Kurangnya pemahaman mengenai fitur maupun layanan tentu menimbulkan kekeliruan yang harus diluruskan. Salah satunya, adalah perbedaan VPN dan VPS yang sering dianggap dan didengar sama.

Namun, untuk kedua layanan tersebut amat berbeda. Sebagai berikut penjelasan lengkap supaya sobat maxcloud tidak salah di dalam membedakan diantara kedua layanan tersebut.

Perbedaan VPN dan VPS

Apa yang menjadi perbedaan VPN dan VPS? Meski VPN atau VPS ini sama-sama mempunyai nama virtual yang hampir sama, akan tetapi keduanya bisa dibedakan dari kedua sistem operasinya.

VPN mempunyai jaringan internet yang dibuat secara khusus dengan keamanan anonim. Sedangkan, VPS memiliki sistem layanan operasi yang khusus untuk melakukan hosting beberapa data dari website sobat maxcloud.

Untuk kedua layanan ini sama-sama bekerja dengan cara yang serupa. Akan tetapi, tujuan dari kedua layanan tersebut yang menjadi pembeda. Pada umumnya, perbedaan VPN dan VPS ini datang dari protokol tunneling.

Meski memungkinkan untuk menghubungkan VPS dengan menggunakan mesin virtualnya, maka sobat maxcloud bisa melakukan hosting dengan website tertentu. Perbedaan keduanya ini sudah sangat jelas, bahwa keduanya bisa memberikan akses dengan perlindungan memadai.

Namun demikian, kedua layanan ini mempunyai tujuan yang tidak sama atau berbeda-beda. VPS adalah jenis server hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi di dalam membagi server secara fisik.

Maka dari itu, memungkinkan terjadinya beberapa kompartemen virtual berbeda dan mencontoh server yang sudah terdedikasi. Bahkan, untuk teknologi ini menjadikan konfigurasinya bebas dari berbagai batasan server fisik.

Contohnya, kemampuan untuk memperluas server pada saat dibutuhkan. Tidak hanya sampai situ saja, VPS ini juga menggunakan teknologi yang dapat memisahkan masing-masing pengguna.

Sehingga, bisa mendapatkan kecepatan dan personalisasi yang tinggi. Di dalam hosting, VPS juga sering memberikan penggunaanya dengan berbagai manfaat sebagai berikut :

●  Hemat biaya.

●  Mempunyai akses server secara khusus.

●  VPS yang sangat terukur.

●  Bisa disesuaikan dengan jumlah penggunaanya.

●  Para pengguna mempunyai kontrol yang lebih besar.

Kesimpulannya, VPS secara umum dirancang khusus bagi para pengguna yang ingin menggunakan server pribadi. Akan tetapi, untuk kegiatannya sendiri dilakukan sambil berbagi biaya layanan hosting. Hal satu ini sangat cocok untuk sobat maxcloud yang menginginkan kecepatan dan traffic di dalam situs besar.

Sedangkan, hal yang menjadi perbedaan VPN dan VPS berikutnya adalah VPN menggunakan server. Akan tetapi, cara kerjanya berbanding terbalik dengan layanan VPS.

Pasalnya, VPN memberikan jaringan pribadi yang aman untuk para penggunanya. Sehingga, bisa menjadikan identitas anonim di saat online agar lebih aman dan terlindungi.

Hal ini pada akhirnya memungkinkan semua data maupun yang terlewati jaringan akan tetap terjaga. VPN juga membuat tersedianya rute bagi data pengguna dari sebuah jaringan server untuk mencapai tujuan akhirnya.

Praktis bisa menjadikan aktivitas internet ini berasal dari VPN dan mampu melakukan enkripsi permintaan server. Mengingat adanya sebuah privasi dan unsur keamanan daring yang penting, maka kebanyakan pengguna kini sudah beralih menggunakan VPN untuk mendapatkan akses konten tertentu.

VPN dan VPS Bagus Mana?

Apabila ditilik dari perbedaan VPN dan VPS diatas, maka keduanya sama-sama mempunyai cara yang sama. Namun, tetap saja mempunyai perbedaan yang sangat jauh karena tujuan dari keduanya memang bereda.

Dari perbedaan VPN dan VPS, keduanya layanan jelas mempunyai fungsi pemenuhan kebutuhan yang sangat berbeda. Misalnya, menghosting keberagaman situs web dan membantu sobat maxcloud di saat menggunakan internet.

Lantas, mana yang paling bagus untuk digunakan? Berdasarkan informasi yang didapatkan dari beberapa sumber mengatakan, bahwa VPN ini lebih unggul daripada VPS. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena di saat berbicara soal internet tentu saja VPN yang bisa diandalkan ketimbang VPS.

Rekomendasi VPN

Setelah tahu mengenai perbedaan VPN dan VPS dan keunggulannya masing-masing, kini bisa melanjutkan ke pembahasan daftar rekomendasi VPN. Apabila sobat maxcloud ingin menggunakan salah satu VPN yang akan dibawah ini, maka semua aktivitas online bisa berjalan dengan lancar dan aman. Sebagai berikut 15 pilihan VPN yang bisa dipilih :

●      NordVPN.

●      Surf Shark VPN.

●      Turbo VPN.

●      SuperVPN.

●      VPN Master.

●      Turbo VPN Lite.

●      Thunder VPN

●      Tomato VPN.

●      Secure VPN.

●      1.1.1.1: Faster & Safer Internet.

●      VPN Proxy Master.

●      Secure VPN Proxy Master Lite.

●      ExpressVPN.

●      ProtonVPN.

●      VPN Private.

Pilih saja salah satu VPN yang menurut sobat maxcloud bisa memenuhi akan kebutuhan di dalam membuat website. Tidak ada salahnya, untuk sobat maxcloud mencari tahu terlebih dahulu di setiap fitur VPN di atas agar tidak salah memilih.

Dari pembahasan ini, maka diharapkan sobat maxcloud sudah paham perihal perbedaan VPN dan VPS. VPN adalah layanan atau jaringan yang memberikan koneksi aman pada internet publik.

Selain itu, VPN akan menyembunyikan pribadi sobat maxcloud dan traffic internet. Cara kerja dari VPN adalah membuat rute semua permintaan dari perangkat ke server VPN dari tunnel terenkripsi serta mengirimkan ke server yang ditujukan. Apabila prosenaya sudah berhasil, maka hasilnya akan dikirimkan kembali para perangkat menggunakan proses yang sama.

Jadi, dapat disimpulkan, bahwa VPN adalah alat yang sangat penting dan mudah digunakan. Apalagi, untuk sobat maxcloud yang mengutamakan privasi, keamanan, dan kebebasan saat membuka website-website tertentu ini sangat cocok menggunakan layanan VPN.

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perihal perbedaan VPN dan VPS. Besar harapan bisa membantu sobat maxcloud di saat belum paham mengenai kedua layanan tersebut.