Dari sekian banyak jenis layanan hosting, ada satu yang sering digunakan oleh para pebisnis yaitu hosting dan VPS. Tentu saja keduanya mempunyai perbedaan, baik dari sisi sumber daya sampai dengan biaya.

Biasanya, hosting uni akan digunakan untuk bisnis kecil atau website dengan trafik rendah. Sedangkan, VPS lebih cocok untuk bisnis menengah ke atas dengan jumlah traffic besar.

Apabila masih bingung, maka tidak perlu merasa khawatir karena di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan hosting dan VPS. Sedangkan, bagi Sobat maxcloud yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai informasi tersebut bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah salah satu layanan yang populer bagi para pengguna yang sedang membangun website pertama kali. Selain itu, hosting dipergunakan khusus bagi website yang masih mempunyai jumlah pengunjung sedikit.

Ketika diibaratkan, menggunakan layanan hosting ini seperti menyewa sebuah apartemen. Semua penghuni di berbagai bangunan yang sama, elevator, tangga dan parkir mobil menggunakan hosting yang sama. Jadi, ketika salah penghuni apartemen menggunakan fasilitas yang berlebihan bisa mengganggu penghuni lainnya. 

Dengan kata lain, untuk kelebihan hosting ini terletak pada harga paling murah dan ekonomis. Akan tetapi, banyak batasan yang harus Sobat maxcloud terima di saat menggunakan hosting.

Apa Itu VPS?

VPS adalah layanan web hosting yang sumber dayanya berasal dari satu server fisik. Setelah itu, server VPS ini dibagi lagi supaya lebih kecil lagi.

Lalu, apa perbedaan hosting dan VPS? Di dalam segi jenis layanan terletak di dalam pembagian sumber daya yang telah tersedia.

Ketika Sobat maxcloud menggunakan hosting, maka sumber daya VPS yang tersedia secara khususnya untuk Sobat maxcloud tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya. Jadi, Sobat maxcloud bisa menyesuaikan konfigurasi persis sesuai dengan apa yang diinginkan.

Dianalogikan, menggunakan server VPS ini sama seperti Sobat maxcloud menyewa rumah di perumahan. Sobat maxcloud bertanggung jawab di dalam mengelola isinya. Namun, Sobat maxcloud masih tinggal bersama dengan penghuni rumah lain di salam satu perumahan saja.

Perbedaan Hosting dan VPS

Guna mempermudah Sobat maxcloud di dalam memiliki hosting atau VPS, mari bisa simak penjelasan mengenai perbedaan sebagai berikut :

1. Kontrol

Pada hosting, untuk pengaturan server sudah diatur oleh penyedia layanan hosting. Memang, hal yang satu ini bisa mempermudah Sobat maxcloud yang tidak ingin terlibat dengan konfigurasi teknis.

Akan tetapi, hal tersebut mungkin menjadi hambatan ketika Sobat maxcloud mengharapkan kontrol yang lebih. Di dalam VPS, ada full root access dan fasilitas yang digunakan untuk mengembangkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan.

Layanan VPS ini sangat cocok digunakan oleh Sobat maxcloud yang ingin sumber daya dedicated dan besar dengan kustomisasi secara fleksibel. Namun, Sobat maxcloud juga harus paham mengenai cara konfigurasi server web hosting secara manual di saat menggunakan layanan unmanaged.

2. Alokasi Sumber Daya

Di dalam hosting, untuk sumber daya layanan dibagi dengan banyak pengguna. Akibatnya, bisa hadi performa website Sobat maxcloud menjadi lambat atau mempunyai potensi terkena gangguan dari website lain yang berada di dalam server sama.

Berbeda dengan VPS yang sumber dayanya didedikasikan untuk masing-masing para pengguna. Tidak heran lagi, ketika performa website dengan jenis hosting VPS ini biasanya lebih lancar dan cepat.

3. Kinerja

Berhubungan dengan perbedaan hosting dan VPS di dalam poin sebelumnya, performa kedua jenis hosting ini berbeda sebagai akibat dari penggunaan servernya. Sedangkan, untuk VPS ini memberikan kemungkinan lebih cepat karena sumber dayanya sangat eksklusif.

4. Skalabilitas

Disaat kebutuhan website terus meningkat, maka Sobat maxcloud memang bisa melakukan upgrade layanan baik hosting maupun VPS. Hanya saja, hosting mempunyai batasan apabila dibandingkan dengan VPS.

Secara umum, sumber daya hosting sangat terbatas. Jadi, ketika Sobat maxcloud melakukan upgrade sumber daya yang dimiliki tidak lebih banyak dari VPS. Di dalam hal skalabilitas, untuk VPS lebih unggul karena bisa meningkatkan sumber daya server dengan lebih mudah dan yang didapatkan sangat besar.

5. Keamanan

Perbedaan hosting dan VPS berikutnya adalah menyediakan lingkungan yang lebih terisolasi daripada hosting. Hal ini kemungkinan keamanan VPS lebih terjamin, karena tidak terlihat atau terdampak gangguan yang dialami website para tetangga.

Selain itu, untuk akses root di dalam VPS juga memberikan Sobat maxcloud akses kepada server. Maka dari itu, Sobat maxcloud bisa mengatur konfigurasi keamanan secara mandiri untuk website. Dengan kata lain, Sobat maxcloud harus mempunyai kontrol lebih penuh di dalam server virtual website.

6. Biaya

Untuk perbedaan hosting dan VPS di dalam segi biaya ini sangat amat jauh. Hosting sendiri mempunyai harga yang sangat terjangkau dibandingkan VPS. Alasannya, Sobat maxcloud berbagi server dengan pengguna lain dan fitur yang ditawarkan juga terbatas.

Berbanding terbalik dengan VPS, dimana Sobat maxcloud bisa mendapatkan sumber daya dan akses lebih eksklusif. Maka dari itu, harganya bisa lebih mahal.

Sebagai gambaran, di salah satu penyedia layanan Sobat maxcloud bisa mendapatkan hosting mulai dari Rp9.900,00 – Rp49.900,00. Sedangkan, bagi Sobat maxcloud yang menggunakan VPS hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp104.000,00 – Rp1.350.000,00.

Apabila masih ragu di dalam perbedaan hosting dan VPS, tidak ada salahnya untuk mencari informasi lebih banyak lagi di beberapa halaman internet. Jangan sampai salah memilih, ketika ingin menggunakan kedua server layanan tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perbedaan hosting dan VPS. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas mengenai perbedaan hosting dan VPS tidak menjadi ragu di saat akan menggunakan kedua layanan tersebut.

Leave a Reply