Kebutuhan data di dalam dunia IT menjadi salah salah satu hak yang vital, khususnya perusahaan besar atau startup bergerak di dalam bidang teknologi informasi. Maka dari itu, perusahaan tersebut harus menerapkan implementasi teknologi computing. 

Cloud computing adalah teknologi baru yang bisa digunakan untuk memproses penyimpanan informasi dengan kapasitas besar. Teknologi satu ini juga sudah memanfaatkan jaringan internet di dalam proses kerjanya. 

Di dalam kesempatan ini akan dibahas lengkap mengenai perihal implementasi teknologi cloud computing. Apabila ingin tahu perihal tersebut, maka bisa simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini. 

Apa Itu Teknologi Cloud Computing? 

Pengertian cloud computing adalah sistem yang berbasis cloud, dimana untuk para penggunanya dapat melakukan tugas pengolahan data melalui internet. Teknologi satu ini juga mempermudah para pengguna, karena tidak perlu di install dalam bentuk aplikasi. Akan tetapi, internet akan mengirimkan perintah komputasi ke pusat server lalu diantarkan lagi dari pusat server kepada pengguna dengan bentuk hasil perintah dan olahan data. 

Di saat ingin menggunakan teknologi cloud sobat maxcloud hanya perlu masuk menggunakan akun di dalam internet untuk mengolah data. Sehingga, para pengguna tidak akan merasa terbebani dengan memori karena semua datanya sudah tersimpan secara virtual di internet. 

Ada beberapa manfaat penting di saat menggunakan implementasi teknologi cloud computing. Para pengguna juga bisa melakukannya kapan dan dimana saja tanpa batasan waktu selama perangkat yang digunakan masih terhubung dengan jaringan internet.

 4 Contoh Implementasi Teknologi Cloud Computing 

Tentunya di era yang serba digital seperti sekarang sudah banyak para pengguna teknologi cloud computing. Tujuannya, yaitu membantu kehidupan para pekerja di suatu perusahaan maupun startup. 4 contoh implementasi teknologi cloud computing adalah : 

1. Bidang Kesehatan 

Di dalam ranah kesehatan saat ini sudah menerapkan sistem cloud computing, terutama di alat-alat kedokterannya. Misalnya telemedicine yang memungkinkan penggunaan alat komunikasi jarak jauh diantara tenaga kesehatan dengan pasien. 

Selain itu, teknologi cloud computing juga bisa menjadi perantara transfer data medis. Alat kedokteran lain yang menggunakan teknologi satu ini adalah analisis teleradiology dan electronic health records. 

2. Bidang Pendidikan 

Implementasi teknologi cloud computing satu ini sudah lama digunakan di dalam dunia pendidikan. Contohnya adalah Google Classroom, Google video for Education, Zoom dan lain-lain. 

Di dalam hal ini Kemendikbud Ristek juga bekerja sama dengan Elitery di dalam memberikan layanan Google Cloud Platform. Kerja sama ini digunakan untuk membantu 16 juta pelajar di Indonesia agar bisa mengakses aplikasi pendidikan. 

3. Bidang Teknologi Finansial 

Adanya teknologi cloud computing, maka bisa mempermudah sobat maxcloud di dalam penggunaanya. Bahkan, ada juga salah satu penyedia teknologi cloud computing yang memberikan beberapa layanan dengan tujuan membuat para pengguna merasa nyaman dan mudah. 

4. Bidang Pemerintah

Untuk implementasi teknologi cloud computing terakhir berada di dalam bidang pemerintah. Sudah banyak Pemerintah daerah yang menggunakan teknologi cloud dan berada di permudah di dalam melakukan mengerjakan pekerjaan. 

Manfaat Implementasi Teknologi Cloud Computing 

Dari definisi dan contoh implementasi teknologi computing yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat dipastikan bahwa ada beberapa manfaat sebagai berikut : 

1. Fleksibel 

Fleksibilitas karena sobat maxcloud tidak membutuhkan banyak perangkat pendukung di saat ingin membangun sistem cloud. Bahkan, untuk ketersediaan data yang dapat dirasakan pada saat pergi kemanapun. 

2. Mudah Diakses 

Cloud computing memungkinkan sobat maxcloud untuk mengakses perangkat lunak, sistem dan folder dimana saja. Artinya tidak harus komputer atau laptop, tapi dengan perangkat meja dan smartphone sudah bisa mengakses teknologi cloud computing. Selain itu, teknologi cloud computing juga memungkinkan sobat maxcloud untuk mengakses data yang disimpan tanpa adanya koneksi internet. 

3. Biaya Lebih Terjangkau 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa cloud computing adalah cara paling hemat di dalam menyimpan berbagai data perusahaan. Manfaat implementasi teknologi cloud computing kali ini lebih terasa, karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk harddisk sebagai pusat penyimpanan data. 

Belum lagi, sumber daya seperti hardware ini mempunyai masa pemakaian sendiri. Maka dari itu, bisa jadi muncul akibat kerusakan sewaktu-waktu. 

4. Efisien 

Apabila dibandingkan dengan harddisk, metode penyimpanan yang satu ini juga dinilai efisien karena bisa diakses dimana dan kapan saja. Harddisk juga mempunyai resiko hilang data, jadi karyawan akan sulit mengakses data yang dibutuhkan apabila risiko tersebut terjadi. 

Belum lagi, ketika orang yang bertanggung jawab memegang harddisk ini tidak berada di kantor. Maka, sobat maxcloud akan merasa kesulitan untuk mendapatkan data tersebut. 

5. Keamanan Data yang Lebih Baik 

Jangan salah, bahwa sistem cloud computing ini juga lebih terjamin. Sehingga data yang tersimpan di dalamnya tidak mudah corrupt atau rusak. Prosedur keamanan data, seperti pemasangan password dan enkripsi ini juga tersedia di dalam sistem penyimpanan tersebut. 

Banyak penyedia layanan cloud computing memberikan penawaran serangkaian kebijakan dan kontrol yang bertujuan memperkuat keamanan secara keseluruhan. Selain itu, di saat implementasi teknologi cloud ini juga bisa melindungi data dan data dari potensi ancaman. 

6. Lebih Handal 

Cloud computing bisa membantu sobat maxcloud di dalam pencadangan data dan pemulihan bencana. Maka dari itu, bisnis lebih mudah dan murah karena bisa dicerminkan dari beberapa situs redundant pada jaringan penyedia teknologi cloud computing. 

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai implementasi teknologi cloud computing. Besar harapan bisa memberikan informasi kepada sobat maxcloud di saat ingin menyimpan data dan website lebih mudah.