Untuk mengelola website atau aplikasi, di dalam menggunakan VPS diketahui jauh lebih maksimal. Hal ini dikarenakan, resource-nya lebih besar dibandingkan dengan shared hosting yang dapat digunakan oleh banyak orang.

Dengan menggunakan VPS, Sobat maxcloud bisa merasakan kebebasan di dalam mengelola server karena tidak dibagi dengan para pengguna lainnya. Ketika Sobat maxcloud ingin mencobanya, maka bisa menggunakan VPS gratis untuk belajar di beberapa halaman internet.

Penggunaan VPS ini berbeda dengan shared hosting, karena Sobat maxcloud harus melakukan pengaturan atau setting dari awal. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan VPS gratis untuk belajar. Artinya, Sobat maxcloud tidak perlu membayar biaya langganan perbulan nantinya.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai VPS gratis untuk belajar. Bagi Sobat maxcloud yang ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai layanan VPS, maka bisa simak dibawah ini.

Apa Itu VPS?

VPS merupakan salah satu server virtual yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data dan file di dalam website. Biasanya, VPS digunakan di dalam website yang membutuhkan sumber daya besar.

Pada saat menggunakan VPS ini tidak perlu berbagi sumber daya dengan website lain, seperti halnya di dalam shared hosting. Di dalam hal ini, karena cara kerja VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda.

Adanya sumber daya pribadi, maka performa website dari pengguna server ini tidak akan berpengaruh oleh pengguna lainnya. Ketika diibaratkan, untuk server VPS sebagai gedung apartemen.

Di dalam satu gedung, ada beberapa unit apartemen dengan fasilitas sendiri-sendiri. Mulai dari ruangan, perabot sampai dengan alat elektronik di setiap unitnya ini. Artinya di satu unit dengan lainnya tidak saling mengganggu, apalagi sampai berebut dengan fasilitas.

8 Situs Penyedia VPS Gratis untuk Belajar

Pada kesempatan kali ini, akan diberikan beberapa informasi mengenai situs VPS gratis untuk belajar. Sebagai berikut daftarnya :

1. IBM Cloud

Ketika Sobat maxcloud ingin mencoba VPS gratis untuk belajar, maka bisa mendaftar di IBM Cloud. Nantinya, Sobat maxcloud juga akan mendapatkan kredit sebanyak USD 200 yang dapat digunakan untuk belanja di berbagai produk yang tersedia pada situs tersebut.

Sayangnya, Sobat maxcloud hanya dapat menggunakan kredit tersebut selama 1 bulan penuh. Jadi, produk yang satu ini hanya cocok digunakan untuk bahan percobaan saja tidak di dalam jangka waktu panjang.

2. Oracle Cloud

Penyedia VPS gratis untuk belajar selanjutnya, yaitu Oracle Cloud. Pada situs penyedia server yang satu ini juga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Dengan bantuan cloud VPS, Sobat maxcloud bisa mencoba untuk membangun aplikasi dan penerapan secara gratis. Layanan gratis ini hanya dapat dinikmati selama 30 hari saja.

Satu hal menariknya lagi adalah para pengguna bisa mendapatkan nominal kredit yang cukup besar, yaitu USD 300. Nantinya, Sobat maxcloud bisa mendapatkan akses ke berbagai produk dan penyimpanan sampai dengan 5 TB.

3. Bitnami Cloud

Sebelum menggunakan layanan yang satu ini, sebaiknya Sobat maxcloud harus mengerti apa itu VPS. Bahkan, Sobat maxcloud juga bisa mencoba belajar secara gratis menggunakan bantuan dari Bitnami Cloud yang menyediakan VPS secara gratis.

Dengan bantuan layanan yang satu ini, Sobat maxcloud bisa melakukan install beberapa software. Misalnya, WordPress, Drupal, Redmine, Moodle dan masih banyak lainnya lagi.

4. Cloudsigma

Mungkin beberapa kalangan masyarakat masih asing dengan provider satu ini. Cloudsigma ini juga menyediakan VPS gratis untuk belajar dan tidak membutuhkan kartu kredit sama sekali.

Pada saat menggunakan layanan satu ini bisa mendapatkan akses penuh selama 7 hari. Durasinya memang tidak terlalu lama, akan tetapi sudah cukup untuk keperluan belajar.

5. Alibaba Cloud

Untuk masalah kualitas, Alibaba Cloud ini tidak perlu diragukan lagi. Sobat maxcloud bisa mencoba VPS gratis untuk belajar  ini dengan memanfaatkan penawaran kredit yang sudah diberikan.

Ada lebih dari 50 penawaran senilai sampai dengan ribuan USD yang bisa dinikmati termasuk VPS. Selain itu, banyak juga pilihan produk lain yang tersedia dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.  

6. Google Cloud

Bagi Sobat maxcloud yang ingin mendapatkan VPS gratis untuk belajar dari Google Cloud, maka membutuhkan kartu kredit untuk melakukan pendaftaran trial. Apabila sudah melakukan pendaftaran, maka secara otomatis akan mendapatkan kredit senilai 300 USD yang dapat digunakan untuk belanja. Selain itu, Sobat maxcloud juga bisa menggunakan layanan cloud computing apapun selama kredit masih tersedia.

7. Microsoft Azure

Sobat maxcloud juga bisa memanfaatkan penawaran dari Microsoft Azure dengan nilai kredit senilai 200 USD. Untuk kredit trial ini bisa digunakan untuk membeli layanan VPS atau lainnya.

Bahkan, untuk Sobat maxcloud juga bisa menggunakan kredit tersebut selama 1 bukan saja. Pastikan tidak melanggar aturan agar akun tidak hangus begitu saja. Bagi Sobat maxcloud yang masih belajar, maka bisa memanfaatkan layanan satu ini.

8. AWS Amazon

Daftar VPS gratis untuk belajar terakhir adalah AWA Amazon. Semua pengguna bisa menikmati penawaran gratis dan menggunakan selama 12 bulan penuh.

Kualitas VPS yang tersedia juga tidak kalah bagus dengan lainnya. Sobat maxcloud juga bisa menggunakannya untuk membangun website atau aplikasi lainnya. Ketika Sobat maxcloud tidak merasa puas dengan layanan gratisnya, maka bisa mencobanya.

Pilih salah satu daftar VPS gratis untuk belajar yang menurut Sobat maxcloud paling mudah dilakukan. Tidak ada salahnya, Sobat maxcloud memilih salah satu layanan VPS yang memberikan nilai kredit tinggi.

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai VPS gratis untuk belajar. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Sobat maxcloud yang ingin membuat website.

Leave a Reply