Mungkin sebagian orang tidak paham mengenai pengertian apa itu VPS. Padahal layanan VPS ini sangat bagus untuk hosting, karena kualitas server yang diberikan juga lebih baik.

Hal ini juga menjadi lebih penting di sata sobat maxcloud mempunyai website marketplace dengan jumlah pengunjung besar. Maka dari itu, sewa VPS menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan lagi.

VPS singkatan dari Virtual Private Server yang berfungsi untuk mengonlinekan sebuah website dengan mudah. Menggunakan VPS juga dianggap lebih baik di dalam masalah kualitas server, keamanan data dan kemudahan penggunaanya.

Namun, masih banyak lagi alasan sewa VPS yang harus sobat maxcloud ketahui. Bagi sobat maxcloud yang ingin tahu apa saja alasannya, maka bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

9 Alasan Sewa VPS

Berikut ini adalah 9 alasan sewa VPS untuk website sobat maxcloud :

1. Server yang Lebih Stabil

Alasan sewa VPS pertama adalah servernya lebih stabil daripada shared hosting. Kenapa? Karena penggunaan kapasitas per akun dengan yang lainnya tidak saling memberikan pengaruh sama sekali.

Dengan perihal tersebut yang menjadi salah satu alasan, kenapa server VPS ini bisa lebih stabil. Tanda dari server stabil adalah ketika para pengunjung tiba-tiba membludak dan website masih tetap bisa diakses dengan lancar.

2. Beberapa Akun Hosting Di Dalam 1 VPS

Ketika sobat maxcloud menggunakan layanan shared hosting, maka hanya bisa menambahkan domain di dalam akun saja. Akan tetapi, di saat menggunakan VPS sobat maxcloud diberikan perbedaan.

Artinya, untuk sobat maxcloud bisa melakukan pemasangan panel web hosting manager (WHM) dan membuat banyak akun cPanel di dalam satu VPS. Hal tersebut tentu saja menjadi keuntungan bagi sobat maxcloud.

3. Sistem yang Dijalankan Tidak Hanya Web Hosting

Alasan berikutnya adalah VPS tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan file di dalam website sobat maxcloud saja. Artinya, disaat sobat maxcloud menggunakan VPS bisa lebih banyak menyimpan macam-macam dan menjadikannya sebagai cloud storage.

Di saat ingin melakukan hal tersebut, maka cara yang harus dilakukan oleh sobat maxcloud juga sangat mudah. Langsung saja pasang owncloud di dalam server VPS milik sobat maxcloud dan unggah beberapa file dengan bantuan UI yang menarik.

Namun, ada juga cara lain untuk melakukan perihal tersebut yaitu install aplikasi pihak ketiga atau menggunakan FTP. Cara kali ini tergolong sangat rumit, karena harus menggunakan teks perintah dan harus paham dengan bahasa pemrograman.

4. Mempunyai Akses “Root”.

Ketika sobat maxcloud mempunyai VPS, maka bisa menjawab kebutuhan untuk melakukan komunikasi konfigurasi. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa install beberapa aplikasi tambahan yang sedang dibutuhkan.

Aplikasi satu ini tidak dapat diinstall, ketika menggunakan layanan shared hosting. Sobat maxcloud bisa melakukan akses root yang diberikan, ketika melakukan sewa VPS.

Di saat pengembang situs tersebut menggunakan Laravel, pasti ada sedikit kendala di dalam shared hosting karena membutuhkan akses untuk bisa menuju ke shell. Masalah semacam ini bisa diatasi di saat menggunakan VPS.

5. Melakukan Upgrade Kapasitas Penyimpanan Tanpa Migrasi

Alasan kelima kenapa harus sewa VPS, karena sobat maxcloud harus melakukan upgrade kapasitas tanpa migrasi. Berbeda dengan shared hosting, dimana ketika sobat maxcloud pindah paket harus melakukan migrasi.

Meski begitu ada juga beberapa penyedia layanan hosting yang tidak perlu melakukan migrasi. Akan tetapi, di saat menggunakan VPS ini bisa dipermudah di dalam prosesnya.

Dengan menggunakan VPS, sobat maxcloud bisa langsung saja melakukan pemindahan secara mudah. Sobat maxcloud juga hanya perlu melakukan konfigurasi di dalam panel cloud VPS saja.

6. Bebas Install Uninstall Software

Ketika menggunakan VPS, maka bisa dengan mudah menemukan perangkat lunak mana saja yang ingin digunakan dan dibutuhkan. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa melepas semua perangkat lunak yang tidak berguna. Lebih menariknya lagi adalah sobat maxcloud bisa menambahkan beberapa aplikasi yang dibutuhkan dengan mudah.

7. Dapat Menyesuaikan Panel yang Sedang Dibutuhkan

Mungkin ada beberapa dari kalangan masyarakat yang mengerti, bahwa di dalam VPS hanya tersedia satu panel WHM saja. Akan tetapi, ada banyak sekali pilihan panel yang bisa ditambahkan.

Misalnya, ketika sobat maxcloud ingin menggunakan Webuzo, VestaCP dan lain-lain. Webuzo merupakan salah satu panel yang disediakan oleh beberapa penyedia layanan hosting.

Jadi, sobat maxcloud tidak perlu bingung di dalam proses pemasangannya. Karena, biasanya disaat sobat maxcloud yang membeli panel tersebut sudah langsung sepaket.

8. Melakukan Konfigurasi Keamanan yang Lebih Fleksibel

Alasan sewa VPS berikutnya adalah, bahwa konfigurasi sistem keamanan lebih baik dan fleksibel. Ketika sobat maxcloud melakukan sewa VPS, maka sistem operasi biasanya sudah ditentukan oleh pihak penyedia layanan hosting. Bahkan, masalah pengaturan keamanannya juga sudah diterapkan dengan sederhana.

Maka dari itu, sobat maxcloud hanya perlu melakukan konfigurasi ulang saja. Keuntungan dari melakukan konfigurasi keamanan sendiri adalah sobat maxcloud bisa mendapatkan versi keamanan yang lebih baik. Misalnya, menutup port yang tidak diinginkan dan menangani virus yang tiba-tiba muncul di dalam sistem.

9. Source yang Lebih Besar

Ketika sobat maxcloud membandingkan dengan shared hosting, maka bisa melihat kalau VPS mempunyai banyak source yang lebih besar dengan harga hampir sama. Selain itu, di saat menggunakan VPS sobat maxcloud bisa menambahkan RAM dan CPU.

Apabila sobat maxcloud menggunakan shared hosting, maka tidak dapat melakukan kedua hal tersebut. Sungguh sebuah keuntungan yang bagus di saat sobat maxcloud ingin mengembangkan website.

Sekian penjelasan mengenai 9 alasan sewa VPS yang perlu sobat maxcloud pahami. Besar harapan bisa membantu sobat maxcloud pemula yang ingin membuat website marketplace.