Pastinya ada sebagian dari sobat maxcloud yang sudah mengetahui, bahwa perangkat komputer maupun laptop ini mempunyai otak dibalik berjalannya semua proses atau sering disebut processor. Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop adalah urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi.

Sebab, untuk processor AMD sendiri sudah banyak mengalami pembaharuan dari banyak segi. Jadi, di pastikan sobat maxcloud tidak ketinggalan soal berbagai informasi tersebut sebelum memutuskan untuk membeli laptop.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi. Sedangkan, bagi sobat maxcloud yang ingin membeli laptop AMD bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Processor AMD ?

Mungkin pertanyaan pertama yang sering muncul adalah apa itu processor AMD? Pengertian dari processor sendiri adalah otak dari semua proses yang ada di dalam perangkat komputer maupun laptop.

Sehingga, semakin tinggi nilai kecepatan processor yang dimiliki. Maka dari itu, tinggi juga kinerja komputer atau laptop tersebut. Pengertian dari AMD adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang pembuatan processor sirkuit terpadu atau IC.

Kelebihan Menggunakan Processor AMD

Processor AMD ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuat para pengguna lebih nyaman. Sebagai berikut penjelasan mengenai beberapa kelebihan di saat sobat maxcloud menggunakan processor AMD :

1. Mempunyai Harga yang Lebih Terjangkau

Kelebihan pertama di saat menggunakan AMD adalah mempunyai harga lebih terjangkau daripada Intel. Nah, dengan alasan tersebut yang menjadi latar belakang para pengguna khususnya dari golongan menengah bawah memutuskan menggunakan processor jenis AMD.

2. Lebih Unggul Pada Segi Grafis

Bagi sobat maxcloud yang suka bermain game, maka untuk processor AMD ini sangat cocok sekali digunakan. Sebab, di dalam processor AMD mempunyai tingkat kekuatan lebih baik dari lag. Sebenarnya, processor Intel juga bisa saja menandingi hal tersebut .

Akan tetapi, untuk biaya yang dikeluarkan di saat sobat maxcloud akan menggunakan processor Intel ini lebih banyak. Jadi, kesimpulannya AMD dengan harga murah ini bisa memberikan sajian grafis yang sudah unggul.

3. Bisa Mendeteksi Malware

Kelebihan menggunakan AMD yang paling akhir adalah bisa mendeteksi virus sebelum mengganggu perangkat komputer atau laptop. Processor AMD ini menyediakan fitur tersebut dengan sebutan Enhanced Virus Protection.

Tentunya, fitur ini bukan lagi tanpa alasan dimasukan di dalam processor jenis satu ini. Salah satu tujuannya, yaitu untuk membantu bagi para pengguna komputer agar terhindar dari pencurian atau kehilangan data yang disebabkan oleh malware.

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Processor AMD ini selalu mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu dan tentunya diikuti dengan berbagai peningkatan performa yang mendukung. Sebagai berikut urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi :

1. AMD K5

Untuk urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi pertama, yaitu AMD K5. AMD K5 adalah seri processor generasi pertama buatan AMD. Sebenarnya, untuk pembuatan processor yang satu ini awalnya dijadikan sebagai pilihan alternatif dari processor Intel.

Namun, meski demikian untuk AMD K5 ini menjadi salah satu processor pertama di dunia yang berhasil dilakukan sinkronisasi dengan arsitektur X86. Sayangnya, karena produk Intel masih terkenal di waktu tersebut. Maka dari itu, AMD K5 ini terpaksa mengalami kekalahan persaingan.

2. AMD K6

AMD kembali mengeluarkan K6 sebagai penerus dari generasi yang sebelumnya. Pada urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi ini mendapatkan dukungan dari semua jenis motherboard.

Mengingat, bahwa AMD pada awalnya hanya bisa digunakan di dalam processor Intel saja. Akan tetapi, berawal dari sini dan akhirnya terjadi persaingan diantara kedua brand tersebut di dalam bidang teknologi.

3. AMD Duron

Pada tahun 2000-an, untuk perusahaan AMD ini kembali lagi mengeluarkan processor terbaru dengan nama Duron. Rilisnya processor yang satu ini juga menjadi salah satu kelas paling atas yang dibuat  dari AMD.

4. AMD Athlon

Urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi berikutnya, yaitu AMD Athlon. Selain itu, untuk AMD Athlon ini dijadikan sebagai bentuk processor dengan perangkat lebih canggih dan unggul daripada generasi sebelumnya.

Selain itu, processor yang satu ini bersifat mikro dengan kualitas cukup tinggi. Maka dari itu, menjadi salah satu produk unggulan dari AMD disaat itu. Bahkan, AMD Athlon ini bisa bersaing sengit dengan Intel Pentium II.

5. AMD Sempron

Processor yang satu ini berhasil menjadi saingan Intel di dalam seri Intel Celeron. Satu hal yang membuat AMD Sempron ini unik, yaitu melihat adanya dua socket dapat digunakan yaitu AMD Sempron Soket A dan Sempron Soket 754. Sayangnya, processor yang satu ini mempunyai keterbatasan karena hanya dapat digunakan di dalam OS 32 bit saja.

6. AMD Opteron

Selanjutnya, yaitu processor AMD Opteron ini menduduki di urutan ke 6. Bahkan, untuk urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi ini mempunyai dua cache yang berbeda-beda. Maka dari itu, bisa membuat kinerja menjadi jauh lebih maksimal lagi.

7. AMD Ryzen

Pada urutan AMD paling tinggi adalah Ryzen yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Sejak pertama kali processor generasi yang satu ini dirilis, maka AMD Ryzen ini bisa bersaing sengit dengan Intel. Meski kenyataanya processor AMD Ryzen mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi, sobat maxcloud tidak perlu merasa khawatir karena kenaikan harga ini dibarengi dengan peningkatan performa yang signifikan.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi. Semoga bisa memberikan informasi kepada sobat maxcloud yang ingin membeli laptop dengan processor AMD.

Leave a Reply