Pada saat membicarakan mengenai jaringan cloud computing, mungkin yang terlintas di pikiran adalah media penyimpanan data. Pemahaman perihal tersebut tidak salah, karena jaringan cloud computing memang digunakan sebagai database dengan layanan digital. 

Siapa saja bisa menggunakan jaringan cloud computing termasuk perusahaan skala kecil dan besar. Pada umumnya untuk perusahaan akan menggunakan jaringan cloud computing, karena sistem penyimpanan yang ditawarkan besar dan teknologinya canggih. 

Lalu, apa pengertian, cara kerja dan manfaat jaringan cloud computing? Untuk mengetahui penjelasan atau jawabannya, maka bisa simak informasi lebih lengkapnya dibawah ini. 

Pengertian Jaringan Cloud Computing 

Jaringan cloud computing adalah sistem informasi yang memungkinkan kemudahan akses kepada beberapa komponen sumber daya, seperti server, aplikasi dan database. Pada saat menggunakan sistem ini, maka sumber daya akan disimpan dan dikelola oleh pusat data yang sudah terhubung dengan jaringan internet. 

Di dalam skala perusahaan, mereka bisa mengaksesnya dari mana dan kapan saja dengan bentuk website maupun aplikasi. Sobat maxcloud juga tidak perlu mempunyai infrastruktur cloud sendiri. Mereka dapat mengelola dan memantau server yang sudah disediakan oleh pihak penyedia jaringan cloud computing.

Jaringan cloud computing dibagi menjadi dua jenis, yaitu public cloud dan private cloud. Public cloud adalah sistem jaringan yang bisa diakses oleh siapa dan dimana saja dari jaringan internet. 

Sistem satu ini mengandalkan internet sebagai pusat jaringan agar para pengguna dapat mengelola data di dalam cloud storage lebih optimal lagi. Sedangkan, private cloud adalah sistem yang memungkinkan para pengguna di dalam mengoperasikan sendiri atau menggunakan pihak ketiga. 

Hal yang membedakan dari keduanya adalah aksesibilitas jaringan. Sesuai dengan namanya, untuk private cloud hanya bisa diakses oleh sobat maxcloud yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Bahkan, jenis layanan cloud satu ini digunakan oleh perusahaan yang mempunyai kebutuhan keamanan dan privasi tingkat tinggi. 

Macam- Macam Jenis Jaringan Cloud Computing 

Masih ada beberapa jenis jaringan cloud computing lain yang bisa digunakan dan dipilih oleh sobat maxcloud, yaitu: 

1. Platform-as-a-Service (PaaS) 

Di dalam model jaringan cloud computing satu ini menyediakan beberapa komponen sumber daya, seperti server dan database. Selain itu, untuk pengguna model PaaS ini juga bisa mengakses platform tersebut dari jaringan internet dan membagun aplikasi yang sudah langsung terintegrasi dengan sistem. 

Keuntungan di saat menggunakan model jaringan cloud computing adalah fleksibilitas dan efisiensi biaya. Bahkan, sobat maxcloud juga bisa menambahkan atau mengurangi sumber daya komputasi sesuai dengan kebutuhan. 

2. Infrastructure-as-a-Service (IaaS) 

Model jaringan cloud computing berikutnya memungkinkan sobat maxcloud tidak perlu menggunakan hardware komputer. Selama masih paham dengan bagaimana mengelola software komputer dan sistem jaringan database, maka sobat maxcloud bisa menggunakan dengan lancar.

Komponen komputer lain yang bisa sobat maxcloud di dalam model jaringan satu ini adalah RAM, CPU dan penyimpanan data. Sedangkan, untuk keuntungan dari model jaringan cloud computing satu ini adalah di saat mengalami konfigurasi perangkat maka penyedia layanan cloud yang akan langsung menanganinya. Jadi, sobat maxcloud tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk perawatan sistem. 

3. Software-as-a-Service (SaaS) 

Di dalam model jaringan cloud computing Saas, maka penyedia layanan satu ini mempunyai beberapa peran dan salah satunya adalah mengelola hardware. Selain itu, untuk model yang satu ini juga bertanggung jawab di dalam menyediakan pembaruan dan pemeliharaan keamanan pada penggunanya. 

Bagi para pengguna model jaringan cloud computing satu ini tidak perlu mengeluarkan biaya langganan untuk bisa mengakses aplikasi dan layanan. Satu hal menariknya lagi adalah sobat maxcloud bisa memilih untuk menyesuaikan jenis layanan jaringan sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Kerja Jaringan Cloud Computing 

Di dalam proses penggunaanya, untuk jaringan cloud computing mempunyai cara kerja dengan menggunakan teknologi internet. Semua data dan aplikasi yang dibutuhkan oleh sobat maxcloud akan diunggah di dalam server menggunakan jaringan internet. 

Untuk semua server cloud yang ada di dalam pusat data sudah diberikan perlindungan dengan sistem keamanan, seperti enkripsi dan firewalling. Keamanan dari server ini sangat penting di dalam menjaga kerahasian, integritas dan ketersediaan data yang sudah tersimpan pada sebuah jaringan. 

Setelah data diproses dan diunggah di dalam server cloud, maka akan langsung diolah menggunakan sumber daya komputasi yang tersedia di dalam jaringan tersebut. Apabila semua data sudah diolah ini bisa diakses oleh pengguna dari perangkat yang tersambung dengan jaringan internet.

Manfaat Menggunakan Jaringan Cloud Computing 

Dari cara penggunaan jaringan cloud computing yang sudah disebutkan diatas, tentunya ada beberapa manfaat dirasakan oleh para pengguna. Sebagai berikut beberapa manfaat menggunakan jaringan cloud computing : 

1. Hemat Biaya Operasional 

Pada saat menggunakan jaringan cloud computing bisa menghemat biaya operasional menjadi lebih rendah. Dengan begitu, maka perusahaan atau pengguna bisa lebih fokus lagi terhadap keberjalanan sistem tersebut. 

Sobat maxcloud tidak perlu repot lagi di dalam mengelola infrastruktur jaringan cloud computing secara langsung. Sebagai gantinya, maka mereka akan membayar biaya langganan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

2. Proses Pengelolaan Data Lebih Optimal 

Sistem jaringan cloud computing juga memungkinkan para pengguna lebih mudah di dalam menambah atau mengurangi sumber daya agar sesuai kebutuhan. Bahkan, untuk para pengguna juga tidak perlu lagi membeli hardware atau software tambahan. Semua akses pengelolaan dan pemantauan jaringan bisa dilakukan dengan satu sistem terpadu, yaitu cloud computing

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian, jenis, cara kerja dan manfaat menggunakan cloud computing. Semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi sobat maxcloud.