Intel adalah salah satu brand processor yang paling terkenal dan laris dipasaran teknologi saat ini. Jenis jenis processor intel ini mempunyai fungsi canggih dan bisa memenuhi semua kebutuhan para pengguna.

Seiring berkembangnya teknologi, maka untuk saat ini banyak sekali jenis jenis processor intel yang bisa digunakan. Sedangkan, bagi sobat maxcloud yang ingin menggunakan processor Intel bisa simak penjelasan dibawah ini.

Jenis-Jenis Processor Intel

Sejak pertama kali mengembangkan processor di tahun 1971, Intel sendiri sudah mengeluarkan beberapa jenis processor di pasaran. Disetiap jenis processor Intel memberikan penawaran berbagai fitur kecanggihan sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Sebagai berikut jenis jenis processor intel :

1. Intel Atom

Untuk jenis jenis processor intel pertama, yaitu Intel Atom. Intel Atom ini dirancang untuk memproses CMOS 45 nm. Selain itu, processor Intel Atom hadir sebagai salah satu processor yang beroperasi di smartphone maupun notebook.

Banyak yang menggunakan processor Intel Atom ini di perangkat lunak berdaya rendah dan portable. Pada jenis processor ini berdaya rendah dan selalu mengutamakan daya tahan baterai. Di dalam operasionalnya, untuk konsumsi daya lebih penting dibandingkan dengan pemrosesannya.

Intel Atom juga mempunyai tingkat kecepatan pemrosesan data sampai 1,6 GHz dengan 437 pin. Dua jenis notasi Intel Atom yang sesuai kebutuhannya adalah notasi N guna netbook dan Z untuk smartphone maupun perangkat internet seluler.

2. Intel Celeron

Intel Celeron kini hadir serta menjadi salah satu jenis jenis processor intel untuk komputer atau laptop. Menggunakan core tunggal jenis yang satu ini biasa digunakan untuk aktivitas web dan komputasi mekanis.

Selain itu, Intel Celeron ini juga banyak dikenal kalangan masyarakat karena memberikan penawaran harga murah dan kinerja lebih tinggi. Seri processor Intel Celeron juga menggunakan konsep flag digital.

Artinya, semakin tinggi angka series maka semakin banyak fitur yang bisa digunakan. Meski menjadi processor yang andal untuk komputer maupun laptop, Intel Celeron tidak cocok dipergunakan bagi sobat maxcloud pemain game berat karena masih menggunakan core tunggal.

3. Intel Pentium

Jenis jenis processor intel pentium ini menjadi generasi pertama yang menggunakan konfigurasi register 32 bit. Pentium sendiri juga mempunyai beberapa versi pengembangan yang memberikan banyak penawaran fitur.

Tahun 1995 hadir pentium Pro yang diperlukan, karena keberadaan super komputer mulai terlihat dan dianggap sangat penting. Pentium Pro ini juga banyak digunakan untuk mengoperasikan software sistem dan workstation.

Tidak lama setelah dirilis Pentium Pro, hadir Pentium II yang bisa memenuhi kebutuhan operasional software pengolah data audio dan software video dan grafik. Setelah itu, Pentium III berfungsi untuk melakukan operasional pencitraan definisi tinggi seperti pengenalan suara.

Muncul pentium IV dan menjadi salah satu versi Intel Pentium yang memberikan penawaran kecepatan pemrosesan data sampai dengan 3,5 GHz. Sedangkan, untuk versi yang paling akhir dari Intel Pentium adalah D dan Extreme.

4. Intel Core i3

Pada tahun 2008, untuk Intel jenis Core i3 ini menjadi salah satu processor entry level. Selain itu, Core i3 tidak banyak memakan daya perangkat. Artinya, bisa bekerja dengan 35 watt saja. Sebagai salah satu processor entry level, Core i3 ini sudah lancar di dalam menjalankan office software dan game ringan.

Jenis Core i3 ini juga sudah hadir di dalam dua arsitektur, yaitu 32 bit dan 64 bit. Bekerja dengan dual core, pasti Core i3 ini menjadi salah satu babak baru di dalam perkembangan teknologi processor yang mutakhir dan sesuai kebutuhan pengguna saat ini.

5. Intel Core i5

Intel Core i5 adalah processor dengan mid-performance. Selain itu, Intel Core i5 ini juga mempunyai kebaruan di dalam menyematkan fungsi northbridge di dalam motherboard. Jenis jenis processor intel kali ini sangat cocok digunakan untuk melakukan aktivitas berbeda-beda secara bersamaan atau multitasking.

Core i5 sendiri juga bisa diandalkan di saat menjalankan berbagai software dan game. Tidak seperti Core i3 yang hanya hadir dengan penggunaan dual core. Pada Core i5 sendiri memberikan penawaran 2 seri, yaitu core tunggal dan dual core. Untuk seri tunggal sendiri mempunyai rentang clock rendah sampai dengan tinggi. Sedangkan, dual core sudah menggunakan teknologi hyper threading.

6. Intel Core i7

Intel Core i7 hadir dengan arsitektur baru dan menggunakan teknologi lebih maju dari jenis sebelumnya. Selain itu, processor Intel Core i7 ini bisa membagi 4 processor menjadi 8 bagian. Maka dari itu, membuat beban kerja bisa lebih dioptimalkan.

Core i7 ini bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan secara multitasking, seperti editing dan rendering. Masih termasuk di dalam deretan generasi prosesor terbaru milik Intel, laptop dengan processor Core i7 ini biasanya mempunyai harga jual mahal. Akan tetapi, harga mahal ini sepadan dengan fitur canggih yang telah ditawarkan.

7. Intel Core i9

Intel Core i9 pertama kali dirilis pada tahun 2018. Selain itu, Core i9 ini juga sudah menggunakan teknologi baru yaitu turbo charging di setiap chipnya. Teknologi ini memberikan kemungkinan kinerja processor terus meningkat bersamaan dengan frekuensi core yang bisa dikontrol secara otomatis.

Dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh Intel Core i9 ini, maka penggunaan baterai bisa lebih optimal. Bagi para pemain game berat ini sangat cocok sekali menggunakan jenis processor Intel Core i9.

Nah, itulah dia informasi lengkap mengenai jenis jenis processor intel. Semoga bisa memberikan informasi kepada sobat maxcloud yang belum sama sekali mengenali perihal macam-macam jenis processor Intel.

Leave a Reply