Bagi sobat maxcloud yang sudah terjun langsung di dalam dunia web, shared hosting merupakan salah satu istilah di dalam dunia website yang harus dipahami. Seperti yang diketahui, bahwa ada berbagai macam jenis hosting yang bisa dipilih untuk membuat bisnis online.

Akan tetapi, banyaknya jenis layanan hosting ini bisa membuat sobat maxcloud bingung memilih mana yang tepat dan sesuai spesifikasi ditawarkan. sobat maxcloud juga akan dihadapkan di beberapa pilihan jenis hosting murah atau VPS.

Di saat sobat maxcloud ingin membuat website atau situs masih kecil, maka shared hosting merupakan pilihan yang paling tepat karena murah. Jadi apa itu shared hosting? Apa kelebihannya? Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Shared Hosting?

Apa itu shared hosting? Shared hosting merupakan suatu layanan populer yang benar-benar digunakan pada saat membangun situs web pertama dengan penyimpanan terbatas. Akan tetapi, sobat maxcloud harus bertanya mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Jadi, shared hosting adalah layanan hosting dimana satu akun ditempatkan di server yang sama dan menggunakan layanan tersebut secara bersamaan. Selain itu, shared hosting ini menjadi situs web pribadi atau bisnis di server yang mencakup hosting dari website lainnya.

Masing-masing dari mereka adalah independen individual dibawah kendali webmaster masing-masing. Dua fakta unik mengenai shared hosting, yaitu para pengguna tidak perlu lagi menangani berbagai tugas pemeliharaan server atau aktivitas pemantauan lainnya. 

Tentu saja, untuk hal tersebut sangat amat menguntungkan. Ada beberapa orang yang berpikir mengenai apa itu shared hosting, terutama berasal dari kata “shared”.

Orang lain juga mungkin berpikir, bahwa dengan berbagai kapasitas dengan pengguna lain di server yang sama ini bisa langsung fokus pada biaya. Ketika orang lain menggunakan lebih banyak daya, apakah akan dikenakan biaya yang sama?

sobat maxcloud harus mengubah pola pikiran tersebut dan fokus pada pemikiran, bahwa kebutuhan bisa terpenuhi. Bahkan, sobat maxcloud juga harus memastikan bahwa sudah melakukan pembayaran untuk menggunakan dedicated server.

Ketika sudah fokus mengenai kedua hal tersebut, maka sobat maxcloud tidak perlu merasa khawatir mengenai beberapa hal lain di dalam server. Pada umumnya, di setiap penyedia hosting memberikan penawaran paket.

Seperti namanya, ribuan website di dalamnya akan di host pada satu server dan dikelola oleh layanan hosting. Bagi setiap pengguna juga akan menerima bagian dari total kapasitas server, bandwidth dan memori yang sudah tersedia di dalamnya.

Untuk setiap pengguna juga mempunyai kemampuan untuk mengelola beberapa situs web di bawah satu akun pengguna Tentu saja, masalah penawaran ini berbeda dengan layanan VPS.

Cara Kerja Pada Shared Hosting

Setelah mendapatkan jawaban dari apa itu shared hosting, maka hal lain yang harus dipahami adalah cara kerjanya. Pada saat menggunakan shared hosting, maka sama saja sobat maxcloud sedang menyewa apartemen.

Apartemen merupakan server yang digunakan untuk menyimpan data website. Di dalam apartemen, untuk setiap penghuni bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.

Mulai dari, lift, tangga, tempat parkir, kolam renang sampai dengan tempat sampah umum. Akan tetapi, untuk esensinya adalah untuk berbagi dengan pengguna yang lainnya.

Ketika salah satu penghuni apartemen menggunakan fasilitas secara berlebihan, maka hal itu bisa mengganggu penghuni lainnya. Sehingga, untuk menghindari hal tersebut pihak manajer apartemen membuat aturan.

Di dalam shared hosting sendiri mempunyai basis ruang disk, bandwidth dan masih banyak lainnya. Ketika satu pengguna menggunakan terlalu banyak sumber daya, maka beberapa pengguna lain akan terpengaruh.

Cara kerja dari shared hosting dengan berbagai resource ini yang membuat harganya menjadi lebih hemat. Jadi, sudah tentu layanan hosting tersebut cocok digunakan oleh para pemula.

Kelebihan Menggunakan Shared Hosting

Tidak hanya sekedar paham dengan apa itu shared hosting dan cara kerjanya saja. Masih ada hal lain yang juga harus diketahui sebelum menggunakan shared hosting, yaitu kelebihan. Sebagai berikut beberapa kelebihan di saat menggunakan shared hosting :

1. Harga Terjangkau

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa shares hosting ini lebih unggul di masalah harga. Hal ini bisa terjadi, karena modelnya bisa digunakan secara bersama-sama.

Tidak heran lagi, ketika shared hosting menjadi salah satu rekomendasi paling atas bagi para pengembang web pemula. Dengan hal tersebut, maka bisa meminimalkan resiko terjadinya kerugian.

2. Mudah Digunakan

Selain harga yang terjangkau, untuk pengembang web pemula juga diberikan fasilitas oleh pihak manajemen server yang sepenuhnya diambil alih oleh penyedia layanan. Para pengguna tidak perlu lagi memikirkan masalah server yang mempunyai kesan rumit dan boros tenaga.

Supaya pengguna bisa dengan aman dan mudah di dalam mengelola kualitas situs web, maka langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas (upgrade) hosting. Apabila jumlah pengunjung di dalam situs web terus meningkat secara signifikan, maka semuanya sudah menjadi memungkinkan. 

Pada umumnya, untuk para pengguna juga akan beralih dari shared hosting ke dedicated hosting. Untuk salah satu alasannya, karena server tersebut akan digunakan oleh satu orang saja.

3. Sangat Cocok Bagi Pemula

Shared hosting ini sangat cocok digunakan untuk blog dan situs web sederhana. Selain itu, shared hosting ini sering digunakan oleh orang-orang yang barusan saja belajar menggunakan website bagi pemilik UKM baru memulai menjadi website andalan brand communication.

Karena digunakan secara umum, maka untuk biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih hemat dan efektif. Apabila dibandingkan dengan menggunakan jenis hosting lainnya, tentunya sangat berbeda jauh. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap apa itu shared hosting dan beberapa hal penting lainnya. Semoga bisa menjadi tambahan informasi, ketika ingin membuat website atau aplikasi.

Leave a Reply