Permasalahan yang sering terjadi di dalam teknologi informasi, yaitu memori penyimpanan. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka akan semakin banyak juga memakan memori. Hal ini mendukung cloud computing sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Cloud computing merupakan sistem berbasis penyimpanan awan yang penggunaanya akan melakukan pengolahan data komputasi dari internet. Pengguna cloud computing juga tidak perlu install aplikasi, karena internet akan mengirimkan perintah komputasinya ke pusat server.

Setelah itu, internet akan mengantarkan kembali dari pusat server kepada pengguna berbentuk hasil perintah olahan data. Untuk melakukan cloud computing, untuk para pengguna cukup melakukan login menggunakan akun yang sebelumnya sudah dimiliki.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai 6 contoh layanan cloud computing dan beberapa hal penting lainnya. Sedangkan, untuk sobat maxcloud yang ingin tahu bisa langsung simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah sistem informasi yang memungkinkan kemudahan akses pada komponen sumber daya, seperti server, aplikasi dan database dari jaringan internet. Dengan menggunakan sistem ini, maka sumber daya akan disimpan dan dikelola pada pusat yang terhubung dengan internet.

Untuk skala perusahaan, maka mereka bisa mengakses darimana dan kapan saja dengan mudah. Para pengguna juga tidak perlu mempunyai infrastruktur cloud sendiri.

Artinya, para pengguna bisa mengelola dan memantau server yang disediakan oleh pihak penyedia layanan cloud tersebut. Di dalam penggunaanya, sistem cloud computing dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu public cloud dan private cloud.

Public cloud adalah sistem jaringan yang bisa diakses oleh siapa saja dari jaringan internet. Sistem di dalam teknologi ini juga mengandalkan jaringan internet sebagai pusat jaringan agar para pengguna bisa mengelola data di dalam storage lebih optimal lagi.

Sedangkan, untuk private cloud merupakan sebuah sistem yang meungkinkan pengguna di dalam mengoperasikannya sendiri atau menggunakan pihak ketiga. Pembeda dari jenis public adalah aksesibilitas jaringan.

Seperti namanya, jenis privet cloud ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah terkoneksi. Bahkan, untuk jenis cloud satu ini juga biasanya digunakan oleh perusahaan yang mempunyai kebutuhan keamanan dan privasi tinggi.

Jenis Layanan Cloud Computing

Sebelum membahas perihal contoh layanan cloud computing, maka ada beberapa jenis yang harus dipahami terlebih dahulu oleh sobat maxcloud. Sebagai berikut 3 jenis layanan cloud computing yang bisa dipilih :

1. Software as a Service (SaaS)

SaaS adalah layanan yang sudah tersedia platform dan infrastrukturnya. Para pengguna bisa langsung menggunakannya tanpa harus memikirkan lisensi dari layanan tersebut.

Bahkan, untuk pengguna juga bisa menggunakan layanan cloud computing kapan dan dimana saja Untuk contoh layanan cloud computing dengan SaaS adalah Google Mail, Linkedin, Twitter, Facebook dan masih banyak lainnya lagi.

2. Platform as a Service (PaaS)

PaaS juga menjadi layanan yang sudah tersedia platformnya. Para pengguna bisa melakukan kontrol operasional aplikasi dan fokus terhadap pengenmabangan tanpa harus memikrikan sistem operasi, database dan jaringan. Contoh layanan cloud computing dengan PaaS adalah Microsoft Azure Investment, Amazon Web Service dan lain-lain.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Untuk layanan yang paling akhir ini juga sudah tersedia infrastrukturnya, seperti storage dan jaringan. Pengguna mempunyai akses untuk melakukan konfigurasi secara virtual.

Sehingga, untuk pengguna IaaS ini juga mempunyai kontrol penuh terhadap sistem dan aplikasi. Contoh layanan cloud computing dengan IaaS adalah TelkomCloud, Simple Storage Service dan lain-lain.

6 Contoh Layanan Cloud Computing

Tanpa disadari, sobat maxcloud sudah sedikit banyak menggunakan cloud computing di dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai berikut 6 contoh layanan cloud computing :

1. Google Drive

Google Drive merupakan salah satu contoh layanan cloud computing yang sering digunakan. Para penggunanya tidak perlu install aplikasi drive. Hanya dengan mempunyai akun Google Mail, maka penggunanya langsung bisa mengakses Google Drive dan aplikasi lain milik Google.

2. Media Sosial

Media sosial adalah contoh layanan cloud computing kedua. Kemampuannya tidak via aplikasi yang harus di install, akan tetapi juga optimal di dalam versi website. Media sosial yang sering diakses versi web adalah Youtube, Linkedin, Facebook dan masih banyak lainnya lagi.

3. Dropbox

Dropbox menjadi salah satu contoh layanan cloud computing yang sering digunakan, apalagi mahasiswa. Selain itu, Dropbox juga memungkinkan untuk menyimpan dan membagikan file secara lebih mudah.

4. Bidang Kesehatan

Semua alat kedokteran juga sudah menerapkan sistem cloud dan salah satunya adalah telemedicane. Telemedicine merupakan alat komunikasi jarak jauh diantara tenaga kesehatan dan pasien.

Selain itu, alat tersebut juga digunakan untuk perantara transfer data medis dari satu lokasi ke lainnya. Ada beberapa contoh layanan cloud computing di dalam bidang kesehatan, yaitu electronic health record dan analisis teleradiology.

5. Bidang Kesehatan

Cloud computing juga diterapkan di dalam bidang pendidikan, seperti Google Talk, Google Video for Education dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut bisa mempermudah guru dan siswa didalam proses belajar mengajar.

6. Bidang Pemerintah

Bidang pemerintah juga sudah menerapkan teknologi cloud computing. Contoh layanan cloud computing  di dalam bidang pemerintah adalah layanan jasa alih daya pengelolaan TIK oleh Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi.

Tanpa disadari ternyata selama ini sobat maxcloud sudah sedikit banyak menerapkan teknologi cloud computing di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, manfaat yang dirasakan juga sudah banyak meski secara tidak langsung.

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai 6 contoh layanan cloud computing dan hal penting lainnya. Semoga bisa menambah informasi bagi sobat maxcloud yang belum banyak paham mengenai layanan canggih tersebut.