Proses upgrade dari shared hosting ke virtual private server (VPS) tidak sesulit apa yang dibayangkan. Hanya saja, untuk cara menggunakan VPS mungkin bagi sebagian besar orang terasa rumit dan terlebih lagi ketika Sobat maxcloud belum familiar dengan command line.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara menggunakan VPS untuk website. Sedangkan, bagi Sobat maxcloud yang ingin tahu lebih banyak mengenai cara menggunakan VPS untuk website bisa simak dibawah ini.

Apa Itu VPS?

Sebelum membahas cara menggunakan VPS untuk website, akan lebih baik dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Virtual Private Server adalah salah satu layanan server virtual yang mempunyai sumber daya terdedikasi khusus bagi satu pengguna.

Berbeda dengan shared hosting, dimana sumber daya komputasi yang sama dan bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Di dalam hal ini menyebabkan website yang berjalan di atas shared hosting bisa terganggu, ketika seandainya pengguna berada di dalam sumber daya sama.

Akan tetapi, shared hosting ini sangat cocok digunakan di saat Sobat maxcloud mulai go-digital dan membuat website. Seandainya, Sobat maxcloud sudah mulai merasakan bahwa sumber daya di dalam shared hosting tidak cukup lagi untuk akomodasi traffic website atau aplikasi yang dimiliki bisa beralih menggunakan layanan dengan sumber daya dedicated terpisah dari pengguna lainnya yaitu VPS.

Dengan menggunakan VPS, maka sumber daya di sebuah server virtual ini tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya. Maka dari itu, bisa menyebabkan website atau aplikasi akan minim dari gangguan.

Sesuai dengan namanya, untuk VPS ini berasal dari kata Virtual Private Server. Artinya, VPS ini bertindak di dalam lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi di dalam server.

Private adalah server yang sudah diisolasikan sumber dayanya adalah milik pribadi. Terakhir server, yaitu komputer tempat dimana data hosting sudah tersimpan.

Sehingga, bisa menyebabkan VPS adalah sebuah entitas server yang sudah terisolasi sumber dayanya dari server fisik dan menyebabkan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Teknologi ini banyak disebut dengan virtualisasi.

Cara Kerja Menggunakan VPS

VPS ini mempunyai cara kerja melakukan virtualisasi di dalam sebuah server fisik. Dimana, untuk virtualisasi fisik ini akan melakukan isolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual.

Contohnya, sebuah server fisik dengan sumber daya 8 core CPU dan 8 GB RAM akan dilakukan virtualisasi menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 core CPU dan 1GB RAM. Pada intinya, Sobat maxcloud akan berbagi satu server yang sama namun dengan sumber daya yang terisolasi dan hanya bisa digunakan sendiri.

Kelebihan Menggunakan VPS

VPS mempunyai sumber daya dedicated yang menyebabkan proses komputasi bisa berjalan lebih optimal. Ketika dibandingkan dengan shared hosting, tentu saja mempunyai perbedaan yang sangat amat jauh. Sebagai berikut beberapa kelebihan di saat menggunakan VPS :

●   Lebih Aman dan Handal

Dikarenakan terisolasi secara sumber daya dari pengguna lain, maka menyebabkan website atau aplikasi yang berjalan di dalam VPS bisa berjalan lebih aman. Apalagi, dengan fitur yang lebih banyak dan kemampuan di dalam mengelola server sampai root ini bisa menyebabkan VPS menjadi lebih fleksibel lagi.

●       Lebih Siap Menampung Lonjakan Traffic

Dengan sumber daya dedicated juga menyebabkan website lebih aman, ketika menerima lonjakan traffic di dalam website atau aplikasi. Tentu saja hal ini juga bukan salah satu faktor dan ada lainnya, misalnya kapasitas bandwidth yang diberikan.

Cara Menggunakan VPS untuk Website

Sebagai berikut beberapa langkah atau cara menggunakan VPS untuk website :

●   Login Ke VPS Via Secure Shell (SSH) Access

Selain browser, ada juga beberapa alternatif yang dapat digunakan agar bisa terhubung ke dalam website. Contohnya, dengan file transfer protocol bisa upload, download dan edit file di dalam server.

●   Update Server

Setelah berhasil melakukan login ke VPS, maka akan muncul satu pesan konfirmasi bahwa ada package atau security yang harus di update.

●   Membuat User Baru dan Ubah Hak Aksesnya

User root merupakan akun yang digunakan dari awal melakukan setup VPS sampai dengan tahap ini. Disarankan, untuk Sobat maxcloud tidak selalu mengandalkan satu akun user saham Artinya, Sobat maxcloud bisa membuat akun user lainnya dengan gak keistimewaan superuser privilege.

●   Mengaktifkan Public Key Authentication

Public key authentication merupakan salah satu metode maupun teknik yang dianggap lebih aman daripada menggunakan password biasa. Di dalam cara menggunakan VPS untuk website kali ini, Sobat maxcloud bisa membuat dua key yaitu public dan private.

●   Install Firewall di VPS

Cara menggunakan VPS untuk website terakhir adalah install firewall. Akan tetapi, masih ada satu langkah yang harus dilakukan supaya server tetap aman terkendali.

Mempelajari cara menggunakan VPS untuk website setelah berhasil upgrade hosting dari shared hosting ke VPS ini seolah-olah berhenti berenang di kolam renang dan berpindah dari kolam renang besar seukuran olympic. Artinya, Sobat maxcloud juga mempunyai banyak ruang dan fitur yang dapat digunakan.

Akan tetapi, Sobat maxcloud harus mencari dan menemukan dasarnya terlebih dahulu sebelum menggunakan VPS di dalam website yang dimiliki. Dengan mengikuti cara menggunakan VPS untuk website dari awal sampai dengan akhir ini akan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan VPS untuk website. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas tidak ada lagi yang merasa ragu atau bimbang di saat akan menggunakan VPS untuk website.

Leave a Reply