Terkadang Sobat maxcloud membutuhkan cara restart VPS windows di dalam di dalam hosting. Biasanya, hal tersebut Sobat maxcloud lakukan di saat ada perubahan konfigurasi besar atau instal di dalam web.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara restart VPS windows. Sedangkan, bagi Sobat maxcloud yang ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai cara tersebut bisa simak dibawah ini.

Apa Itu VPS?

Sebelum membahas cara restart VPS windows, untuk hal pertama yang harus dipahami adalah pengertian dari server tersebut. VPS adalah salah satu jenis web hosting yang dapat digunakan untuk membuat website.

Selain itu, VPS ini juga bisa diakses oleh banyak orang. Namun berbeda dengan sharing hosting, VPS merupakan server pribadi yang hanya dipergunakan oleh satu pengguna atau user saja.

Tidak hanya lebih leluasa saja, untuk web hosting ini juga sangat aman digunakan karena semua resource hanya akan digunakan oleh website. Lebih menariknya lagi tidak perlu berbagi dengan orang lain.

Meski begitu, VPS ini sebenarnya tidak benar-benar pribadi. Hal ini dikarenakan mempunyai resource pribadi, namun server fisik yang digunakan tetap berbagi dengan orang lain.

Pembagian ini dilakukan oleh pihak penyedia VPS dengan menggunakan software. Apabila diibaratkan, untuk server fisik ini merupakan rumah.

Sedangkan, VPS merupakan kamar-kamar di rumah tersebut. Ketika Sobat maxcloud menggunakan VPS, artinya Sobat maxcloud sedang menyewa kamar tersebut guna kepentingan sendiri.

Perlu diingat lagi, bahwa hal tersebut adalah kamar pribadi. Sehingga, Sobat maxcloud mempunyai privasi dan bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, untuk orang yang pertama kali melakukan hosting di sebuah website ini akan lebih memilih menggunakan shared hosting. Salah satu alasannya, karena shared hosting ini mempunyai harga yang jauh lebih murah.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu untuk traffic sebuah website ini bisa menjadi lebih banyak. Sehingga, shared hosting sudah tidak dapat menampungnya lagi.

Di dalam posisi kali ini Sobat maxcloud membutuhkan VPS. Perlu diingat lagi, karena VPS ini memang lebih banyak digunakan oleh website yang mempunyai banyak pengunjung.

Cara Restart VPS Windows Menggunakan Virtualisasi KVM

Ada dua model virtualisasi yang bisa dipilih oleh Sobat maxcloud, ketika akan menjadikan VPS sebagai salah satu model hosting. Untuk beberapa pilihannya adalah Legacy VPS (Openvz) dan KVM VPS. VZ (Virtuozzo) berbasis platform Linux,m Sedangkan, KVM VPS juga menyediakan beberapa pilihan platform Windows.

Ada salah satu layanan yang menggunakan teknologi virtualisasi VPS berdasarkan KVM karena menyediakan virtualisasi full hardware dan tidak mengganggu lainnya. Dengan teknologi KVM ada 3 cara restart di dalam platform Windows yang bisa lakukan. Sebagai berikut 3 cara restart VPS windows :

1. Cara Restart VPS Windows Menggunakan WHM

WHM adalah salah satu metode paling umum yang bisa digunakan dengan mudah untuk mengakses dan reporting server. WHM sendiri juga berfungsi sebagai control dashboard agar user mudah untuk mengelola situsnya yang berbasis cPanel. Untuk melakukan restart server VPS windows, maka bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

●      Pertama, Sobat maxcloud bisa melakukan login terlebih dahulu ke WHM menggunakan akses root.

●      Setelah itu, di bagian sidebar sebelah kiri bisa mencari menu “sistem root”.

●      Klik menu “graceful server reboot”.

●      Kemudian akan muncul peringatan “windows : this will reboot your system!” dan bisa langsung klik “proceed”.

●      Langsung saja Sobat maxcloud eksekusi, maka servernya akan restart dan harus login ulang guna dapat mengakses WHM.

2. Cara Restart VPS Windows Menggunakan Command Line (SSH)

SSH atau secure shell adalah protokol administrasi remote terenkripsi yang memungkinkan penggunaannya guna mengontrol serta modifikasi server secara remote menggunakan jaringan internet lebih aman. Sebagai berikut cara restart VPS windows menggunakan command line (SSH) :

●      Login ke akun SSH dengan akses root.

●      Setelah itu, muncul tampilan command line dan memasukkan perintah reboot.

●      Perintah tersebut akan menghasilkan sistem dan melakukan restart.

●      Ketika sistem sudah melakukan restart server, Sobat maxcloud juga akan terputus dari server. Ketika Sobat maxcloud ingin melakukan tindakan tambahan seperti konfigurasi atau instalasi, maka Sobat maxcloud harus login ulang setelah proses reboot sudah selesai dilakukan.

3. Cara Restart VPS Windows Menggunakan Customer Portal

Cara restart VPS windows ini paling mudah sekali dilakukan. Selain itu, di dalam cara yang satu hanya perlu meminta server untuk di restart oleh penyedia hosting tempat untuk berlangganan. Sebagai berikut cara yang harus Sobat maxcloud lakukan :

●      Login ke dalam menu customer portal terlebih dahulu.

●      Klik menu hosting yang berada di dalam menu sidebar sebelah kiri.

●      Pilih menu manage di dalam paket VPS yang ingin dilakukan restart.

●      Kemudian, Sobat maxcloud bisa memilih menu request server reboot.

●      Setelah klik pada tombolnya, maka akan mendapatkan konfirmasi bahwa server tersebut akan melakukan reboot dan terdapat pesan dari pihak penyedia hosting guna menunggu beberapa saat, ketika proses reboot sedang berlangsung.

Semua cara restart VPS windows yang sudah disebutkan diatas ini ini sedikit berbeda dengan lainnya. Bahkan, untuk tampilan yang diberikan di dalam control panel hosting juga lebih menarik.

Pilih saja salah satu cara restart VPS windows yang menurut Sobat maxcloud paling mudah dilakukan. Apabila masih bingung, maka tidak ada salahnya untuk Sobat maxcloud mencari tahu di beberapa video pada halaman internet.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara restart VPS windows. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Sobat maxcloud yang ingin membuat situs web atau aplikasi dengan tampilan menarik.

Leave a Reply