Ketika membuat website atau aplikasi, tentu saja Sobat maxcloud sering bertanya dimana sebaiknya website atau aplikasi dapat berjalan. Selain itu, dengan banyaknya pilihan provider seperti shared hosting dan virtual private server.

Tentu saja, Sobat maxcloud minimal masing-masing tahu mengenai perbedaannya. Untuk perbedaan di antara shared hosting dan  dedicated hosting ini bisa melihat di beberapa halaman internet sebelumnya.

Bagi Sobat maxcloud yang menjadi pendatang baru di dalam dunia cloud hosting, tentu saja masih asing dengan istilah apa itu VPS hosting. Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu VPS hosting dan simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu VPS?

Apa itu VPS hosting? VPS merupakan salah satu layanan server virtual yang mempunyai sumber daya terdedikasi khusus bagi satu pengguna. Berbeda dengan shared hosting, dimana sumber daya komputasi yang sama digunakan oleh beberapa pengguna.

Di dalam perihal apa itu vps hosting ini menyebabkan website yang berjalan diatas shared hosting bisa mengalami gangguan, ketika pengguna di dalam satu sumber daya menggunakan secara besar. Akan tetapi, shared hosting ini cocok digunakan di saat Sobat maxcloud mulai go-digital di dalam proses pembuatan website.

Ketika sesobat maxcloudinya, Sobat maxcloud sudah mulai merasakan bahwa sumber daya di dalam shared hosting tidak lagi cukup melakukan akomodasi traffic website atau aplikasi yang dimiliki. Maka dari itu, Sobat maxcloud bisa beralih menggunakan layanan dengan sumber daya dedicated yang terpisah dari pengguna lain seperti VPS.

Dengan menggunakan VPS, sumber daya di server virtual ini tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya. Sehingga, bisa menyebabkan website maupun aplikasi akan minim sekali terjadi gangguan.

Sesuai dengan penjelasan mengenai apa itu VPS hosting, untuk layanan yang satu ini akan bertindak di dalam lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi di dalam server. Private berarti, bahwa server yang sudah diisolasikan sumber daya milik pribadi.

Terakhir server adalah komputer tempat dimana data hosting tersebut sudah tersimpan. Sehingga, bisa menyebabkan VPS hanya bisa digunakan oleh satu pengguna dengan teknologi yang sering disebut dengan virtualisasi.

Fungsi VPS

Setelah paham mengenai apa itu VPS hosting, maka Sobat maxcloud juga harus paham dengan macam-macam fungsinya. Sebagai berikut fungsi menggunakan VPS hosting :

1. Web Hosting

Salah satu fungsi dari VPS adalah website hosting. Nah, hosting merupakan dimana tempat menyimpan data dan file di dalam website. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebab, untuk VPS ini sudah menyediakan sumber daya yang cocok bagi situs website dengan traffic tinggi. Sumber daya yang dimaksud ini bisa dibilang sudah pas.

Tidak terlalu besar sampai harus menggunakan alat dedicated hosting. Akan tetapi, juga tidak terlalu kecil seperti halnya dengan shared hosting.

Selain dari sumber dayanya, untuk VPS hosting ini juga memberikan penawaran berbagai macam tools dan framework tambahan yang dapat di install. Misalnya, Ruby in Rails, Flask dan masih banyak lainnya lagi.

Beberapa tools tersebut bisa digunakan di saat akan menambahkan fitur dan memaksimalkan website yang sobat maxcloud buat. Semua kelebihan dari VPS ini juga bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah. Apalagi, ketika dibandingkan dengan layanan hosting lain seperti cloud hosting atau dedicated hosting.

2. Game Server

VPS Hosting ini juga berfungsi sebagai game server. Selain itu, dengan server pribadi uni Sobat maxcloud bisa lebih bebas di dalam melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online. Contohnya adalah :

●      Install game dan mengadakan sesi bermain game online dengan aturan milik sendiri.

●      Membuat koneksi secara khusus, ketika ingin bermain game agar tidak terjadi lag.

●   Menghindari campur tangan dengan pihak ketiga supaya privasi bisa lebih terjamin.

●   Mendapatkan akses root yang berfungsi untuk mengelola game server sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, untuk Sobat maxcloud yang menggunakan VPS hosting sebagai game server ini juga harus memperhatikan beberapa aspek teknis. Misalnya, layanan VPS yang cepat, penyimpanan cukup dan resource besar.  Salah satu game server yang bisa dibangun dengan dukungan VPS hosting adalah Minecraft.

3. VPS Sebagai Layanan VPN

VPN merupakan salah satu jaringan pribadi yang terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, dengan jaringan satu ini Sobat maxcloud bisa menyembunyikan identitas di saat mengakses internet.

Dengan perihal yang satu ini menjadi alasan, kenapa VPN banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi. Tujuannya, supaya proses menyimpan dan bertukar data menjadi lebih aman.

Bagi perusahaan yang mempunyai data sensitif, maka tidak bisa digunakan oleh pengguna lain ketika tidak mempunyai akses VPN. Meski banyak layanan VPN gratis atau berbayar, maka membuat VPN di dalam server VPS hosting ini bisa menjadi pilihan yang paling aman.

Sebab, Sobat maxcloud juga bisa mengelola dan menyimpan semua data. Tidak seperti VPN pihak ketiga yang meski aman ini masih ada kemungkinan besar data bocor kepada pihak lainnya.

4. Sebagai Alat Backup Data

Fungsi VPS hosting yang paling akhir, yaitu sebagai alat backup data. Mungkin, Sobat maxcloud sudah tahu bahwa cara backup ini menjadi salah satu informasi penting karena semua server sangat rentan mengalami kehilangan data.

Entah karena file yang rusak, terhapus maupun di bobol oleh orang tidak bertanggung jawab. Dengan mempunyai VPS hosting untuk backup server, Sobat maxcloud dapat menyimpan data terakhir server secara up to date.

Apalagi, ketika ada banyak data yang harus di backup. Jadi di saat ada masalah yang tidak diinginkan di dalam server utama, maka akan ada backup server bisa di restore sewaktu-waktu.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian apa itu VPS hosting dan fungsinya. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan informasi tambahan, ketika ingin terjun di dalam dunia hosting dan website.

Leave a Reply