Kelebihan dan kekurangan cloud computing, lebih dulu dipahami mengenai cloud computing atau komputasi awan. Cloud computing atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan komputer atau komputasi di dalam satu jaringan dengan pengembangan berbasis internet.

Secara sederhana, cloud computing adalah perangkat komputer yang bekerja sama dengan layanan internet guna melakukan aktivitas berhubungan dengan data. Nantinya, data dari komputer ini akan disimpan di dalam internet.

Sama halnya dengan awan di gambar tersebut, bahwa di dalam jaringan tersebut berada satu abstraksi atau disembunyikan. Maka dari itu, yang dimaksud kali ini adalah orang lain bisa mengakses menggunakan jaringan internet dan sistem informasinya layaknya seperti user namun tidak bisa melihat secara detail bagaimana prosesnya.

Pada setiap komputer yang menggunakan komputasi awan, artinya menjadikan internet sebagai pusat server guna menyimpan data dan mengelola aplikasi para pengguna. Bagi para pengguna yang menggunakan teknologi cloud computing di dalam menjalankan program, maka tidak perlu baginya proses instalasi dan pengguna bebas mengakses data pribadi menggunakan komputer dengan syarat terhubung jaringan internet.

Di dalam cara penggunaan, maka untuk suatu hal pasti tidak terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan menggunakan cloud computing. Cloud computing ini mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan. Sebagai berikut kelebihan dan kekurangan cloud computing.

Kelebihan Cloud Computing

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa untuk masalah kelebihan dan kekurangan cloud computing ini harus dipahami terlebih dahulu. Untuk kelebihan di saat menggunakan cloud computing adalah :

1. Mudah Diakses Dimana Saja

Karena menggunakan cloud computing data tersimpan di dalam server internet. Maka dari itu, Sobat maxcloud dipermudah di dalam mengakses data dimana dan kapan saja asal terhubung dengan jaringan internet.

2. Murah

Menggunakan cloud computing ini bisa lebih hemat biaya di dalam alokasi perangkat keras. Selain itu, cloud computing ini juga membutuhkan maintenance dan mengurangi di dalam penggunaan listrik.

3. Hemat

Kelebihan cloud computing, dengan adanya sistem komputasi awan ini memungkinkan perusahaan maupun instansi di dalam mengurangi infrastruktur komputer. Sehingga, untuk biaya pengadaan dan perawatan yang dibutuhkan sangat besar.

4. Fleksibel

Ketika data yang dimiliki terlalu besar, maka secara otomatis menambah kapasita hanya di dalam hitungan menit saja. Selain itu, untuk cara tersebut sering disebut dengan self provisioning. Maka dari itu, tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer.

5. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan di dalam cloud computing ini mempunyai desain secara availability. Bahkan, untuk sistem ini sudah berada di dalam data center yang menjamin di dalam ketersediaan listrik dan lainnya. Sehingga, bisa disebut sebagai fasilitas pendukung selama 24 jam non stop.

6. Skalabilitas

Menggunakan layanan cloud computing yang menyediakan dan memberikan penawaran penyimpanan sesuai dengan permintaan para pengguna, maka bisa dengan mudah melakukan manajemen data dengan baik. Selain itu, cloud computing ini juga bisa digunakan untuk mengurangi maupun memproduksi data yang akan disimpan di dalam server cloud.

7. Aman

Pada saat menggunakan cloud computing, maka tidak perlu merasa ragu. Salah satu alasannya, karena sudah pasti aman dan terjamin asalkan mencari partner yang memang sudah mempunyai sertifikat atau akreditasi ISO untuk memberikan jaminan keamanan.

Kekurangan Menggunakan Cloud Computing

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa kelebihan dan kekurangan cloud computing ini menjadi satu informasi harus dipahami. Sebagai berikut kekurangan di saat menggunakan cloud computing :

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Internet adalah salah satu jalan untuk menuju ke cloud computing. Ketika tidak ada koneksi jaringan internet di tempat Sobat maxcloud, maka untuk bisa menuju ke cloud provider ini mengalami masalah.

bahkan, secara otomatis akses menuju ke cloud computing ini akan terputus. Nah, dari sinilah hambatan terbesar yang sedang terjadi di Indonesia. Seperti yang diketahui, bahwa semua wilayah di Indonesia belum terjangkau oleh akses internet.

2. Harus Mencari Vendor yang Sudah Standarisasi Guna Menjamin Keamanan

Dengan menggunakan sistem komputasi awan, artinya Sobat maxcloud mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasian data kepada cloud provider. Maka dari itu, Sobat maxcloud harus mencari partner cloud computing yang sudah bersertifikat atau akreditasi guna menjamin keamanannya.

Penerapan Cloud Computing

Cloud Computing yang saat ini mulai merambah di berbagai aspek, salah satunya diimplementasikan di dalam dunia pendidikan. Cloud Computing ini juga memberikan kemungkinan perguruan tinggi memotong biaya di dalam pembelian hardware san software.

Tentu saja dengan hal tersebut bisa menghemat biaya pengeluaran guna merekrut tenaga IT. Pihak kampus atau universitas perlu membayar per bulan sesuai penggunaan dan mendapatkan layanan backup data dan update software secara otomatis tanpa biaya tambahan sama sekali.

Salah satu sistem akademik yang sudah menerapkan cloud computing, yaitu SIAKAD Cloud. SIAKAD Cloud memberikan jaminan keamanan dan tingkat kerahasian data yang disimpan di dalam server dan menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang memberikan jaminan keamanan data di saat kejadian tidak diinginkan terjadi di kampus.

Masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan cloud computing yang tidak bisa disebutkan satu-persatu di dalam pembahasan kali ini. Akan tetapi, untuk penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan cloud computing di atas harus benar-benar dipahami agar tidak merasa bimbang.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan cloud computing. Semoga bisa membantu Sobat maxcloud yang ingin membuat aplikasi dengan sistem cara penggunaan mudah.

Leave a Reply