Di halaman resminya, Intel memberikan informasi bahwa sudah merilis kartu grafis yang bersiap dengan NVIDIA dan AMD di pasaran Internasional. Ada beberapa lini dan model yang di produksi dan salah satunya adalah intel arc a380.

Apabila berbicara tentang prosesor, jenis intel arc a380 masih unggul sebagai pemimpin pasar dibandingkan AMD yang sama-sama powerfull. Akan tetapi, kartu grafis merupakan hal yang berbeda karena intel arc a380 mempunyai banyak variabel.

Si biru intel arc a380 ini harus melawan jagoan hijau dari NVIDIA sekaligus AMD. Jika pernah berhasil pun, intel arc a380 mempunyai HD sebagai kartu grafis yang dianggap paling lemah di mata para gamer.

Ada 5 fakta menarik di saat menggunakan intel arc a380. Sedangkan, untuk sobat maxcloud yang penasaran dengan intel arc a380 bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

5 Fakta Kehadiran Kehadiran Kartu Grafis Intel ARC A380

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa intel arc a380 mempunyai beberapa kompetitor. Berikut 5 fakta menarik di saat memilih intel arc a380 :

1. Muncul Pada Saat yang Kurang Tepat

Intel arc a380 digadang-gadang bisa bersaing ketat dengan NVIDIA dan AMD yang sudah dulu menacapkan taringan di dalam dunia gaming. Akan tetapi, ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa rilisnya intel arc a380 ini cenderung berada di waktu kurang tepat.

Hal ini bisa dimaklumi, karena harga kartu grafis NVIDIA dan AMD ini sedang mengalami penurunan karena tren mining yang sempat heboh di beberapa tahun lalu. Intel arc a380 pertama kali dirilis pada 14 Juni 2022 yang lalu.

Meski sudah dirilis sejak Juni, banyak para reviewer atau pengulas gadget yang harus membahas performa dari intel arc a380. Bahkan, ada juga yang baru mengulas intel arc a380 pada awal September 2022 dan hasil akhirnya juga kurang bagus.

2. Fitur Masih Dianggap tanggung Oleh Para Gamer

Apa saja fitur dari Intel ARC paling baru? Untuk kelas menengah, intel arc a380 mempunyai fitur lumayan oke. VRAM 6GB, generasi GDDR66, directx 12 ultimate dan daya irit sampai dengan 75 watt.

Akan tetapi, produk satu ini hanya dibekali dengan memory bus sebesar 96 bit saja. Di mata para gamers, memang ada sesuatu yang tanggung di dalam hal tersebut. Memory bus 96 bit ini masih belum bisa mengangkat kinerja gaming pada performa terbaiknya.

Apabila dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu NVIDIA GTX 1650 super. Dia sudah dibekali dengan VRAM 4GB, generasi GDDR6, DirectX 12 dan daya sebesar 100 watt. Sekilas fitur keduanya sama-sama imbang.

Akan tetapi, menulis memori busnya jelas GTX 1650 super jauh lebih unggul dan berada di angka 128 bit. Tidak hanya perlu GTX 1650 super saja, ketika dibandingkan dengan GTX 1650 versi standar pun intel arc a380 masih berada di belakang 17%.

Bagaimana ketika dibandingkan dengan fitur AMD RX 6400? Sayangnya, intel arc a380 justru semakin tertinggal jauh. Padahal, AMD RX 6400 ini hanya dibekali dengan memory interface sebesar 64 bit saja. Harga sekelas, fitur intel arc a380 ini memang masih dianggap tanggung oleh para gamers di dunia.

3. Harga Bersaing

Untungnya intel arc a380 masih mau toleransi di dalam mematok harga. Seperti yang diketahui, prosesor intel arc a380 terkenal dengan kualitas apik dan harganya sedikit lebih tinggi.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi VGA. Di beberapa toko online, NVIDIA GTX 1650 dijual dengan harga Rp2.600.000,00. Adapun AMD RX 6400 berada di angka yang kurang lebih sama.

Gimana dengan intel arc a380? Di pasaran Amerika Serikat intel arc a380 berada di harga 140 dolar atau sekitar Rp2.000.000,00. Apabila bisa tetap berada dibawah Rp2.500.000,00 ketika dijual di Indonesia, mungkin produk tersebut bisa menjadi persaingan ketat di sektor menengah.

NVIDIA GTX 1650 dan AMD EX 6400 mempunyai performa yang baik. Akan tetapi, intel arc a380 berada di harga lebih murah. Tunggu saja kehadiran VGA dari Intel pada pasaran online Indonesia.

4. Vendor Besar Pada Persaingan Kartu Grafis

Sampai dengan saat ini belum diketahui, apakah beberapa vendor besar ikutan merilis VGA manufaktur intel arc a380. Pasalnya, para gamers memang masih konsisten dengan dua pilihan, yaitu NVIDIA dan AMD.

Akan tetapi, kabarnya saat ini Intel sudah mendapatkan beberapa vendor di China untuk melakukan pemasaran kartu grafis buatan di Asia. Nah, sepertinya, ASrock juga tidak mau kalah dan membuat GPU bermanufaktur Intel.

Berdasarkan salah satu halaman PCMAg, produk intel arc a380 ini sudah bisa didapatkan pada pasar Asia. Tentunya hal tersebut menjadi hal terbaik bagi Intel, mengingat sebelumnya vendor terkenal China ini juga sudah merilis kartu grafis dengan manufaktur Intel ARC.

Sementara itu, sampai sekarang ini sudah banyak laptop yang diproduksi dengan intel arc a380 di dalamnya. Terhitung dari MSI, ASUS, HP, Samsung dan Lenovo yang sekarang membuat laptop basis Intel dengan tandem menggunakan VGA, karena manufaktur sama dengan intel arc a380.

5. Jalannya Masih Panjang

Satu tugas berat intel arc a380 adalah meyakinkan para vendor besar, bahwa produk tersebut dapat bersaing dengan NVIDIA dan AMD. Diketahui, bahwa ASUS, MSI, EVGA, Palit adalah deretan vendor besar yang sudah sukses merilis kartu grafis dengan teknologi NVIDIA dan AMD.

Sampai disini, sobat maxcloud sudah mengerti gambaran tentang persaingan yang akan dihadapi oleh intel arc a380 sebagai pendatang baru. Dengan modal nama besar di pasaran dunia, Intel sepertinya sudah merasa percaya diri dengan produk anyar kartu grafis miliknya. Tunggu saja langkah dari intel arc a380 berikutnya di tengah dunia gaming!

Sekian penjelasan lengkap mengenai intel arc a380. Semoga bisa memberikan informasi kepada sobat maxcloud, khususnya yang suka bermain game.