan dan fitur dari Intel uhd graphics 620. Besar harapan bisa memberikan informasi tambahan bagi sobat maxcloud, khususnya yang belum banyak paham di saat ingin memilih kartu grafis untuk komputer atau laptop.