Proses membuat website memang membutuhkan banyak biaya dan tidak murah. Apalagi untuk domain dan hosting, keduanya benar-benar tidak dapat dikesampingkan. Untungnya, sobat maxcloud tetap bisa hemat dengan cara dapat domain dan hosting gratis.

Seperti yang sobat maxcloud ketahui, bahwa domain merupakan alamat yang dibutuhkan agar website dapat bisa lagi dikunjungi dari web atau mesin pencarian Google. Harganya juga mahal, karena bergantung dengan ekstensi, popularitas dan registrasinya.

Tapi tidak perlu merasa khawatir. Di dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi kepada sobat maxcloud mengenai cara dapat domain dan hosting gratis. Mau tahu informasi selengkapnya? Langsung saja simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mendapatkan Dapat Domain dan Hosting Gratis

Ada banyak cara dapat domain dan hosting gratis dan sobat maxcloud cukup mengatur tampilan di dalam website saja. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa mendapatkan domain dan hosting gratis untuk website dengan mendaftar di dalam WordPress dan Blogger.

Penggunaan WordPress ini sangat mudah, langkah pertama adalah pembuatan akun terlebih dahulu. Nah, dibawah ini mengenai cara dapat domain dan hosting secara lengkapnya :

1. Mendaftar WordPress

Pastinya sobat maxcloud sudah familiar dengan WordPress, karena sebagai salah satu platform blog online yang populer. Bagi sobat maxcloud yang belum pernah menggunakan WordPress pasti akan merasa bingung cara pendaftarannya. Sebagai berikut langkah-langkah mendaftar di WordPress yang bisa sobat maxcloud lakukan :

●  Mendaftar di WordPress.com

Pilih salah satu nama blog di kolom yang sudah tersedia. Nantinya, nama ini menjadi alamat yang akan digunakan oleh orang lain di saat mengunjungi blog WordPress sobat maxcloud. Apabila sudah, maka bisa dilanjutkan dengan cara klik menu “buat situs web”.

●  Isi Formulir Pendaftaran

Setelah itu, akan muncul formulir pendaftaran yang harus diisi. Isikan kolom tersebut menggunakan informasi yang sudah benar, karena semua informasi seperti email, username dan password ini akan selalu digunakan oleh sobat maxcloud disaat hendak masuk ke dalam panel kontrol blog WordPress.

●  Gunakan Alamat Email yang Aktif

Di dalam kolom alamat surel, pastikan sobat maxcloud sudah menggunakan alamat email yang aktif dan sering diakses. Karena, WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran dari email tersebut. Apabila sobat maxcloud belum mempunyai email, maka bisa membuat terlebih dahulu.

●  Memilih Nama Username yang Mudah Diingat.

Pada kolom username, sobat maxcloud bisa memilih username sesuai yang disukai. Mohon diingat baik-baik dan jangan sampai lupa, karena username ini mempunyai sifat eksklusif dan hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja. Ketika username sobat maxcloud ditolak, maka bisa mencari nama lain sampai dengan diterima atau tersedia.

●  Menentukan Password.

Pada kolom kata sandi atau password, buat kata-kata yang sedikit unik dan mudah diingat. Ingatlah selalu apa yang menjadi password dari akun WordPress milik sobat maxcloud. Ketika lupa dengan password, maka bisa melakukan beberapa langkah pengamanan agar bisa membuka akun WordPress kembali.

●  Mengecek Ketersediaan Nama Blog.

Jika nama blog yang sobat maxcloud masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka di dalam kolom tersebut akan muncul centang berwarna hijau. Akan tetapi di saat nama pilihan sudah digunakan oleh pengguna lain, maka akan muncul centang berwarna merah.

●  Membuat Blog dan Menyesuaikan Tema

Ketika pengisian informasi di dalam kolom diatas sudah selesai dilakukan, maka bisa scroll sampai dengan bawah sampai menemukan tabel. Klik menu “buat blog” untuk membuat blog versi gratisnya.

Setelah itu, WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang barusan saja sobat maxcloud daftarakan. Disini sobat maxcloud juga bisa menggunakan tema dan template sesuai dengan kebutuhan.

2. Mendaftar Blogger

Tidak hanya WordPress, ada juga platform lain bernama blogger yang bisa digunakan untuk mendapatkan domain dan hosting gratis. Apabila sobat maxcloud masih asing dengan blogger, maka perhatikan beberapa langkah pembuatannya yang mudah dan ramah. Sebagai berikut urutan di dalam proses pembuatan blogger :

●  Membuka www.blogger.com

Sobat maxcloud akan menemukan halaman utama dari blogger. Ketika sobat maxcloud sudah mempunyai akun Google, maka bisa langsung saja melakukan login dengan cara memasukkan alamat email dan kata sandi yang sudah tersedia. Apabila belum, maka bisa langsung klik menu “create an account” dahulu.

●  Pengisian Data Pada Formulir

Cara dapat domain dan hosting gratis berikutnya adalah sobat maxcloud diminta  untuk klik menu “next step”. Lakukan konfirmasi sesuai dengan yang diminta. Biasanya, untuk verifikasi sobat maxcloud diminta nomor ponsel dan mengikuti prosedurnya sampai selesai.

●  Login Kembali

Login kembali ke halaman blogger.com dan login menggunakan akun yang barusan saja dibuat oleh sobat maxcloud. Pada saat sudah berhasil masuk di dalam Blogger.com, maka akan ditemukan menu “blog baru” dan klik. Di dalam langkah ini sudah memasuki di dalam tahap pembuatan blog.

●  Membuat Blog

Isi judul dengan apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin sobat maxcloud buat. Setelah itu, masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan dari para pengunjung.

Pilihan nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih juga template yang ada di dalam kolom tersebut dan tutup dengan cara klik “buat blog”. Isikan blog sobat maxcloud dengan artikel yang menarik agar bisa langsung dirilis dan diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Itulah beberapa cara dapat domain hosting gratis untuk blog atau website. Meski ada kekurangan untuk tahap awal, akan tetapi domain dan hosting gratis ini menjadi pilihan yang paling tepat. Semoga dapat membantu!