Pada saat memilih processor laptop atau komputer terbaik, kebanyakan orang langsung berpikir diantara Intel maupun Amd. Intel atau Amd adalah salah satu merek yang dianggap paling unggul di dalam masalah processor.

Meski begitu, tentu saja untuk keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berpengaruh terhadap tingkat keawetan. Sehingga, untuk sobat maxcloud bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi lebih awet Intel atau Amd terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan guna mengetahui lebih awet Intel atau Amd. Sedangkan, bagi sobat maxcloud yang ingin tahu perihal tersebut bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Lebih Awet Intel atau Amd

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa untuk masalah lebih awet Intel atau Amd ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk salah satu hal yang mempunyai pengaruh besar adalah kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari Intel atau Amd yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan :

1. Kelebihan Menggunakan AMD

AMD adalah salah satu perusahaan semikonduktor yang berbasis di Amerika Serikat. Selain itu, perusahaan yang satu ini berdiri pada tahun 1969. Ada beberapa kalangan masyarakat yang lebih memilih Amd dibandingkan Intel dengan beberapa kelebihan sebagai berikut :

●      Mempunyai Harga yang Terjangkau

Kelebihan pertama di saat menggunakan Amd dibandingkan Intel adalah mempunyai harga yang lebih murah. Pertarungan antara Amd dan Intel ini memang tidak jauh di masalah harga.

Aspek ini yang sering sekali menjadi salah satu alasan utama bagi orang-orang memilih produk Amd. Maka dari itu, Amd sering sekali dijadikan pilihan para konsumen di dalam memilih processor low budget tapi mempunyai performa tinggi.

●      Kualitas Grafis Lebih Baik

Bagi para gamers dihadapkan dengan pilihan Amd dan Intel. Untuk aspek grafis ini sering sekali dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama.

Dari segi grafis, untuk kualitas dari Amd ini jauh lebih unggul dibandingkan Intel. Untuk processor Amd kelas low end ini sudah mempunyai integrated graphic yang sudah baik. Jadi, bagi para gamer yang ingin mempunyai laptop dengan harga terjangkau dan kualitas grafis baik disarankan memilih Amd dibandingkan Intel.

●      Mempunyai Arsitektur yang Lebih Baik

Sejak muncul seri Zen, maka untuk arsitektur mikro dan kinerja processor Ams ini dianggap sudah memberikan kemajuan sangat signifikan. Meski begitu, sobat maxcloud harus mencatat satu hal bahwa Intel juga melakukan inovasi dengan mengenalkan arsitektur baru.

●      Konsumsi Daya Rendah

Aspek lain yang juga dijadikan sebagai pertimbangan di dalam masalah lebih awet intel atau Amd adalah tingkat konsumsi daya. Menurut satu sumber, Amd dari seri Ryzen 5000 adalah processor yang lebih hemat dan sudah diuji. Lebih lanjut, untuk Ryzen 6 adalah produk dengan tingkat efisiensi terbaik.

2. Kekurangan Menggunakan Amd

Meski sudah mempunyai beberapa kelebihan, namun masih ada juga beberapa kekurangan. Sebagai berikut beberapa kekurangan di saat menggunakan Amd :

●      Cepat Panas

Pada saat menggunakan processor Amd, maka akan membuat perangkat tersebut cepat panas. Apabila dibandingkan dengan Intel ini mempunyai perbedaan yang sangat amat jauh.

Processor yang panas ini bisa meningkatkan suhu laptop, terutama di bagian palm rest dan keyboard. Alhasil, processor yang cepat panas ini juga membuat laptop menjadi cepat rusak.

●      Ada Beberapa Game yang Tidak Kompatibel

Kekurangan lain di Amd yang juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan di dalam hal lebih awet Intel atau Amd adalah tidak kompatibel di beberapa game. Maka dari itu, sebagian para gamer ini rela mengeluarkan banyak uang lagi untuk memilih Intel yang lebih support di beberapa jenis game.

3. Kelebihan Menggunakan Intel

Intel adalah komponen penting yang tidak berbeda jauh dengan Amd. Ada beberapa kelebihan di saat menggunakan Intel, yaitu :

●      Tidak Mudah Panas

Kelebihan pertama di saat menggunakan Intel adalah tidak mudah panas. Bahkan, untuk mengalami overheating ini juga hampir tidak mungkin terjadi.

Di dalam hal ini bisa terjadi, karena Intel sudah dilengkapi dengan beberapa teknologi canggih. Sehingga tidak mudah panas.

Jadi, di saat suhu sudah mulai panas. Maka, processor Intel ini bisa menurunkan kecepatan clock secara otomatis agar tidak terjadi overheating.

●      Mempunyai Performa yang Lebih Baik

Meski Amd lebih unggul dari segi kualitas grafis, akan tetapi Intel mempunyai performa yang lebih baik. Apalagi, di dalam segi multimedia.

Di dalam segi clock speed, untuk Intel ini juga dinilai bisa menghasilkan kecepatan tinggi. Maka dari itu, bisa menghasilkan kinerja lebih baik.

4. Kekurangan Menggunakan Intel

Masih sama seperti Amd, bahwa untuk Intel juga mempunyai beberapa kekurangan sebagai berikut :

●      Grafis Kalah Jauh dengan Amd

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika bingung memilih Amd atau Intel ini banyak orang melakukan pertimbangan dari segi aspek grafis. Ketika, sobat maxcloud cenderung mencari processor dengan grafis yang unggul.

Maka dari itu, Intel bukan menjadi jawaban yang tepat. Sebab, untuk kualitas grafis dari Amd ini jauh lebih bagus dibandingkan Intel.

●      Mempunyai Harga yang Mahal

Aspek lain yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah harganya. Meski tingginya harga Intel setara dengan kualitasnya, akan tetapi banyak orang tidak mau memilih processor satu ini.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perihal lebih awet Intel atau Amd. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu sobat maxcloud di dalam menjawab tingkat keawetan dari dua jenis processor tersebut.

Leave a Reply