Laptop adalah kebutuhan penting dan krusial bagi semua kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, pasalnya hampir semua kegiatan sekarang dilakukan secara daring atau virtual. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, mencari hiburan dan pembelajaran daring.

Tidak jarang, sebagai para pelajar atau mahasiswa harus melakukan pekerjaan secara multitasking dan salah satunya adalah pembelajaran lewat zoom atau Google Meet sembari membuka file software lain. Perihal tersebut, memakan kinerja laptop yang tidak sedikit.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan membahas perihal kelebihan dan kekurangan intel celeron n4000. Sedangkan, untuk sobat maxcloud yang ingin tahu lebih lengkap mengenai prosesor intel celeron n4000 bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Mengenal Intel Celeron N4000

Intel celeron n4000 sering sekali dikaitkan dengan performa yang buruk dan lambat. Banyak juga dari kalangan masyarakat yang menganggap Intel Celeron sebagai produk gagal, tapi pada nyatanya prosesor ini tidak sepenuhnya gagal.

Intel celeron N4000 adalah mikroprosesor buatan Intel yang menggunakan arsitektur dari Intel Pentium 2. Akan tetapi, dengan sedikit pengurangan memori demi mempertahankan harga yang lebih murah lagi.

Pada prosesor yang satu ini berada di kelas low-end dan ditujukan untuk laptop tidak membutuhkan kinerja lebih berat. Seperti halnya menjalankan microsoft office untuk mengetik atau hanya sekedar browsing ringan. Sedangkan, untuk keperluan bermain game atau gaming ini tidak disarankan meski masih bisa menjalankan game ringan seperti GTA San Andreas, CSGO dan lain-lain.

Kelebihan Menggunakan Intel Celeron N4000

Menggunakan intel celeron n4000 akan diberikan beberapa kelebihan, seperti hemat listrik karena kinerjanya yang tergolong ringan. Selain itu, di saat memilih intel celeron n4000 ini bisa lebih dingin dan tidak mudah rusak karena overheat.

Harganya yang dimiliki oleh intel celeron n4000 juga lebih murah agar mudah dijangkau oleh banyak orang. Dengan harga yang mudah dipasaran, seharusnya sobat maxcloud tidak banyak ekspektasi lebih pada performanya.

Maka dari itu, untuk prosesor intel celeron n4000 sangat cocok di dalam memenuhi keperluan ringan seperti halnya mengetik microsoft word, browsing ringan dan lain-lain. Meski intel celeron n4000 menjadi generasi awal terkenal dengan lambatnya performa, akan tetapi generasi ini lebih menonjolkan perkembangan.

Sebut saja intel celeron n4000 memberikan penawaran kecepatan lebih tinggi 200 MHz dibandingkan dengan pendahuluanya. Intel celeron n4000 menjadi pilihan yang paling tepat bagi pengguna yang membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai awet serta murah. Akan tetapi, intel celeron n4000 tidak cocok digunakan untuk keperluan komputasi yang berat.

Kekurangan Menggunakan Intel Celeron N4000

Beralih ke kekurangannya, intel celeron n4000 ini mempunyai beberapa kekurangan yang membuat penggunanya berpikir apakah akan membelinya atau tidak. Selain itu, intel celeron n4000 juga mempunyai performa jauh dibawah seri lainnya.

Ada beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh intel celeron n4000 lebih canggih. Intel celeron n4000 secara sederhana memang bagian dari pentium lebih baru, tapi halnya bermain game untuk celeron masih kalah jauh.

Pentium bisa lebih diandalkan di dalam masalah performa gaming, karena spesifikasinya lebih tinggi. Intinya, untuk intel celeron n4000 ini tidak cocok untuk memainkan game berat seperti triple AAA.

Bagi sobat maxcloud yang berniat untuk multitasking seperti menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Intel celeron n4000 ini tidak begitu cocok mengingat basisnya single core yang mana hanya bisa lebih optimal mengerjakan satu task saja di setiap waktunya.

Intel celeron n4000 memang bagus, ketika ditujukan untuk para pelajar sd dan smp atau orang-orang yang tidak terlalu membutuhkan komputasi terlalu berat, misalnya mengetik berkas. Sedangkan, untuk keperluan multitasking tidak begitu disarankan, khususnya untuk anak kuliah dimana sering membuka banyak aplikasi dalam bersamaan.

Cara Menggunakan Intel Celeron N4000 dengan Efektif

Setelah paham mengenai kelebihan dan kekurangan di saat menggunakan intel celeron n4000, maka untuk hal penting lain yang juga harus dipahami adalah cara menggunakan. Berikut cara menggunakan intel celeron n4000 :

1. Pastikan perangkat komputer atau laptop sobat maxcloud sudah dilengkapi dengan prosesor intel celeron n4000.

2. Melakukan pembaharuan driver dan sistem operasi sobat maxcloud pada versi terbaru untuk mendapatkan kinerja lebih optimal.

3. Menggunakan aplikasi pengoptimalan sistem untuk membersihkan semua file sampah dan meningkatkan kecepatan pada perangkat komputer atau laptop.

4. Mengatur preferensi daya pada pengaturan sistem agar sesuai dengan kebutuhan sobat maxcloud.

5. Membatasi jumlah program yang dapat berjalan secara bersamaan untuk menghindari beban kerja yang berlebihan di dalam prosesor tersebut.

6. Menggunakan browser web yang ringan dan hemat sumber daya, misalnya Google Chrome atau Mozilla Firefox.

7. Menghindari menjalankan aplikasi maupun game yang membutuhkan sumber daya komputer tinggi.

8. Melakukan pembersihan secara rutin di dalam perangkat sobat maxcloud untuk menjaga kinerja prosesor agar tetap lebih optimal.

Intel celeron n4000 merupakan prosesor yang cocok digunakan di perangkat laptop atau notebook di dalam penggunaan sehari-hari. Meski mempunyai beberapa kelebihan, seperti efisiensi energi yang tinggi dan harga terjangkau di dalam prosesor ini mempunyai batasan di dalam masalah performa. Ketika sobat maxcloud membutuhkan prosesor dengan performa tinggi, maka bisa mempertimbangkan menggunakan intel celeron n4000.

Di dalam menggunakan intel celeron n4000, pastikan sobat maxcloud mengikuti cara menggunakan diatas agar mendapatkan kinerja maksimal. Dengan demikian, sobat maxcloud bisa menjalankan tugas sehari-hari dengan lancar dan efisien.