Install mikrotik di VPS ini banyak digunakan oleh sobat maxcloud, ketika sedang membuat server VPS, DNS, IP Public dan lain-lain. Bahkan, untuk saat ini juga banyak sekali macam-macam pilihan cloud VPS di Indonesia yang canggih dan bisa digunakan secara bebas oleh kalangan masyarakat.

Di dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara install mikrotik di VPS. Sedangkan, untuk sobat maxcloud yang ingin tahu perihal langkah-langkah apa saja di dalam proses install mikrotik di VPS bisa simak dibawah ini.

Apa Itu Mikrotik?

Sebelum membahas perihal install mikrotik di VPS, maka akan lebih baik dimulai dari segi pengertiannya terlebih dahulu. Mikrotik adalah sistem operasi yang berbasis di dalam perangkat lunak atau software.

Selain itu, untuk sistem operasi mikrotik ini banyak digunakan untuk membuat komputer router menjadi sebuah jaringan. Sedangkan, pengertian mikrotik lainnya adalah sistem operasi yang juga digunakan di dalam basis perangkat linux dan menjadi dasar network router.

Ketika sobat maxcloud sedang membutuhkan sistem operasi untuk membangun administrasi jaringan komputer di dalam skala besar atau kecil, maka membutuhkan yang namanya mikrotik. Mikrotik juga menjadi salah satu jaringan yang sudah familiar di kalangan masyarakat.

Ada banyak sekali macam-macam varian mikrotik yang bisa pilih dipilih oleh sobat maxcloud. Satu hal perlu diingat, pada saat sobat maxcloud melakukan install mikrotik di VPS ini harus menggunakan CHR.

Cara Install Mikrotik di VPS

Setelah paham mengenai pengertian dari VPS, maka dilanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu install mikrotik di VPS. Sebagai berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan di dalam install mikrotik di VPS :

1. Login Menggunakan SSH

Cara install mikrotik di VPS pertama yang harus dilakukan adalah login ke dalam server terlebih dahulu. Pada saat sobat maxcloud sudah sampai di halaman manajemen VPS, maka bisa langsung saja mencari menu “SSH”.

Setelah itu, sobat maxcloud memilih aplikasi terminal yang sudah dimiliki sebelumnya. Misalnya, memilih jagoan hosting yang menggunakan software terminal dari bawaan Windows dan OS.

Berikutnya, sobat maxcloud bisa menuliskan script “ssh-root@-22” di kolom tersebut. Penulisan script sudah dilakukan, maka sobat maxcloud bisa langsung memasukkan password VPS dan mengikuti ke proses berikutnya.

2. Melakukan Update Komponen Server

Install mikrotik di VPS berikutnya, yaitu melakukan update komponen server. Di dalam cara ini harus benar-benar diperhatikan, karena menghindari error di saat menjalankan perintah berikutnya. Sebagai berikut cara yang harus dilakukan oleh sobat maxcloud di saat update komponen server :

●  Menjalankan script berikut : 1 sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade.

●  Setelah itu, sobat maxcloud menunggu beberapa saat terlebih dahulu. Server juga akan melakukan update dan install beberapa komponen yang sebelumnya terpasang.

3. Install Mikrotik CHR ‘

Langkah install mikrotik di VPS selanjutnya, yaitu install mikrotik CHR. Sebagai berikut tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan di dalam install mikrotik CHR :

●      Menjalankan beberapa baris script terlebih dahulu. Pastikan juga tidak ada satu karakter yang terlewat di dalam cara satu ini.

●  Apabila script sudah bisa berjalan, maka untuk proses instalasi mikrotik VPS sudah bisa berlangsung.

4. Restart Server VPS

Untuk cara install mikrotik di VPS berikutnya, yaitu melakukan restart server. Tujuan dari cara ini adalah agar sistem bisa menyimpan perubahan yang sudah dilakukan oleh sobat maxcloud. Sebagai berikut langkah-langkah di dalam restart server :

●      Kembali lagi pada halaman manajemen VPS. Setelah itu, cari saja menu “VPS” dan “reboot”.

●      Terdapat sebuah pop up untuk melakukan konfirmasi dan ikuti ke langkah berikutnya.

●   Sobat maxcloud harus menunggu sampai dengan proses restart sudah selesa. Waktu yang dibutuhkan untuk proses restart kurang lebih 5 menit saja.

●  Cek indikator VPS. Apabila indikator VPS sudah mulai selesai, maka statusnya sudah berubah menjadi running.

5. Install Server Winbox dan Login Mikrotik

Apabila sudah melakukan restart server, maka untuk install mikrotik di VPS selanjutnya adalah login mikrotik OS. Langkah yang harus dilakukan di tahapan kali ini adalah install Winbox di perangkat komputer. Sebagai berikut langkah-langkah yang harus dilakukan oleh sobat maxcloud :

●      Download software Winbox di dalam website resmi Mikrotik dahulu.

●      Selanjutnya, install software tersebut seperti biasanya.

●    Proses install sudah selesai, sobat maxcloud bisa langsung saja membuka aplikasi Winbox.

●  Isikan semua kolom connect dengan IP VPS dan login menggunakan admin.

●      Klik pada kolom “connect”.

●  Selesai.

Kesimpulannya, untuk cara install mikrotik di VPS di atas sangat cocok dipilih oleh para pemula. Ketika masih bingung dengan perihal install mikrotik di VPS, maka sobat maxcloud bisa memilih menggunakan jasa layanan hosting yang sudah tersedia di Indonesia.

Satu hal perlu diingat lagi, bahwa sobat maxcloud juga harus benar-benar teliti di saat memilih jasa layanan hosting. Pastikan jasa layanan hosting yang sudah dipilih bisa membantu sobat maxcloud di dalam mewujudkan keinginan.

Sudah banyak juga dari kalangan masyarakat yang berhasil dengan cara install mikrotik di VPS diatas. Maka dari itu, untuk para pemula sangat disarankan menggunakan cara diatas secara runtut. Tidak ada salahnya disaat bingung sobat maxcloud membuka tutorial berbentuk video di beberapa halaman internet.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai pengertian dan cara install mikrotik di VPS. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu sobat maxcloud yang ingin melakukan install mikrotik di perangkat komputer maupun laptop.